--> Skip to main content

10 Tips Terbaru 2019 Agar Cepat Mendapat Panggilan Kerja




Zaman sekarang persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat, banyak sekali pencari kerja yang banting tulang kesana kemari mengeluarkan tenaga dan materi, bahkan ada pula yang merantau jauh dari tempat tinggal demi mengadu nasib berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Karena dengan berbagai pengorbanan itulah kita seharusnya bisa memaksimalkan kesempatan yang ada dan mematangkan kualitas dirikita agar bisa mendapatkan pekerjaan.
Dalam mendapatkan pekerjaan tidak hanya skill saja yang diutamakan, akan tetapi atittud dan softkill juga berperan sangat penting untuk menjadi penilaian. Selain itu, semua berkas yang terlampir dalam lamaran serta hasil tes interview akan menjadi bahan pertimbangan dan menjadi tolak ukur apakah layak untuk dijadikan karyawan untuk bergabung di suatu perusahaan.
Agar mudah mendapat panggilan kerja serta mudah diterima kerja maka lakukanlah hal-hal berikut ini :


1.     Jangan Gugup Saat proses interview

Semua gerak tubuh, jawaban pertanyaan, raut wajah dan Bahasa yang diucapkan adalah hal yang diperhatikan dan menjadi bahan penilaian, jadi dalam proses ini usahakan harus tenang dan jangan grogi atau gugup.

2.     Jangan bergantung pada apa yang tertulis pada resume

kamu harus punya kemampuan lain agar menjadi nilai tambah sehingga kamu dianggap bisa menguasai segala bidang, jangan hanya terpaku pada satu kemampuan saja tapi mulailah dari sekarang kamu pelajari sesuatu yang akan berguna di masa depan.

3.     Carilah pekerjaan yang cocok

Pekerjaan yang nyaman tidak hanya didapat dari gaji yang besar saja tapi pekerjaan itu harus cocok sesuai dengan keinginanmu. Terkadang kita mendapatkan pekerjaan yang berbanding terbalik dengan bidang atau jurusan yang ditempuh disekolah, atau kita mendapat pekerjaan karena hobi. Jika itu membuatmu cocok maka lanjutkanlah dan untuk urusan gaji dengan sendirinya akan mengikuti kerja kerasmu.

4.       Berikanlah alasan yang masuk akal jika kamu pernah keluar dari pekerjaa sebelumnya

Jika kamu ditanya kenapa kamu keluar dari pekerjaan seblumnya berikanlah alasan yang baik. Jangan menjelekkan pekerjaan yang lama berilah alasan yang dapat diterima akal. Carilah Bahasa yang baik dan sopan akan tetapi jangan sampai berbohong, kejujuran harus diutamakan.

5.       Sebelum melamar cari tahu dulu perusahaan yang hendak kamu lamar

Ini yang jarang orang lakukan, sebelum melamar alangkah baiknya kamu mencari tahu serta memahami terlebih dahulu tentang sebuah perusahaan. jika kamu ditanya tentang perusahaan itu dan kamu bisa menjawab berarti kamu di nilai benar-benar punya persiapan dan serius ingin bergabung dengan perusahaan tersebut.

6.     Jangan memilih-milih pekerjaan

Kamu harus pahami ini, Jika kamu punya kemampuan hardskill dan softkill diatas rata-rata serta mempunyai koneksi banyak maka kamu boleh memilih pekerjaan yang kemampuanmu itu memang harus terpakai dan tidak sia-sia. Akan tetapi jika kamu tidak demikian maka janganlah memilih milih pekerjaan, kamu seharusnya berfikir bahwa mencari pekerjaan itu susah dan mungkin saja diluar sana banyak yang tidak seberuntung kita.

7.     Jangan terlalu banyak bicara

Saat proses interview jangan terlalu banyak bicara tetaplah rendah hati. Kamu boleh mempromosikan diri akan tetapi jika berlebihan maka kamu akan dicap sebagai orang sombong otomatis kamu akan menghabiskan waktu banyak saat interview dan bisa saja mereka tidak akan menerimamu.

8.     Perbanyak koneksi

Maksudnya adalah kita harus banyak bergaul dengan orang yang sudah bekerja disuatu perusaahan agar pada saat perusahaan tersebut membuka lowongan kamu punya kesempatan diberi kesempatan untuk bergabung.
Bagi yang masih dalam masa Pendidikan usahakan tetap jaga komunikasi dengan teman maupun alumni yang sudah bekerja.

9.     Perhatikan berkas lamaranmu

Dalam mengirimkan lamaran kamu harus membuatnya serapih mungkin, mulai dari tulisan kebersihan serta hal lain yang membuat lamaranmu terlihat professional. Hal itu akan menjadi salah satu penilaian mereka, karena mereka memeriksa lamaran tidak hanya satu melainkan puluhan bahkan ratusan sehingga mereka melihat secara sepintas mulai dari tampilan tulisan kerapihan dari lamaranmu.

10.Berdo’a

Setelah usaha diatas kamu lakukan selanjutnya adalah terus berdo’a semoga Tuhan memberikan jalan rezeki yang mudah dan baik untuk kita

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar