--> Skip to main content

Perbedaan Antara Teknik Sipil dan Arsitektur



Pernahkah terlintas dalam benak kita saat melihat sebuah konstruksi bangunan gedung maupun konstruksi bangunan lain yang berada disekitar kita dibangun dan di rancang? Bagi orang yang masih awam terlintas dalam fikirannya pasti mengira yang membangun bangunan tersebut adalah seorang arsitek. Memang benar dalam pembuatan sebuah bangunan seorang arsitek terlibat didalamnya. Akan tetapi ada satu lagi bidang yang sangat berperan penting dalam pembuatan sebuah kosntruksi yaitu Teknik sipil. Banyak orang yang mungkin belum tahu dan mengira Teknik sipil dan arsitek itu sama saja, padahal keduanya berbeda dan memiliki fungsi serta peran yang berbeda pula dalam membangun sebuah bangunan. Lalu apa perbedaannya?


ARSITEK

      1.       Proses Pekuliahan

Pada tahap ini ilmu pengetahuan dikombinasikan. Jika kita suka berimajinasi dan memiliki skil seni yang kuat kita dapat menuangkannya berupa konsep sebuah model bangunan yang akan kita bangun sehingga rancangan terlihat enak, indah dan nyaman dipandang tanpa melupakan fungsi dari bangunan itu sendiri
                Setelah membuat sebuah konsep model sebuah bangunan biasanya akan dibuatkan dalam bentuk maket atau miniatur dari bangunan yang akan dibuat untuk dipresentasikan, dalam tahap ini kita akan diajarkan dan dididik untuk mahir dalam membuat rancangan yang menarik. Untuk penggunaan Software permodelan biasanya digunakan Sketchup, 3D Max dan masih banyak lagi software yang digunakan untuk perancangan model.

      2.       Detail Pekerjaan

Pada tahap ini arsitek biasa dikatakan sebagai perancang skema atau model bangunan. Arsitek di tuntut untuk memikirkan bagaimana bentuk serta model bangunan, oleh karena itu setiap ide yang didapat maka dituangkan kedalam kertas sebagi gambaran tanpa melupakan faktor penting seperti fungsi dan tata letak (Layout). Selain itu permodelan juga dilakukan untuk konsep interior bangunan. Intinya arsitek berperan dalam hal keindahan, tata letak, sehingga bangunan enak dipandang, atau dalam skala besar arsitek juga membuat perencananaan tataletak alun-alun kota.

      3.        Jenjang karier

Dalam pembuatan sebuah bangunan tentu saja dibutuhkan permodelan atau rancangan. Arsitek bisa bekerja diperusahaan yang berfokus pada bidang interior maupun eksterior bangunan, perumahan dan tata letak kota. Tidak hanya itu kesempatan lainnya adalah menjadi doesn hingga PNS. Pekerjaan inipun cukup fleksibel. Arsitek bisa bekerja diperusahaan, pemerintah atau ikut borongan atau kontraktor.


TEKNIK SIPIL

      1.      Proses Perkuliahan

Saat kita memilih jurusan Teknik sipil, kita akan belajar berbagai ilmu pengetahuan sekaligus seperti fisika, kimia, geometri, kalkulus dan terutama matematika, bahkan dosen saya mengatakan bahwa Teknik sipil karakternya matematika banget, karena dalam setiap perencanaan perancangan sebuah konstruksi pasti dan tidak bisa dijauhkan dari proses perhitungan, mulai dari perhitungan sederhana sampai yang rumit. Tidak berfokus pada hitungan saja, Teknik sipil juga mempelajari kimia untuk mengenali dan memahami karakteristik suatu material yang di jadikan bahan pembuatan sebuah kosntruksi.
                Berdasarkan yang saya alami beberapa ilmu ini akan dipelajari selama beberapa semester pada awal perkuliahan baru kemudian pada semester atas akan dipelajari hal-hal teknis yang lebih detail lagi. Dalam mempelajari semua ilmu keteknik sipilan kita diharuskan memiliki logika yang kuat karena dalam perhitungan konstruksi haruslah ditangani dengan teliti demi menghasilkan konstruksi yang kuat serta ekonomis.

      2.      Detail Pekerjaan

Insinyur Teknik sipil biasanya akan melaksanakan tugasnya setelah arsitek memberikan sebuah rancangan dan gambaran bangunan berdasarkan ide yang dituangkan dalam kertas baru kemudian insinyur sipil memulai perhitungan mulai dari hal teknis seperti perhitungan beban, bahan apa yang harus digunakan, rencana anggaran biaya, kebutuhan jenis material serta hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan dilapangan. Tidak hanya itu, jika dalam proses perhitungan konstruksi ditemukan hal yang janggal maka insinyur sipil biasanya memberi tahu hal tersebut pada arsitek serta memberi saran sehingga arsitek kembali mengevaluasi rancangannya dan kemudian di perhitungkan kembali oleh insinyur sipil. Software yang biasa digunakan dalam membantu proses perhitungan struktur adalah SAP2000, ETAB, Engilab, Ansys dan masih banyak lagi.

      3.       Jenjang karier

Saat ini pembangunan berbagai fasilitas public oleh pemerintah maupun pribadi banyak berkembang dimana-mana sehingga dalam pembuatannya tentu saja diperlukan orang-orang yang sudah ahli dan berpengalaman pada bidang perencanaan dan pembangunan sebuah konstruksi. Tidak hanya dalam bidang hal bangun membangun konstruksi saja Teknik sipil juga bisa memasuki wilayah pekerjaan manajemen atau bisa melamar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).Prosfek kerja lainnya adalah seperti menjadi kontraktor, konsultan perencana, konsultan pengawas. Tidak hanya dalam pekerjaan swasta saja, Teknik sipil juga mempunyai peluang besar untuk bergabung kedalam perusahaan milik pemerintah (BUMN).

Baca juga :


KESIMPULAN DAN SARAN
         
          Arsitek merupakan sebuah kemampuan yang berfokus pada hal skema, perancangan, model dalam hal interior maupun eksterior serta tata letak tanpa melupakan fungsi dari bangunan yang dibuat sehingga bangunan enak dipandang dan memiliki estetika yang baik
             Teknik sipil memilki peran dalam hal pelaksanaan dilapangan serta perhitungan teknis dan finansial sehingga menghasilkan konstruksi bangunan yang kokoh, kuat, tahan lama serta memiliki nilai ekonomis. Tidak hanya dalam pembuatan saja, Teknik sipil juga berperan penting dalam hal perbaikan dan perawatan sebuah konstruksi. Tidak seperti arsitek Teknik sipil memiliki ruang lingkup yang luas mulai dari manajemen serta fasilitas umum seperti jalan raya, jembatan, gedung public, kereta api, bandar udara, bendungan, irigasi, drainase dan masih banyak lagi hal dalam membantu menunjang kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu banyak sekali ilmu yang harus dipelajari didalmnya seperti matematika, fisika, kimia, geomtri, kalkulus serta pelajaran yang berhubungan dengan perhitungan. Tidak hanya itu pelajaran tentang social juga harus diikut sertakan karena pemangunan sebuah konstruksi tentu saja tidak lepas dari ruang lingkup masyarakat.

                Sebagai calon Insinyur sipil kita harus pandai menganalisa, memperhitungkan serta bisa membaca dan memahami karakteristik maupun adat suatu masyarakat saat membangun sebuah konstruksi demi kelancaran dan kenyamanan pelaksanaan, serta tidak mengganggu lingkungan masyarakat sekitar dan tidak mengabaikan adat masyarakat sekitar.

                Untuk kita yang sedang dalam proses mendalami ilmu Teknik sipil jangan pernah mengeluh meskipun banyak sekali pelajaran yang menitik beratkan pada perhitungan serta logika, hal tersebut tidak lain adalah agar kita benar-benar faham bagaimana seharusnya sebuah konstruksi dibangun. akan menjadi lebih baik jika kita sebagai calon insinyur sipil menguasai ilmu arsitektur juga sehingga jika kita mendapatkan sebuah proyek maka kita bisa melaksanakan semua tahapannya sendiri, tentu saja itu memberika sebuah keuntungan yang lebih besar karena dalam hal finansial tidak ada ahli lain yang terlibat, akan tetapi resikonya adalah cape dan terlalu banyak yang harus dikerjakan.

                Meskipun dalam benak kita terucap apagunanya mempelajari semua ini toh ternyata dilapangan tidak terealisasikan, percayalah tidak ada ilmu yang sia-sia, semua yang kita pelajari suatu saat akan berguna. Teknik sipil memang berat dalam proses mendalami ilmunya akan tetapi jika kita benar-benar serius mendalaminya maka kita akan mendapatkan bayaran yang mahal, usaha jerih payah kita suatu saat nanti akan menghasilkan sesuatu yang berharga.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar