--> Skip to main content

Analisis Struktur - Kumpulan Materi Teknik Sipil


Kumpulan Materi Teknik Sipil - Analisis Struktur merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang effect beban yang bekerja pada sebuah struktur akibat dari gaya dalam maupun gaya yang meliputi reaksi tumpuan, pergeseran, perpindahan, momen, dan hal lain yang berhubungan dengan struktur. Hasil dari analisis dalam perencanaan sebuah konstruksi nantinya digunakan untuk memverifikasi kekuatan struktur yang akan maupun telah dibangun. Sehingga kita bisa menentukan serta menetapkan bahan material yang akan digunakan sesuai spesifikasi serta standar yang telah ditetapkan. 

Analisis struktur sangat penting untuk memastikan bagaimana alur, distribusi dan dampak beban terhadap struktur yang ditinjau. Selain beban yang mempengaruhi perilaku struktur adalah bahan yang digunakan dan geometri (sistem) struktur. Dengan melakukan analisis struktur maka dapat diketahui bagaimana perilaku struktur dan tingkat keamanannya saat dikenai beban yang diperkirakan akan bekerja.
Analisis Struktur dapat dilakukan selama tahapan desain, pada saat pengujian maupun pasca konstruksi.
Saat ini hampir semua analisis struktur dilakukan dengan menggunakan model matematika yang mengacu pada kaidah-kaidah mekanika, di mana model bisa elastis atau inelastis, linear atau non-linear, gaya dapat statis atau dinamis, dan model struktur mungkin bisa satu dimensi, dua dimensi atau tiga dimensi.

Hal yang harus diketahui sebelum melakukan analisis struktur 

1. Sifat Material Struktur
2. Pembebanan
3. Sistem struktur

Cara Menganalisis Struktur

Metode yang digunakan dalam melakukan analisis struktur tergantung pada tingkat akurasi yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menganalisis struktur

1. Perhitungan Tangan

Adalah perhitungan yang dilakukan secara manual yang biasanya untuk mengevaluasi efek kekuatan yang terjadi pada struktur yang sederhana seperti menghitung momen lentur, gaya gese, gaya lintang, geser pada balok horizontal sederhana struktur statis tertentu (simple beam) ataupun balok menerus struktur statis tak tentu (continuous beam).

2. Analisis Elemen Hingga

Finite Element Analysis (FEA) adalah sebuah metode numerik yang kompleks serta digunakan untuk menyelesaikan masalah rumit yang berisikan input variable seperti kondisi batas, aplikasi beban, dan jenis tumpuan.

3. Ini adalah metode yang jauh lebih rumit, namun akurat untuk menjalankan analisis struktur dibandingkan dengan perhitungan tangan. FEA mensyaratkan bahwa struktur dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil (atau elemen) yang dapat dievaluasi secara individual untuk perkiraan solusi yang lebih akurat.

Dalam menempuh matakuliah biasanya materi Analisis struktur dibagi beberapa bagian yaitu, Analisis Struktur 1, 2 dan 3.. Namun dalam hal ini saya akan membagikan beberapa dokumen yang berhubungan dengan Analisis struktur, baik itu materi, contoh soal, tugas besar dan yang lainnya sehingga nantinya bisa kalian jadikan sebuah referensi atau gambaran untuk membantu kalian saat menempuh matakuliah ini.


Metode Matrix
Tugas Besar
Matrikulasi Matrix
Bahan Anstruk III
AS Matrix
Bahan UTS Anstruk 
Anstruk 1 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar