--> Skip to main content

Download File Excel Perhitungan Pondasi Footplat Dan Tiang Pancang



PENGERTIAN PONDASI

Pondasi merupakan suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan serta meneruskan beban yang disalurkan dari struktur bagian atas menuju tanah dasar pondasi yang cukup kuat menahannya tanpa terjadinya differential settlement pada sistem strukturnya.

Untuk menentukan jenis pondasi yang akan digunakan sesuai kondisi lapangan maka harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

1. Keadaan tanah pondasi
2. Batasan-batasan akibat konstruksi di atasnya (upper structure)
3. Waktu beserta biaya pekerjaan dilapangan
4. Keadaan daerah sekitar lokasi pondasi
5. Kokoh,  kekakuan dan kekuatan (Mapan)


Jenis-jenis pondasi

1. Pondasi Langsung (STAHL)

Pondasi langsung (Stahl) dipakai pada kondisi tanah : “ baik “, Yaitu dengan kekerasan tanah atau sigma tanah = 2 Kg / Cm2 , dengan kedalaman tanah keras lebih kurang = 1,50 Cm, kondisi air tanah cukupdalam. Bahan material yang dipergunakan untuk pondasi jenis ini biasanya dipakai : batu kali, batu gunung, atau beton tumbuk.

2. Pondasi Sumuran

Pondasi sumuran dipakai untuk tanah yang labil, dengan sigma lebih kecil dari 1,50 kg/cm2. Seperti bekas tanah timbunan sampah, lokasi tanah yang berlumpur.

3. Pondasi Footplat (Telapak)

Pondasi footplat dipergunakan pada kondisis tanah dengan sigma antara : 1,5-2,00 kg/cm2. Pondasi foot plat ini biasanya dipakai untuk bangunan gedung 2 – 4 lantai, dengan kondisi tanah yang baik dan stabil. Bahan dari pondasi ini dari beton bertulang. Untuk menetukan dimensi dari pondasi ini dengan perhitungan konstruksi beton bertulang.

 4. Pondasi Merata (Slab Foundation)

Pondasi merata dipergunakan pada kondisi tanah sangat lembek (lunak). Juga dipergunakan untuk pondasi lantai bawah tanah/bassment suatu bangunan gedung.

Baca juga : 

5. Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang dipergunakan pada tanah-tanah lembek, tanah berawa, dengan kondisi daya dukung tanah (sigma tanah) kecil, kondisi air tanah tinggi dan tanah keras pada posisi sangat dalam. Bahan untuk pondasi tiang pancang adalah : bamboo, kayu besi/kayu ulin, baja, dan beton bertulang.

a. Pondasi Tiang Pancang Kayu
Pondasi tiang pancang kayu di Indonesia, dipergunakan pada rumah-rumah panggung di daerah Kalimantan, di Sumatera, di Nusa Tenggara, dan pada rumah-rumah nelayan di tepi pantai.

b. Pondasi Tiang Pancang Beton
Pondasi tiang beton dipergunakan untuk bangunan-bangunan tinggi (high rise building). Pondasi tiang pancang beton, proses pelaksanaannya dilakukan sebagai berikut :

1) Melakukan test “ boring” untuk menentukan kedalaman tanah kerasdan klasifikasi panjang tiang pancang, sesuai pembebanan yang telah diperhitungkan.
2) Melakukan pengeboran tanah dengan mesin pengeboran tiang pancang.
3) Melakukan pemancangan pondasi dengan mesin pondasi tiang pancang.
Pondasi tiang pancang beton pada prinsipnya terdiri dari : pondasi tiangpancang beton cor di tempat dan tiang pancang beton system fabrikasi.

Dibawah ini merupakan file excel perhitungan untuk pondasi tiang pancang dan footplat. sebagai gambaran dalam perhitungan ini dibahas mengenai :

1. Data Pondasi
2. Kapasitas Daya Dukung Tanah
      a. Menurut Terzaghi dan Peck (1943)
      b. Menurut Meyerhoof (1956)
3. Menghitung Kapasitas daya dukung tanah yang dipakai
4. Menghitung Kontrol tegangan tanah
5. Menghitung Gaya Geser
      a. Tinjauan gaya geser arah x
      b. Tinjauan gaya geser arah y
      c. Tinjauan gaya geser dua arah (Pons)
6. Pembesian Footplat
      a. Menghitung tulangan lentur arah x
      b. Menghitung tulangan lentur arah y
7. Menghitung tulangan susut

Untuk mendownload silahkan klik tombol download dibawah ini untuk mendapatkan file excel perhitungan pondasi footplat dan tiang pancang:

Excel Pondasi.xls
size : 1 mb
password : www.taktiktekno.com

FOLLOW US WITH SOCIAL MEDIA

Facebook
- Komunitas Autocad Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
- Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Fanspage 
Laman Teknik Sipil (KLIK DISINI UNTUK IKUTI)
Telegram
Komunitas Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Whatsapp
Komunitas Teknik Sipil Indonesia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar