--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Lengkap Puskesmas File Autocad (DWG)


PENGERTIAN PUSKESMAS

Pengertian puskesmas adalah suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatannya secara menyeluruh, terpadu yang berkesinambungan pada suatu masyarakat yang bertempat tinggal dalarn suatu wilayah tertentu (Azrul Azwar, 1996).

Puskesmas merupakan salah satu layanan publik yang memiliki fungsi vital dalam hal mengenai kesehatan. Dalam hal jenis konstruksi, puskesmas termasuk kedalam jenis konstruksi bangunan gedung karena puskesmas dibuat dalam bentuk bangunan gedung. untuk jenis konstruksi bangunan gedung biasanya direncanakan oleh Insinyur Sipil dan Arsitek. 

Dalam pembuatan bangunan puskesmas kedua peran tadi memiliki fungsi masing-masing. Seorang Arsitek harus merencanakan membuat gambar yang layak serta pantas dan mengedepankan gaya arsitekturnya. Setelah itu gambar diberikan kepada Insinyur sipil yang berperan untuk menghitung beberapa aspek yaitu perhitungan beban, rencana waktu, jumlah pekerja, bahan material yang sesuai SNI, serta diharapkan saat melakukan pembangunan sesuai dengan waktu dan biaya serta mutu yang direncanakan sehingga nantinya bangunan puskesmas tersebut memiliki segi keamanan, kenyamanan, serta keindahan yang bisa menjamin keselamatan orang-orang yang ada didalam bangunan.

Baca juga :
Dibawah ini merupakan gambar rencana atau gambar kerja dari puskesmas dua lantai dalam bentuk format file autocad (dwg) lengkap. File tersebut bisa dijadikan sebagai bahan referensi dan pembelajaran bagi mahasiswa teknik sipil, arsitek atau bagi para perencana. Gambar rencana puskesmas dua lantai tersebut meliputi :

  1. SITEPLAN
  2. DENAH LANTAI DASAR
  3. DENAH LANTAI SATU
  4. DENAH LANTAI DUA
  5. TAMPAK DEPAN
  6. TAMPAK BELAKANG
  7. TAMPAK SAMPING KANAN
  8. TAMPAK SAMPING KIRI
  9. POTONGAN A-A
  10. POTONGAN B-B
  11. POTONGAN C-C
  12. POTONGAN D-D
  13. POTONGAN E-E
  14. DENAH PONDASI BATU KALI
  15. DETAIL PONDASI BATU KALI A
  16. DETAIL PONDASI BATU KALI B
  17. DETAIL PONDASI BATU KALI C
  18. DETAIL FOOT PLAT TYPE 2 DAN POTONGAN 1
  19. DETAIL FOOT PLAT TYPE 3 DAN POTONGAN 1
  20. DENAH BALOK LANTAI 1
  21. DENAH DENAH RING BALK LANTAI 2
  22. DENAH PEMBESIAN PLAT LANTAI 1
  23. DENAH PEMBESIAN PLAT LANTAI 2
  24. DENAH RING BALK LANTAI 2
  25. DETAIL PEMBESIAN BALOK LAJUR 1-5
  26. DETAIL PEMBESIAN BALOK 4 LAJUR A-E
  27. DETAIL PEMBESIAN BALOK 1 LAJUR A-C dan DETAIL PEMBESIAN BALOK E LAJUR 4-5
  28. DETAIL PEMBESIAN KOLOM
  29. DETAIL PEMBESIAN BALOK
  30. DENAH SLOOF
  31. DENAH KOLOM DAN FOOT PLAT LANTAI DASAR
  32. DENAH KOLOM LANTAI 1
  33. DENAH KOLOM LANTAI 2
Untuk mendapatkan memperoleh gambar kerja puskesmas secara  lengkap silahkan download semua file yang ada diatas.

Kami memiliki sebuah grup telegram dimana anggota grup tersebut terdiri dari para engineer sipil yang berpengalaman. Grup tersebut membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia teknik sipil. selain itu disana juga berbagi infoemasi lowongan pekerjaan bagi engineer sipil. Jika ingin bergabung bersama kami silahkan klik DISINI
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar