--> Skip to main content

Download Gambar Rencana Bangunan Lengkap File DWG AutoCad


Gambar rencana bangunan atau bisa juga disebut gambar kerja merupakan sebuah acuan dari rencana gambar yang akan di realisasikan dilapangan dengan keterangan dan informasi detail untuk memudahkan dan melancarkan saat pelaksanaan dilapangan. Gambar harus jelas dan mudah di fahami oleh pihak yang terlibat di dalamnya. Konsultan perencana atau arsitek harus membuat gambar sejelas dan sedetail mungkin untuk memudahkan kontraktor membaca kemudian merealisasikannya tanpa ada masalah. 

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat gambar kerja atau gambar rencana bangunan adalah mulai dari ukuran, skala, angka, bentuk gambar dan tata letak. Dari gambar kerja juga harus bisa diperoleh kejelasan kuantitatif, agar biaya dan waktu pelaksanaan pembangunan dapat dihitung dengan seksama dan dapat dipertanggungjawabkan. (sumber :  www.iai-jakarta.org)
Gambar kerja juga diperlukan untuk melengkapi kejelasan teknis dalam bidang administrasi pelaksanaan pembangunan dan memenuhi persyaratan yuridis yang terkandung dalam dokumen pelelangan dan dokumen perjanjian/kontrak kerja konstruksi. (sumber :  www.iai-jakarta.org)  


Urutan gambar kerja bangunan yang harus dibuat adalah sebagai berikut :

1. DENAH
Merupakan tampilan dari tataletak berbagai rencana ruangan, jendela, pintu, dan pelengkap lain bagian dalam bangunan. setiap bagian yang mempunyai jarak harus diberik ukuran dengan menggunakan garis untuk memperjelas. ukuran harus jelas dan detail dengan skala 1:100.


2. TAMPAK 
Merupakan tampilan gambar yang memperlihatkan rencana tampilan bangunan jika dilihat dari berbagai arah. untuk gambar tampak biasanya dibuat untuk tampak depan, belakang, samping kiri dan kanan.

3. POTONGAN 
Merupakan gambaran detail dari dalam mulai dari pondasi, tangga, tembok, atap dan lain lain. kemudian harus diberi ukuran jelas dan detail. gambar potongan juga di ibartkan kita memotong sebuah bangunan dengan tegak lurus vertikal sehingga terlihat bagian dalam bangunan dengan detail mulai dari bagian bawah hingga atas.

4. RENCANA PONDASI
Gambar yang memperlihatkan rencana dan tata letak pembuatan pondasi untuk tumpuan bangunan. Pondasi ini bisa bermacam - macam tergantung jenis bangunan yang akan ditopang. untuk bangunan seperti rumah biasanya menggunakan pondasi dasar yaitu pondasi batu kali dan telapak.

 5. RENCANA ATAP
Merupakan tampilan atas dari atap yang akan dibuat. rencana atap harus menyesuaikan dengan bangunan dan sesuai perhitungan agar nantinya bisa menyesuaikan pula rangka atap yang menopangnya.

6. RENCANA BALOK
Merupakan gambaran untuk pembuatan balok bangunan.

7. RENCANA RINGBALK
Adalah struktur yang diletakkan di atas pasangan batu dan bata. Fungsi ring balok adalah sebagai tumpuan konstruksi atap dan sebagai pengikat pasangan dinding batu bata bagian atas agar tidak runtuh. Ring balok yang umumnya digunakan untuk bangunan rumah tinggal sederhana adalah ring balok dengan lebar 15 cm dan panjang 20 cm. (https://kontruksibangunan-kb1.blogspot.com)

8. RENCANA PLAFOND
Plafon atau langit – langit adalah suatu bidang atau lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Plafond berfungsi sebagai keamanan, kenyamanan, serta keindahan ruangan. Untuk rumah tinggal sebaiknya digunakan ukuran sedang, yaitu antara 3 – 5 m. Dengan ketinggian demikian sirkulasi udara akan cukup dan keindahan ruangan akan terlihat baik. Batas terendah pasangan plafond adalah 2,8 m dari lantai. (https://jayawan.com/mengenal-plafond/)

9.  RENCANA KERAMIK
Merupakan gambar rencana untuk pemasangan keramik. gambar ini bertujuan untuk memberi tahu keramik yang akan dipakai untuk posisi lantai dan ruangan tertentu.

10. RENCANA PINTU DAN JENDELA
Meskipun sudah dicantumkan dalam denah namun agar lebih detail dibuatlah gambar rencana pintu dan jendela. dengan begitu pelaksana akan terfokus pada hal ini, berbeda dengan melihat denah yang merupakan campuran secara umum.

11. RENCANA LISTRIK
Untuk menunjukan jalur lsitrik yang akan dipasang untuk mempermudah bagian mekanikal untuk pemasangan sistem kelistrikan bangunan.

12. RENCANA PLUMBING ATAU SANITASI
Renacana plumbing atau bisa disebut rencana sanitasi merupakan gambar yang menunjukan secara detail saluran air bersih maupun air kotor serta tempat pembuangan air tersebut yang ada pada bangunan.
13. DENAH DAN DETAIL TANGGA
Untuk bangunan yang berlantai minimal 2 harus disertai dengan denah serta detail tangga untuk mempermudah pelaksana saat merealisasikan gambar tersebut.

14. DETAIL PONDASI
Detail pondasi akan menunjukan secara rinci struktur dan bagian dari pondasi yang digunakan. dalam perencanaan pembuatan pondasi harus memiliki ukuran detail serta bahan apa yang digunakan dalam pondasi tersebut.

15. RENCANA PEMBESIAN
Menunjukan besi yang akan digunakan dalam pembuatan bangunan tersebut. gambar harus secara rinci menunjukkan panjang, jarak, ukuran serta diameter besi akan digunakan.

16. DETAIL PINTU
Menunjukkan dengan detail dimensi pintu yang akan digunakan. dalam pelaksanaan dilapangan biasanya sudah jarang adanya gambar detail pintu karena biasanya sudah membeli dari penyedia atau toko dan sudah mempunyai model tertentu.

17. DETAIL JENDELA

18. PETA SITEPLAN
Merupakan peta atau gambar dua dimensi dengan skala tertentu yang menujukan lokasi atau tempat sebuah konstruksi dibuat.
Dibawah ini adalah contoh gambar rencana bangunan lengkap seperti yang sudah dijelaskan diatas. file tersebut berformat dwg (File AutoCad) dan pdf. Teman-teman bisa mendownloadnya secara gratis serta menyimpannya atau sebagai bahan pembelajaran.

Baca juga : 
Gambar Kerja Rumah 2 Lantai dwg (AutoCad File) [DOWNLOAD]
Gambar Kerja Rumah 2 Lantai pdf [DOWNLOAD]

Password : www.taktiktekno.com

Kami memiliki sebuah grup telegram dimana anggota grup tersebut terdiri dari para engineer sipil yang berpengalaman. Grup tersebut membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia teknik sipil. selain itu disana juga berbagi infoemasi lowongan pekerjaan bagi engineer sipil. Jika ingin bergabung bersama kami silahkan klik DISINI
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar