--> Skip to main content

Download Koleksi Desain Rumah Berbagai Tipe Ukuran File DWG AutoCad


PENGERTIAN RUMAH

Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.

Jenis-jenis rumah yang dikenal secara umum

1. Rumah Tapak
Secara umum orang banyak menyebutnya sebagai rumah tunggal atau detached. Rumah ini memiliki ciri utama yaitu bangunannya yang menapak langsung dengan tanah serta kepemilikannya bersifat tunggal. Dikarenakan harga tanah yang semakin mahal membuat jenis hunian ini menjelma menjadi rumah gandeng atau rumah deret yang dindingnya berdempetan.

2. Town House 
Jenis hunian berikutnya adalah Town House. Rumah yang berada di kompleks dengan susunan berjajar secara horizontal sehingga bisa disebut apartemen berbentuk horizontal. Didalam kompleks perumahan ini terdapat banyak rumah yang memiliki desain bentuk yang sama dengan yang lainnya. Namun seiring berjalannya waktu terkadang si pemilik rumah mendesain ulang setelah membeli rumah tersebut sesuai dengan keinginan. Komplek ini memiliki fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh penghuni komplek.

3. Cluster
Merupakan komplek perumahan yang didalamnya dibagi menjadi beberapa kawasan atau subkomplek dan setiap kawasan bisanya di beri nama. Setiap subkompleks terdapat berbagai macam rumah dengan tipe yang sama dan dilengkapi fasilitas umum yang khusus digunakan oleh para penghuninya.
Namun, hunian Cluster juga memiliki fasilitas umum yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni cluster.

4. Rumah Tinggal (Detached)
Rumah yang biasanya digunakan untuk tempat istirahat dengan fasilitas tertentu sesuai penghuninya. Orang-orang yang berkemampuan secara finansial tak jarang mereka membeli rumah diberbagai daerah atau tempat sebagai tempat untuk beristirahat sejenak. Rumah tersebut misalnya mension, cottage,villa atau bungalow. 

5. Rumah Kopel
Jenis hunian ini merupakan rumah tinggal pribadi akan tetapi antar rumah disebelahnya dipisah dengan satu dinding serta memiliki penampakan yang sama dengan rumah sebelahnya. walaupun begitu rumah-rumah tersebut dihuni oleh orang yang berbeda. Hunian tipe ini biasanya merupakan peninggalan Belanda yang memiliki desain khas kolonial jaman dulu. Hunian ini terdapat di daerah Jawa Barat khusunya Bandung dan Garut.

6. Apartemen
Apartemen merupakan blok bangunan yang tersusun secara vertikal dan teridiri dari beberapa ruangan. Hunian ini pada umunya dibangun di tengah perkotaan karena dekat dengan pusat kegiatan. selain itu menyesuaikan dengan orang yang berkecukupan lebih agar sesuai dengan gaya hidup masa modern. faktor lainnya adalah lahan yang terbatas dipusat kota menjadikan apartemen salah satu hunian pilihan.
Terdapat fasilitas dan sarana umum yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni apartemen seperti tempat belanja, arena bermain, tempat olah raga dan lain-lain.

7. Rumah susun
Rusun atau rumah susun menjadi salah satu solusi untuk membangun hunian dilahan yang terbatas. umunya terddpat didaerah perkotaan. Tidak seperti apartemen, rusun dibangun dengan fasilitas sederhana karena termasuk dalam program rumah murah.

8. Rumah Toko (Ruko)
Merupakan sebuah rumah yang memiliki dua fungsi yaitu sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat usaha. Bangunan ini memiliki minimal dua lantai. Lantai bawah biasnaya digunakan sebagai tempat usaha dan lantai atas digunakan sebagai tempat tinggal.

9. Rumah Kantor
Sama seperti ruko, rumah kantor juga digunakan sebagai tempat tinggal dan aktivitas kantor. biasanya rumah kantor dijadikan tempat tinggal para staff kantor bukan sang pemilik kantor.

10. Indekos (Kosan)
Indekos menjadi salah satu alternatif bagi pendatang dari luar kota sebagai tempat tinggal sementara. Indekos berada didalam bagian rumah inti pemilik kos atau dibuat terpisah sebagai bangunan terpisah yang terdiri dari kamar-kamar. Fasilitas yang berada biasanya sudah disediakan oleh pemilik kos mulai dari listrik, tempat tidur, kamar mandi, kasur, kursi, dapur dan lain-lain.

11. Kontrakan
Hampir sama dengan indekos, akan tetapi kontrakan biasanya bersifat lebih privat dan disewakan dalam bentuk satu unit rumah beserta fasilitas didalamnya. Jika terjaid kerusakan maka sipengontrak wajib bertanggung jawab untuk membetulkannya. 

Berikut ini adalah beberapa desain rumah tempat tinggal dalam format dwg atau file AutoCad sehingga teman-teman bisa dengan mudah memodifikasi atau semacamnya. Selain itu file tersebut juga menjadi bahan pembelajaran dan referensi. Silahkan download beberapa deain rumah dalam berbagai tipe dibawah ini :

Baca juga :
1. Rumah tipe 21 m2 [DOWNLOAD]
2. Rumah tipe 36 m2 [DOWNLOAD]
3. Rumah tipe 135 m2 [DOWNLOAD]
4. Rumah tipe 150 m2 [DOWNLOAD]
5. Rumah tipe 6x15 m [DOWNLOAD]
6. Rumah tipe 7x20 m [DOWNLOAD]
7. Rumah tipe 10x20 m [DOWNLOAD]
8. Rumah tipe 11x25 m [DOWNLOAD]
9. Rumah tipe 12x19 m [DOWNLOAD]
10. Rumah tipe 12x20 m [DOWNLOAD]
11. Rumah tipe 12x23 m [DOWNLOAD]
12. Rumah tipe 12x25 m [DOWNLOAD]
13. Rumah tipe 14x26 m [DOWNLOAD]
14. Rumah tipe 15x20 m [DOWNLOAD]
15. Rumah tipe 20x10 m [DOWNLOAD]
16. Rumah tipe 20x48 m [DOWNLOAD]
17. Rumah tipe 48x20 m [DOWNLOAD]
18. Desain Perencana [DOWNLOAD]
19. Desain perencana 2 [DOWNLOAD]

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar