--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Lengkap Bendung File AutoCad (DWG)



PENGERTIAN BENDUNG

Menurut Wikipedia Bendung adalah pembatas yang dibangun melintasi sungai yang dibangun untuk mengubah karakteristik aliran sungai. Dalam banyak kasus, bendung merupakan sebuah kontruksi yang jauh lebih kecil dari bendungan yang menyebabkan air menggenang membentuk kolam tetapi mampu melewati bagian atas bendung. Bendung mengizinkan air meluap melewati bagian atasnya sehingga aliran air tetap ada dan dalam debit yang sama bahkan sebelum sungai dibendung. Bendung bermanfaat untuk mencegah banjir, mengukur debit sungai, dan memperlambat aliran sungai sehingga menjadikan sungai lebih mudah dilalui.

JENIS-JENIS BENDUNG

1. Bendung saringan bawah
Bendung saringan bawah pada umumnya dibangun pada daerah hulu di mana lokasi tersebut banyak mengangkut batuan besar dan permukaan air sungai relatif tinggi. Sehingga dibuat bendung yang rendah.

2. Bendung Ambang/ Mercu Tetap
Merupakan bendung yang berfungsi untuk menaikkan permukaan air sungai agar air sungai dapat dialirkan ke daerah irigasi. Dan untuk menaikkan permukaan air sungai diatur dengan ambang tetap atau permanen.

3. Bendung Gerak
Yaitu bendung yang terdapat pintu gerak yang berfungsi sebagai pengatur ketinggian air yang kemudian dialirkan ke daerah irigasi.


KOMPONEN KONSTRUKSI PADA BENDUNG

Bendung terdiri dari tubuh bendung, pintu air, pintu pengambilan, kolam peredam energi dan pintu penguras. Komponen yang ada di dalam bendungan ini juga saling terikat satu sama lainnya. (pelajaran.co.id)

MANFAAT BENDUNG

Bendung bermanfaat untuk mencegah banjir, mengukur debit sungai, dan memperlambat aliran sungai sehingga menjadikan sungai lebih mudah dilalui. Selain itu berfungsi untuk membantu akses perairan pada daerah irigasi.

Dibawah ini merupakan gambar kerja bendung dalam format file AutoCad (dwg). File tersebut bisa dijadikan bahan referensi dan pembelajaran bagi mahasiswa teknik sipil ataupun bagi para engineer lain dalam hal menggambar sebuah desain bendung. Gambar kerja bendung dibawah ini meliputi :
  1. DENAH BENDUNG
  2. POTONGAN A-A DAN B-B
  3. POTONGAN C-C DAN D-D
  4. GAYA YANG TERJADI PADA BENDUNG
  5. TAMPAK SAMPING
Silahkan download file diatas untuk memperoleh gambar kerja lengkap desain bendung.

Kami memiliki sebuah grup telegram dimana anggota grup tersebut terdiri dari para engineer sipil yang berpengalaman. Grup tersebut membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia teknik sipil. selain itu disana juga berbagi infoemasi lowongan pekerjaan bagi engineer sipil. Jika ingin bergabung bersama kami silahkan klik DISINI
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar