--> Skip to main content

Perhitungan RAB Lengkap (Excel) Untuk Rumah




      Memiliki rumah tentunya adalah sebuah keinginan setiap orang apalagi kalau rumah tersebut memiliki tampilan yang bagus dari segi arsitektur dan dilengkapi fasilitas lengkap sehingga memberikan kenyamanan. Banyaknya rumah yang sudah jadi dibuat terkadang membuat sesorang merasa kurang dengan rumah tersebut baik dari segi fasilitas atau tampilan sehingga perlu adanya peningkatan dan pemabangunan ulang dengan desain sesuai dengan yang diinginkan.

      Dalam membangun atau merubah serta meningkatkan tampilan maupun fasilitas rumah tentunya diperlukan yang Namanya RAB (Rencana Anggaran Biaya) rumah. Perhitungan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi seperti kelebihan atau kekurangan budget meskipun nantinya dilapangan bisa saja agak berbeda tergantung situasi dan kondisi dilapangan. Biaya-biaya yang harus dianggarkan untuk membangun rumahpun bermacam-macam, mulai dari biaya desain, harga bahan bangunan, upah pekerja dan lain-lain.

Baca juga :

      RAB (Rencana Anggaran Biaya) biasanya direncanakan oleh seorang ahli dibidangnya seperti konsultan. Bagi Anda yang belum tahu ap aitu RAB dalam artikel ini akan dibahas secara umum beberapa hal mengenai RAB dengan uraian sebagai berikut :

1)      Definisi RAB
2)      Cara menghitung RAB Rumah Tinggal
a)       Sistem permeter persegi
b)      Sistem Analisis Harga Stuan Bangunan
3)      Langkah-langkah pembuatan RAB
4)      Contoh RAB Lengkap untuk Rumah

1.       Definis RAB
Cost Planning atau RAB (Rencana Anggaran Biaya) merupakan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk setiap pekerjaan pembangunan atau proyek konstruksi. Biaya total yang dibutuhkan sampai proyek tersebut selesai dapat diperkirakan dari awal.

2.       Cara menghitung RAB Secara Sistem Per Meter Persegi
Untuk system per meter persegi biasanya harus memastikan terlebih dahulu data yang ada seperti luas bangunan dan harga bangunan untuk setiap permeter persegi. Kemudian menyesuaikan harga bangunan dengan waktu pengerjaan rumah dan lokasi bangunan.

Sistem ini bisa juga disebut dengan harga taksiran, artinya harga yang bisa diprediksi dari hasil luasan rumah dikali dengan harga permeter persegi sebesar kisaran tertentu. Biaya ini belum dipastikan karena tidak disertai dengan detail rincian biaya untuk setiap pekerjaan.

Contoh :
Jika ingin membangun rumah dengan lebar 6 m dan Panjang 8 m maka luas rumah tersebut yang dibangun adalah 48 meter persegi. Kemudian harga bangunan untuk setiap permeter persegi adalah Rp. 2.5 Juta. Maka untuk harga total taksiran adalah 48x Rp. 2.5 juta dan hasilnya adalah Rp. 120 juta.

3.       Cara Menghitung RAB Secara Sistem Analisis Harga Satuan
Untuk system yang ini para perencana terlebih dahulu harus memastikan memiliki gambar rumah yang akan dibangun. Kemudian memiliki daftar spesifikasi bahan beserta harganya merinci daftar pekerjaan, mendaftar upah tukang. Poin-poin ini biasanya sudah ada ketentuannya berdasarkan SNI atau Harga PUPR dan Harga Bupati (Berdasarkan pengetahuan saya dikampus). Setelah itu harga satuan kemudian dikalikan dengan volume yang didapat.

4.       Langkah-langkah membuat RAB Rumah
Dalam pembuatan RAB rumah Anda harus memperhatikan beberapa point sebagai berikut :
a.       Gambar Kerja
Untuk mendapatkan jenis pekerjaan, bahan yang digunakan dengan spesifikasi dan ukurannya, serta untuk mendaptkan volume pekerjaan
b.       Menghitung volume pekerjaan permeter persegi atau perunit
c.       Tentukan Harga Satuan Kerja
Bisa mengacu pada SNI, harga PUPR atau Harga Bupati. Maing-masing mempunyai analisis harga yang berbeda-beda.
d.       Menghitung jumlah biaya pekerjaan dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan.
e.       Rekapitulas
Menghitung jumlah total masing-masing sub pekerjaan seperti pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, pekerjaan beton dan lain lain. Setiap pekerjaan kemudian dijumlahkan sehingga didapat harga total keseluruhan biaya proyek. Selain langkah-langkah di atas, Anda juga harus mempersiapkan biaya-biaya lainnya seperti biaya pajak, biaya administrasi, serta biaya pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

5.       Contoh RAB Rumah
Berikut adalah contoh perhitungan lengkap RAB Rumah yang menjadi referensi untuk Anda


Baca juga : 

FOLLOW US WITH SOCIAL MEDIA

Facebook
- Komunitas Autocad Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
- Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Fanspage 
Laman Teknik Sipil (KLIK DISINI UNTUK IKUTI)
Telegram
Komunitas Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Whatsapp
Komunitas Teknik Sipil Indonesia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar