--> Skip to main content

Kenapa Pasir Laut Tidak Bisa Dijadikan Bahan Konstruksi? Ini Dia Alasannya


Pernahkah kita terfikir dalam benak kenapa pasir laut tidak bisa dijadikan salah satu bahan campuran dalam konstruksi bangunan? Tentu hal ini memiliki alasan yang jelas khusunya dalam hal sifat kimia dari pasir itu sendiri. Berikut adalah beberapa alasan kenapa pasir laut tidak bisa dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan konstruksi :


1. Memiliki Struktur Permukaan Halus 
Pasir laut merupakan jenis material yang meniliki bentuk struktur butiran yang sangat halus sehingga jika disatukan dalam adukan semen maka tidak akan kuat akibat dari daya lekatnya dengan semen yang lemah sehingga dalam jangka waktu dekat beton hasil campuran pasir laut akan mudah keropos akibat mudah terlepasnya pasir dengan semen.

2. Mmebutuhkan Banyak Semen
Campuran semen biasanya menggunakan pasir halus hasil dari proses pelapukan material yang berasal dari gunung serta memiliki struktur permukaan kasar dan menyudut sehingga saat melakukan pencampuran tidak perlu menggunakan semen yang terlalu banyak karena mudah melekat dengan semen. Jika menggunakan pasir laut untuk dapat melekat dengan semen diperlukan jumlah semen yang sangat banyak sehingga membuat pengeluaran menjadi boros.

3. Dapat Merusak Tulangan Dan Bahan Logam Lain
Pasir laut memiliki senyawa yang bersifat asin. Selain tidak cocok untuk campuran semen, sifatnya yang asin akan merusak tulangan yang tertanam dalam beton campuran pasir laut sehingga akan membuat tulangan menjadi berkarat dan menyebabkan kekuatan tulangan menjadi berkurang.

4. Memiliki Kekuatan Yang Lebih Kecil
Kekuatan yang dihasilkan dari campuran pasir laut dan semen tidak akan sama dengan kekuatan yang dihasilkan dengan campuran pasir yang berasal dari gunung. Pasir laut tidak memiliki kekuatan tekan tinggi, kekuatan tarik tinggi, sehingga tidak dapat digunakan dalam kegiatan konstruksi. Campuran pasir laut akan menghasilkan kekuatan yang kecil sehingga tidak menjamin bangunan akan bertahan lama.

5. Tidak Tahan Lama
Plesteran yang dibuat dari adukan campuran semen dan pasir laut dalam jangka waktu dekat akan cepat rusak dan mengelupas sehingga akan terjadi rembesan pada tembok yang akhirnya dapat merusak.

6. Mudah terjadi pelembaban
Garam di pasir laut cenderung menyerap uap air dari atmosfer sehingga menyebabkan kelembaban
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar