--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Lengkap Apartemen File Autocad (DWG)

Apartemen merupakan blok bangunan yang tersusun secara vertikal dan teridiri dari beberapa ruangan. Hunian ini pada umunya dibangun di tengah perkotaan karena dekat dengan pusat kegiatan. selain itu menyesuaikan dengan orang yang berkecukupan lebih agar sesuai dengan gaya hidup masa modern. faktor lainnya adalah lahan yang terbatas dipusat kota menjadikan apartemen salah satu hunian pilihan.
Terdapat fasilitas dan sarana umum yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni apartemen seperti tempat belanja, arena bermain, tempat olah raga dan lain-lain.

Selain itu, Apartemen merupakan blok bangunan yang di dalamnya terbagi-bagi dalam sejumlah ruang atau unit, yang dipasarkan secara strata-title atau disewakan. Di luar itu, ada juga istilah kondominium yang juga merujuh kepada apartemen. Keduanya pada dasarnya sama pengertiannya. Yang membedakan hanya istilahnya. Kondominium adalah penguasaan beberapa atau sejumlah orang atas sebuah properti atau bangunan besar. Jadi apartemen lebih menunjuk ke pengertian fisik, sedangkan kondominium merujuk kepada hak atau istilah legal.

Jenis Apartemen Berdasarkan Bentuk Massa Bangunan

a. Slab
Pada bentuk ini antara tinggi bangunan dan lebar bangunan memiliki dimensi yang sebanding sehingga bangunan berbentuk seperti kotak yang pipih. Biasanya memiliki koridor yang memanjang dengan unit-unit hunian berada di salah satu atau kedua sisi koridor.

b. Tower
Pada jenis apartemen berbentuk tower, lebar dan panjang bangunan lebih kecil dibandingkan dengan ketinggian bangunan, sehingga bentuk bangunan seperti tiang. Biasanya ketinggian bangunannya diatas 20 lantai. Sistem sirkulasinya menggunakan core karena menggunakan lift. Variasi bentuk tower dibagi menjadi dia yaitu :

c. Single Tower 
Jenis Apartemen ini mempunyai satu masa bangunan. Core umumnya terletak di tengah dan ruang koridor dapat diminimalkan. Unit-unit bangunan kaan terletak dekat dengan tangga dan lift. Berdasarkan bentuk masa, apartmen dengan satui tower dapat dibedakan menjadi tower plan, expanded tower plan, cicular plan, cross plan, dan five wing plan

d. Multi Tower
Apartemen ini memiliki lebih dari satu masa bangunan. Antara masa bangunan dapat dihubungkan oleh satu masa bangunan penghubung atau hanya dengan pedestrian penghubung saja. Apabila masa bangunan dihubungkan oleh suatu masa penghubung, umumnya masa penghubung terletak di tengah dengan masa lainnya yang mengelilingnya. Lift dan tangga diletakkan pada masa penghubung tersebut. (arsitur.com)

Dibawah ini merupakan gambar kerja lengkap Apartemen dalam file berformat Autocad (DWG), jadi teman-teman bisa mengeditnya. File tersebut bisa dijadikan sebagai referensi dan bahan pembelajaran bagi teman-teman teknik sipil. Teman-teman bisa mendapatkan file tersebut secara gratis. Dan untuk mendapatkannya tinggal Klik tombol download yang tersedia dibawah.

Apartemen [Download, 118 Mb]

Baca juga :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar