--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Kolam Renang File Autocad (DWG)


PENGERTIAN KOLAM RENANG
Kolam renang adalah suatu konstruksi buatan yang dirancang untuk diisi dengan air dan digunakan untuk berenang, menyelam, atau aktivitas air lainnya. Kolam renang pribadi adalah simbol status bagi pemiliknya, karena membutuhkan banyak tempat dan biaya perawatan yang besar. Kolam renang umum biasanya adalah bagian dari pusat kebugaran jasmani atau taman rekreasi, dengan fasilitas-fasilitas lainnya meliputi sauna, lapangan olahraga renang (squash, tenis, dll) dan rumah makan. Untuk menjernihkan dan mendisfeksi air biasanya digunakan kaporit.

Menurut Menteri Kesehatan dalam Permenkes No. 061/Menkes/Per/I/1991 dalam Rozanto (2015), tentang persyaratan kesehatan kolam renang dan pemandian umum menyatakan “kolam renang adalah suatu usaha bagi  umum yang menyediakan tempat untuk berenang, berekreasi, berolah raga serta juga pelayanan lainnya menggunakan air bersih yang telah diolah”. 

Macam - macam dan tipe kolam renang

Berbagai macam kolam dibuat orang dan dilengkapi dengan fasilitas dan perlengkapan lainnya berdasarkan arsitekstur dan konstruksi yang memadai. Kolam  renang ini biasanya disebut dengan kolam renang buatan atau “artificial bething  places”. Kolam renang dapat dibedakan menjadi beberapa tipe menurut pemakaian, letak, dan cara pengisian airnya (Rozanto, 2015). Menurut Elpizunianti (2001), macam-macam kolam renang dipandang dari segi lokasinya, dibedakan menjadi dua  macam, yaitu: 

1.Indoor-pool
Yaitu kolam renang yang berlokasi di halaman perumahan atau 
pemukiman penduduk. Kolam renang seperti ini biasanya dimiliki dan 
diperuntukkan bagi perorangan atau kelompok yang digunakan untuk keluarga atau 
tamu-tamunya. 

2. Outdoor-pool
Yaitu kolam renang yang berlokasi di luar halaman pemukiman 
penduduk. Kolam renang semacam ini biasanya diperuntukkan bagi umum

Kolam renang dapat dibedakan menjadi beberapa tipe menurut pemakaian,  letak, dan cara pengisian airnya (Rozanto, 2015). Berdasarkan pemakaiannya, kolam  renang dapat dibagi menjadi 3 yaitu: 

1. Kolam renang perorangan (private swimming pool) 
adalah kolam renang milik  pribadi yang terletak di rumah perseorangan. 

2. Kolam renang semi umum (semi public swimming pool) 
adalah kolam renang yang  biasanya terdapat di hotel, sekolah, atau perumahan sehingga tidak semua orang  dapat menggunakannya. 

3. Kolam renang umum (public swimming pool) 

Dibawah ini merupakan gambar kerja atau gambar rencana kolam renang dalam bentuk format file AutoCad (DWG). File tesebut bisa dijadikan sebagai bahan referensi dan pembelajaran bagi mahasiswa teknik sipil maupun bagi para Engineer. Gambar kerja kolam renang dibawah ini meliputi :
Kami memiliki sebuah grup telegram dimana anggota grup tersebut terdiri dari para engineer sipil yang berpengalaman. Grup tersebut membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia teknik sipil. selain itu disana juga berbagi infoemasi lowongan pekerjaan bagi engineer sipil. Jika ingin bergabung bersama kami silahkan klik DISINI

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar