--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Tower BTS File Autocad (DWG)

PENGERTIAN 
Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Piranti komunikasi penerima sinyal BTS bisa telepon, telepon seluler, jaringan nirkabel sementara operator jaringan yaitu GSM, CDMA, atau platform TDMA BTS mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat mobile dan mengkonversi sinyal-sinyal tersebut menjadi sinyal digital untuk selanjutnya dikirim ke terminal lainnya untuk proses sirkulasi pesan atau data.Nama lain dari BTS adalah Base Station (BS), Radio Base Station (RBS), atau node B (eNB).Hingga saat ini masyarakat belum bisa membedakan antara perangkat BTS dan menara BTS padahal menara BTS bukanlah BTS itu sendiri.

FUNGSI
Tower telekomunikasi atau BTS (Base Transceiver Stasiun) berfungsi media untuk menjembatani semua perangkat komunikasi yang digunakan pengguna dengan jaringan yang menuju ke segala arah. Berdasarkan Lokasinya Tower BTS terbagi menjadi dua Jenis  yaitu :

  • Rooftop          : Tower yang berdiri di atas sebuah gedung.
  • Greenfield      : Tower yang berdiri langsung di atas tanah.

Sedangkan Jenis dari Tower BTS di bagi menjadi 3 yaitu :

1. Tower 4 kaki (Rectangular Tower)
Tower jenis ini memiliki ciri ciri berbentuk segi empat dengan empat kaki. Selain itu, tower jenis ini memiliki kekuatan tiang pancang yang sudah di pertimbangkan kontruksinya agar kuat terhadap segala medan beban yang ada, baik itu beban sendiri, beban gempa dan angin. Kelebihan dari tower jenis ini antara lain:

  • Kuat terhadap tekanan angin dan keadaan geografis dari area dimana tower tersebut didirikan.
  • Profit yang menjanjikan.
  • Dapat menampung banyak perangkat Radio.

Kekurangan dari tower jenis ini adalah biaya pembangunannya yang bisa mencapai lebih 500 juta.

2. Triangle Tower
Tower jenis ini meiliki ciri ciri berbentuk segitiga dengan tiga kaki. Tower ini memiliki beberapa fungsi. Selain bisa di gunakan untuk sebagai tempat untuk meletakkan alat pendukung jaringan internet juga bisa di gunakan untuk antenna radio.
Ketinggian yang direkomendasikan adalah 60 meter, ketinggian rata rata adalah 40 meter.

Tower jenis ini disusun atas beberapa stage (potongan), 1 stage ada yang 4 meter namun ada pula yang 5 meter. Makin pendek stage makin tinggi pula biaya pembuatannya karena setiap stage membutuhkan tiang pancang/spanner. Jarak masing masing spanner minimal 8 meter.

3. Pole Tower
Tower jenis ini berupa tiang pancang dengan satu kaki. Tower ini menjadi 2 macam, Pertama, Tower yang terbuat dari pipa atau plat baja tanpa spanner diameter antara 40 cm s/d 50 cm,tinggi mencapai 42 meter atau yang biasa disebut monopole.

Tower jenis kedua lebih cenderung untuk dipakai secara personal. tower pipa ini disarankan tidak melebihi 20 meter (lebih dari itu melengkung),meskipun mampu menerima sinyal koneksi namun tower jenis ini tidak direkomendasikan untuk menerima sinyal informatika (internet dan intranet) yang stabil.


Dibawah ini merupakan gambar kerja dari Tower BTS dalam file berformat format Autocad (DWG), jadi teman-teman bisa mengeditnya. File tersebut bisa dijadikan sebagai referensi dan bahan pembelajaran bagi teman-teman teknik sipil. Teman-teman bisa mendapatkan file tersebut secara gratis. Dan untuk mendapatkannya tinggal Klik tombol download yang tersedia dibawah.

Gambar Kerja Tower BTS file Autocad (DWG) :


Mari bergabung bersama kami di Grup Telegram Teknik Sipil Seluruh Indonesia. Klik Link DISINI untuk bergabung.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar