--> Skip to main content

Cara Mudah Menghitung Volume Dinding Penahan Tanah



PENGERTIAN DINDING PENAHAN TANAH 
Dinding  penahan  tanah  adalah  suatu  konstruksi  yang  berfungsi  untuk menahan tanah lepas atau alami dan mencegah keruntuhan tanah yang miring atau lereng yang kemantapannya tidak dapat dijamin oleh lereng tanah itu sendiri. Tanah yang tertahan memberikan dorongan secara aktif pada struktur dinding sehingga struktur cenderung akan terguling atau akan tergeser.  

FUNGSI DINDING PENAHAN TANAH
Fungsi Dinding Penahan Tanah Dinding penahan tanah berfungsi untuk menyokong tanah serta mencegahnya dari bahaya kelongsoran. Baik akibat beban air hujan, berat tanah itu sendiri maupun akibat beban yang bekerja di atasnya.

MENGHITUNG VOLUME DINDING PENAHAN TANAH
Volume perlu diketahui untuk menentukan berapa kapasitas dan jumlah material yang akan digunakan serta menentukan harga satuan dalam rencana anggaran biaya (RAB). Menghitung volume dinding penahan tanah sangatlah mudah. seperti biasanya kita perlu mengetahui rumus dasar dari suatu bentung bangunan. 

CONTOH 1
Pada kali ini saya akan memberikan contoh menghitung dinding penahan tanah yang terdiri dari plat A dan B seperti gambar dibawah ini :


Pada gambar diatas terlihat dinding penahan tanah yang terdiri dari plat dasar dan plat batang. untuk mengetahui volume keseluruhan kita harus menghitung masing-masing volume plat yang ada. 

Menghitung Volume Plat Dasar
Berdasarkan contoh pada gambar diatas bentuk plat dasar berbentuk persegi panjang dengan ketebalan 200mm. Maka perhitungannya adalaha sebagai berikut :

Volume plat dasar :  l x b x h 
10x3x0,2 = 6 m³

Menghitung Volume Batang
Bentuk dari plat batang adalah travesium, oleh karena itu kita menggunakan rumus travesium. Perhitungannya adalah sebagai berikut :

Volume Batang : [{(a + b)/2} x h] x l
[{(0,2 + 0,5)/2} x 3] x 10 = 10,5 m³

Maka volume keseluruhan adalah 6 + 10,5 = 16,5 m³
CONTOH 2
Pada contoh yang kedua ini terdapat beberapa plat seperti plat A, B, C seperti pada gambar dibawah ini :


Rumus yang digunakan adalah Volume dinding penahan = Volume pelat dasar + Volume batang + Volume tandingan. Perhitungannya adalah sebagai berikut :

Volume plat A = l x b x h = 12 x 2.5 x 0.2 = 6  m³
Volume plat B = [{(a + b)/2} x h] x l = [{(0.2 + 0.3)/2} x 3] x 12 = 9 m³
Volume plat C = [{(a + b) / 2} x h] x l = [{(0,5 + 2) / 2} x 3] x 0,2 = 0,75 m³
Volume plat C = 0.75 x 2 = 1.5 m³

Sehingga didaptkan total volume dinding penahan = 6 + 9 + 1,5 = 16,5 m³.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar