--> Skip to main content

Download Gambar Detail Kuda kuda baja ringan dan kuda-kuda kayu file Autocad (dwg)

Rangka atap merupakan struktur bangunan yang posisinya berada di atas bangunan yang berdiri . rangka memiliki beberapa struktur diantara nya adalah kuda - kuda. Rangka atap ini berdiri tepat di atas ring balk yang memungkinkan penyaluran tekanan langsung ke struktur bangunan lain yang berada di bawahnya. fungsi utama dari rangka atap adalah untuk menahan beban diatasnya berupa beban mati seperti genteng dan air hujan termasuk beban dari rangka itu sendiri yang kemudian  beban tersebut disalurkan kebawah tanah melalui struktur yang ada. Salah satu bagian dari rangka atap adalah kuda-kuda.

Kuda – kuda merupakan elemen struktur sebagai penopang yang disusun membentuk segitiga. Berada pada bagian bawah rangka, element ini berfungsi menyangga rangka atap diatasnya. Bagian paling atas dari kuda – kuda (pucuk) disangkutkan pada balok, sementara kedua kakinya dihubungkan dengan menempel dengan kolom struktur untuk mengalirkan beban ke tanah.

Bahan kuda-kuda :

1. Kayu
Konstruksi rangka atap kayu merupakan paling awal digunakan dan merupakan yang paling populer. Pilihlah kayu yang berkualitas baik, yaitu kayu yang berkualitas 1 dan 2, seperti ulin, meranti, damar laut, jati, dan sawo, agar kekuatan dan keawetannya terjamin. Jenis – jenis kayu tersebut dapat menahan beban dengan baik, juga tahan lama. Sayangnya, kayu berkualitas baik seperti itu semakin lama semakin sulit ditemukan. 

2. Baja Ringan
Pada umumnya, masyarakat menggunakan kayu sebagai material penyusunrangka kuda-kuda. Seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia,kebutuhan kayu sebagai material konstruksi juga ikut meningkat. Namundemikian, peningkatan tersebut tidak disertai dengan ketersediaan kayu dengandimensi dan kualitas yang sesuai. Hal ini mendorong masyarakat untuk mencarialternatif material lain selain kayu. Saat ini, masyarakat mulai menggunakan rangka kuda-kuda dengan baja ringan sebagai salah satu alternatif material pengganti kayu.

Baja ringan dipilih karena mudah didapat dan relatif ringan sehingga dapat mengurangi beban dari atap. Baja ringan juga lebih mudah dalam pemasangannya dibandingkan dengan kayu. Namun, baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan antara lain baja ringan tidak dapat dipotong dan dibentuk se-fleksibelkayu. Selain itu, baja ringan memiliki ketebalan penampang yang tipis sehingga membuat baja ringan mudah mengalami tekuk atau buckling. Untuk mengatasi buckling tersebut, gaya aksial tekan diperkecil dengan cara membuat jarak antar kuda-kuda lebih rapat. Penampang yang tipis juga membuat sambungan pada baja
ringan rawan sobek. 

Dibawah ini saya share gambar detail kuda-kuda kayu dan kuda-kuda baja ringan dlam format autocad (dwg) yang bisa di edit sesuai selera. File tersebut bisa dijadikan referensi dan bahan pembelajaran. rekan-rekan bisa mendapatkannya secara gratis dengan klik download yang ada dibawah. Jika di mintai password silahkan masukkan www.taktiktekno.com 

1. Detail Kuda-kuda Kayu [DOWNLOAD]
2. Detail Kuda-kuda Baja Ringan [DOWNLOAD]
3. Rencana Atap Baja Ringan [DOWNLOAD]
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar