--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Detail Penangkal Petir Format File Autocad (DWG)


Hallo Engineers, Pada artikel kali ini saya akan membagikan gambar kerja detail penangkal petir dalam bentuk format file AutoCad (DWG). File tersebut semoga bisa bermanfaat bagi para Engineers atau siapapun yang membutuhkannya sebagai referensi dan pembelajaran. Namun sebelumnya mari simak penjelasan dibawah ini yang bertujuan sebagai tambahan pengetahuan bagi kita semua.

PENGERTIAN PETIR

      Petir merupakan suatu fenomena alam yang sering muncul pada musim penghujan.  Petir terjadi karena ada perbedaan potensial yang besar antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya sehingga terjadi buangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan melalui media udara. Petir biasanya diiringi dengan suara guntur yang menggelar. Suara tersebut muncul pada saat  elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara. 

      Petir sering muncul pada musim penghujan karena udara yang ada memiliki kadar air yang tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

BAHAYA PETIR TERHADAP BANGUNAN

      Bagi manusia tentu saja petir sangat berbahaya meskipun ada pula yang selamat saat tersambar petir, namun sebagian besar yang dijumpai manusia meninggal saat tersambar petir karena arus yang ditolerir oleh manusia hanya 20 ampere sedangkan arus pada petir mencapai 26.000 ampere.

      Selain berbahaya bagi manusia petir juga berpotensi berbahaya bagi bangunan.  Kebakaran dan kerusakan bangunan, instalasi dan peralatan elektroniknya bisa terjadi jika bangunan terkena sambaran petir. Jika terjadi demikian bisa merambat pula bahayanya pada aktivitas manusia.

PENANGKAL PETIR

      Penangkal petir merupakan rangkaian jalur yang difungsikan sebagai media untuk mengalirkan petir menuju ke permukaan bumi dengan agar petir tidak merusak benda-benda yang dilewatinya. 

Ada 3 bagian utama pada penangkal petir, yaitu :

a. Batang penangkal petir
b. Kawat konduktor
c. Tempat pembumian

Ada 2 Jenis Penangkal Petir, yaotu :

1. Penangkal Petir Aktif
Penangkal petir aktif adalah penangkal petir yang bagian penerimanya (splitzer) dilengkapi dengan piranti yang mampu menghasilkan muatan-muatan ion elektrostatik sehingga loncatan listrik petir dapat diarahkan langsung ke splitzer.

2, Penangkal Petir Pasif
Penangkal petir pasif biasanya disebut penangkal petir Faraday atau Franklin, hanya memasang penerima sambaran petir dan peralatan kabel penyalur arus listrik dari petir ke ground/tanah. Pada model Faraday, kabel-kabel penyalur juga ditempatkan di sisi luar bangunan yang dapat berfungsi pula sebagai penerima loncatan petir. Sedangkan, 

DOWNLOAD GAMBAR DETAIL PENANGKAL PETIR FORMAT AUTOCAD (DWG)

Rekan-rekan bisa mendapatkan file tersebut secara gratis dengan cara klik download dibawah. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share dimedia sosial rekan-rekan agar orang lain tahu apa yang kita tahu. 

Gambar Kerja Detail Penangkal Petir [DOWNLOAD]

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar