--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Detail Dapur dan Pantry Format File Autocad (DWG)


 Pengertian Dapur 

(Iskandar, Mahdi. 2010. Teori Pengolahan Makanan). Dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk  mengolah makanan hingga siap untuk disajikan. 

Fungsi dan peranan dapur 
a. Mengelola makanan yaitu memulai memproses bahan makanan hingga siap 
disajikan. 
b. Melahirkan kreatifitas seni dalam menampilkan makanan, sehingga menjadi lebih 
menarik. 
c. Sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan budaya bangsa melalui seni 
culinare. 

Klasifikasi Dapur 
1. Dapur biasa (conventional kitchen) 

Pada umum nya terdapat diperusahaan jasa pelayanan makanan dan minuman dalam ukuran kecil, fungsi dan ruang lingkup dapur ini hanya menyiapkan menu tetap dan menu banquet dalam jumlah kecil yang mempunyai suatu standard menu dan porsi yang sifatnya fleksible. Sedangkan untuk pembagian ruangannya,bagian persiapan maupun bagian penyelesaian dijadikan satu tempat diruangan yang sama. Semua makanan panas disajikan pada satu tempat yang disebut dengan counter. 

2. Dapur kombinasi antara persiapan dengan penyelesaian (combined preparation and finishing kitchen) 
Dapur ini dipersiapkan untuk jasa pelayanan dalam ukuran dapur menengah. Keuntungannya adalah juru masak dapat di pekerjakan pada kedua kedua bagian dapur. Pada prinsipnya bagian dapur merupakan bagian persiapan dan penyelesaian dipisahkan dalam dua blok dan setiap blok harus menyesuaikan dengan macam macam menu jenis makanan seperti makanan panas, dingin, kue-kue dan roti. 

3. Dapur khusus untuk makanan jadi (convenience food kitchen)  
Sistem ini khusus untuk perusahaan jasa pelayanan makanan jadi, yang tidak memerlukan ruangan khusus untuk persiapan dan pembelian bahan makanan, hanyalah makanan-makanan yang sudah jadi. Pengaturan dapur seperti ini memerlukan dry store untuk tempat penyimpanan dan ruangan persiapan untuk peralatan seperti microwave, oven, alat penggorengan. Sedangkan untuk makanan dingin hanya memerlukan ruangan untuk tempat penyimpanan makanan yang sudah disipakan sebelumnya. 

4. Dapur yang dipisahkan antara bagian persiapan dan bagian penyelesaian (separated preparation and finishing kitchen) / main kitchen 
Sistem ini sangat cocok untuk restoran besar. Baik macam-macam menu maupun jenis makanannya dapat bervariasi dan dapat disajikan dalam jumlah yang besar namun standard menu dan porsi akan sangat diperlukan. Pembagian dapur tersebut terdiri dari, larder, vegetables, saucier, patisserie. 

Download Gambar Kerja Detail Dapur dan Pantry Format File Autocad (DWG)
Hallo Enginners, kali ini saya akan membagikan gambar kerja detail dapur dan pantry format autocad (dwg). File tersebut bisa dijadikan sebagai referensi dan bahan pembelajaran bagi siapapun yang membutuhkannya. Rekan-rekan semua bisa mendapatkan file nya secara gratis dengan cara download dibawah. Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan share ya.
1. Dapur [DOWNLOAD]
2. Detail Dapur [DOWNLOAD]
3. Detail Pantry [DOWNLOAD]
4. Kitchen Set [DOWNLOAD]

password : www.taktiktekno.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar