--> Skip to main content

Contoh Soal dan Jawaban Beban Merata dan Terpusat - Analisis Struktur

Hallo Sahabat.. kali ini saya akan membagikan sebuah soal dan jawaban dari salah satu materi analisis struktur yaitu beban merata dan terpusat. Bagi kalian yang terkonsentrasi dalam jurusan teknik sipil tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya beban merata dan terpusat.

1. Beban merata (Uniformly Distributed Load)
adalah pembebanan yang bekerja di atas daerah tertentu dan dapat mempunyai bentuk yang bervariasi (persegi panjang, segitiga, parabola).   Pembebanan ini dinotasikan degan q (kN/m).  Besar gaya beban merata dihitung dengan cara mencari luasan beban merata yang bekerja pada titik berat jenis beban merata.

2. Beban Terpusat (Point Load):
Beban terpusat adalah pembebanan paling sederhana.  Pembebanan ini hanya bekerja pada satu titik pegang dengan arah dan besaran tertentu.

Dibawah ini adalah contoh soal dan penyelesaian dari beban maerata dan terpusat 

Contoh soal 1


Contoh soal 2

Contoh soal 3

Contoh soal 4


Contoh Soal 5


Contoh Soal 5


Diatas adalah beberapa contoh dari soal dan penyelesaian mengenai beban merata dan terpusat. Semoga sahabat dapat memahami penjelasan diatas. Semoga menjadi bahan pembelajaran dan bermanfaat. Jika menurut sahabat bermanfaat silahkan share artikel ini di media sosial sahabat ya.. sekian dan terima ksih.

FOLLOW US WITH SOCIAL MEDIA

Facebook
- Komunitas Autocad Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
- Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Fanspage 
Laman Teknik Sipil (KLIK DISINI UNTUK IKUTI)
Telegram
Komunitas Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Whatsapp
Komunitas Teknik Sipil Indonesia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar