--> Skip to main content

Mata Kuliah Geologi Rekayasa, Modul, Contoh soal dan Jawaban - Teknik Sipil


Pengertian Geologi Rekayasa

Geologi rekayasa atau Geologi Teknik adalah penerapan ilmu geologi dalam praktik rekayasa untuk tujuan menjamin faktor-faktor geologi yang memengaruhi lokasi, disain, konstruksi, operasi dan perawatan pekerjaan rekayasa telah dikenali dan diperhitungkan dengan matang. Penelitian geologi rekayasa dapat dilakukan pada waktu perencanaan, analisis dampak lingkungan, disain rekayasa sipil, rekayasa optimasi dan tahapan konstruksi proyek umum dan swasta, serta pada tahap setelah konstruksi dan penyelidikan proyek. Penelitian geologi rekayasa dilakukan oleh seorang ahli geologi atau ahli geologi rekayasa terdidik, tenaga profesional yang terlatih dan memiliki kemampuan untuk mengenali dan menganalisis bahaya geologi serta kondisi geologi yang merugikan. Keseluruhan tujuan tersebut adalah untuk melindungi jiwa dan harta benda dari kerusakan serta solusi untuk masalah-masalah geologi. (Wikipedia)

Tujuan Geologi Rekayasa

Tujuan geologi rekayasa adalah untuk mengidentifikasi berbagai jenis kondisi geologi rekayasa daerah lokasi lapangan dan berbagai masalah geologi yang berkaitan dengan evaluasi yang komprehensif, analisis, peramalan peran dalam rekayasa dan konstruksi, kondisi geologi dan kemungkinan perubahan peran memilih tempat terbaik, dan mengusulkan solusi untuk masalah tindakan rekayasa geologi yang merugikan, dalam rangka untuk memastikan penggunaan desain rekayasa rasional, konstruksi dan normal untuk memberikan bukti ilmiah halus dan dapat diandalkan.

Pengetahuan dasar sebagai pendukung dalam mempelajari Geologi Rekayasa adalah Fisika, Kimia, Biologi, Matematika. Keempat komponen tersebut dijadikan sebagai komponen input. Sedangkan Komponen Geologi Dasar dan Geologi Teknik dan Lingkungan merupakan komponen penguat terhadap Geologi Rekayasa sebagai komponen output.

Sesuatu kegiatan dalam perencanaan dan pelaksanaan konstruksi sipil memerlukan dukunganatau geologi agar menghasilkan suatu konstruksi yang kuat, nyaman, awet, dan aman. JUDD (1957) mendefinisikan sebagai aplikasi pendidikan dan pengalaman ilmu kebumian (geologi) guna menyelesaikan problema kebumian seperti fondasi, stabilitas, bencana alam, dan lain - lain oleh ahli sipil. Dengan demikian cakupan disiplin geologi teknik/rekayasa yaitu mempelajari tentang :
  1. Permukaan bumi seperti terain (bentang alam), topogtafi, kelerengan, tata air permukaan, sebaran laterallitologi (batuan dan tanah) sebaran lateran struktur geologi patahan, lipatan dan lain-lain.
  2. Mempelajari karakteristik lempeng bumi bumi meliputi stratigafi, struktur geologi tegak seperti lipatan, patahahn atau retakan batuan serta gambaran kondirifisik batuan.
  3. Paparan dinamika tanah kebumian meliputi keadaan geofisika kebumian terkait masalah gempa dan sseismitasi. Termasuk bencana dari dalam bumi dan meterologis(hujan,angin)
  4. Paparan terinci sebaran dan sifat teknis fisik masing-masing jenis batuan termasuk pelapukan baik sebagai pendukung fondasi maupun sebagai matrial bahan bangunan.
Materi Atau Topik Yang Dibahas Dalam Geologi Rekayasa, yaitu :
  1. Pengertian geologi dan geologi teknik
  2. Susunan bumi
  3. Batuan dan mineral
  4. Batuan beku dan endapan
  5. Batuan vulkanik, ubahan dan umur batuan
  6. Struktur geologi
  7. Bentang alam
  8. Erosi dan metode pengukurannya
  9. Gerakan tanah/longsor
  10. Penanggulangan erosi dan longsor
  11. Penyelidikan geologi
Tujuan Mempelajari Geologi Rekayasa
1. Tujuan Umum

Mahasiswa mengetahui tentang pengertian Geologi Rekayasa dan mampu bekerja sama dengan tenaga Ahli Geologi Rekayasa dalam memanfaatkan suatu lahan terhadap pekerjaan-pekerjaan konstruksi
.
2. Tujuan Khusus

  1. Mahasiswa dapat mengetahui tingkat kelayakan pemanfaatan suatu lahan / wilayah untuk pembangunan/konstruksi, berdasarkan prinsip-prinsip geologi.
  2. Mahasiswa dapat mengetahui prinsip-prinsip dasar secara geologi penetapan kelayakan pemanfaatan suatu lahan / wilayah untuk pembangunan/konstruksi.
  3. Mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan Geologi Rekayasa dalam pemanfaatan lahan untuk pekerjaan konstruksi. (Geoteknik.blospot.com)
MATERI KULIAH GEOLOGI REKAYASA

Dibawah ini terdapat beberapa dokumen maupun modul mata kuliah Geologi Rekayasa. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan mendownloadnya.
FOLLOW US WITH SOCIAL MEDIA

Facebook
- Komunitas Autocad Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
- Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Fanspage 
Laman Teknik Sipil (KLIK DISINI UNTUK IKUTI)
Telegram
Komunitas Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Whatsapp
Komunitas Teknik Sipil Indonesia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar