--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Detail Kuda kuda Baja Ringan Format Autocad (DWG)



taktiktekno.com - Salah satu komponen penting dalam struktur adalah kuda-kuda. Konstruksi kuda-kuda merupakan suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung menahan beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss). Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang.

Yang dimaksud dengan kuda-kuda adalah bagian dari struktur bangunan yang berfungsi untuk menopang rangka atap. Kuda-kuda dari jenis bahan yang digunakan ada beberapa macam antara lain:

Kuda-kuda dari bahan Kayu
Kuda-kuda dari bahan Beton
Kuda-kuda dari bahan Pasangan Bata
Kuda-kuda Baja
Baja Konvensional IWF,Canal,Siku
Baja Ringan

Kuda-kuda Baja Ringan
Sebagai mana dijelaskan diatas bahwa untuk membuat kuda-kuda terdapat berbagai macam material. Baja ringan merupakan bahan yang banyak digunakan untuk kuda-kuda serta rangka atap dibandingkan dengan kayu. Alasannya karena baja ringan memiliki kelebihan sebagai berikut :

Kelebihan Baja Ringan 

1. Memiliki kuat tarik yang tinggi
Salah satu keunggulan dari baja adalah yaitu dapat menahan gaya tarik. Termasuk baja ringan, material ini memiliki kuat tarik yang tinggi. Selain itu memiliki beban yang ringan.

2. Memiliki ductilitas yang baik
Sifat liat adalah kemampuan sebuah material untuk menyerap energi dalam jumlah yang cukup besar. Baja sanggup menahan deformasi yang besar tanpa menyebabkan keruntuhan pada beban tarik. Baja mampu menahan beban deformasi baik selama proses fabrikasi, transportasi, maupun konstruksi tanpa menyebabkan kehancuran. Baja ringan mampu menerima beban kejut, geser  tanpa merubah bentuk struktur karena sifatnya yang fleksibel. Berbeda dengan material baja konvensional dan kayu, saat diberi beban kejut bisa mengalami kerusakan karena sifatnya yang getas dan padat.

3. Memiliki sifat yang seragam
Baja ringan memiliki kualitas dan mutu yang sama dalam setiap produksinya

4. Tidak terkena rayap
Baja ringan lebih unggul daripada kayu. Perawatannyapun tidak perlu tertalalu intens

5. Tahan lama
6. Tahan karat
Komposisi dari baja ringan adalah 1,70% Carbon, 1,65% Manganese, 0,60% Silicon, 0,60% Copper. Unsur kimia tersebut merupakan bahan utama pembuatan dari baja ringan. Untuk membuat baja ringan tahan terhadap karat maka dilapisi dengan lapisan pelindung (Coating). Beberapa jenis coating yang beredar dipasaran adalah Galvanize, Galvalume, Zincalume, Magnesium dan alumunium.

7. Pemasangan yang relative cepat
Dalam proses pemasangan tidak begitu menyulitkan karena proses penyambungan menggunakan baut, keling atau las.]

Kekurangan abaj ringan 

1. Tidak memiliki nilai estetika
Baja ringan memiliki peran utama dalam keamanan struktur atap akan tetapi kurang baik dalam halm estetika. Oleh karena itu kebanyakan baja ringan tidak di ekspos dan menutupinya dengan plafond.

2. Harga yang mahal
Karena banyak penggunanya baja ringan memiliki harga yang cukup tinggi. Namun kemampuan yang dimilikinya tidak diragukan. Jadi mahalnya baja ringan tersebut menjadi wajar.

3. Perlu perhitungan yang teiliti
Dalam perhitungan struktur tentu saja ketelitian sangat harus diperhatikan. Termasuk perhitungan baja ringan ini dalam hal pembuatan kuda kuda, 

Dowwnload Gambar Kerja Detail Kuda-kuda Baja Ringan Format Autocad

Berikut ini saya bagikan contoh gambar detail kuda-kuda dengan material baja ringan dalam bentuk format Autocad (DWG). File tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran maupun referensi bagi yang membutuhkan. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan menekan tombol download dibawah.

password : www.taktiktekno.com

Baca Juga :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar