--> Skip to main content

6 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Saat Jual Beli Tanah


taktiktekno.com - Salah satu kebutuhan manusia untuk menunjang kebutuhannya adalah tanah. Secara teori tanah adalah suatu hasil dari proses pelapukan batuan dan sisa bahan organik.Tanah juga memiliki bagian-bagian tertentu misalnya tanah humus, debu, pasir, butiran liat dan masih banyak bagian dari tanah.

Definisi tanah yang dimaksud disini tidak terpaku kepada teori. Dalam bahasa sehari-hari orang-orang mengartikan tanah sebagai lahan yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari seperti membuat rumah, bertani dan sebagainya. 

Jual beli tanah adalah hal yang biasa kita jumpai sehari-hari dengan tujuan yang beragam. Ada yang dimanfaatkan untuk mendirikan rumah, lahan bercocok tanam ataupun sebagai investasi untuk masa depan karena sebagaimana kita tahu bahwa semakin kesini harga tanah menjadi semakin mahal. Akan tetapi Anda harus memperhatikan hal-hal penting ketika akan membeli tanah, yaitu :

1.Kelengkapan surat-surat 
Istilah "Sertifikat Tanah" dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai tanda bukti pemegang hak atas tanah dan berlaku sebagai alat pembuktian yang kuat. Dengan penerbitan sertifikat hak atas tanah bahwa telah menerangkan bahwa seseorang itu mempunyai hak atas suatu bidang tanah, ataupun tanah seseorang itu dalam kekuasaan tanggungan seperti sertifikat hipotek atau kreditvervannd yang berarti tanah itu terikat dengan hipotek atau kreditverband.
 
2. Akses jalan 
Hal yang tak kalah penting adalah akses jalan yang dapat dengan mudah dilalui oleh orang, tidak terdapat rintangan yang menyulitkan, atau dapat dilalui oleh kendaraan. 
 
3. Lingkungan sekitar 
Walaupun terlihat sepele namun hal ini tidak boleh luput dari perhatian kita sebagai calon pembeli tanah. Kondisi lingkungan sekitar tanah dapat mempengaruhi minat pembeli. Tanah yang berada dilingkungan dekat dengan peternakan tidak menutup kemungkinan akan terjangkau oleh bau kotoran, sedangkan jika dekat dengan pabrik bisa terganggu oleh kebisingan. Perhatikanlah hal demikian saat hendak membeli tanah.
 
4. Fasilitas umum 
Selain jalan seperti poin 2, tanah Anda dapat berharga lebih mahal jika dekat dengan fasilitas umum 
penting seperti : dilewati angkutan umum, warung kelongtong, pasar, rumah sakit, sekolah tempat 
olahraga dan sebagainya.
 
5. Kualitas air tanah 
Kualitas air tanah menjadi point plus yang harus diperhatikan. karena jika diatas tanah tersebut akan didirikan tempat tinggal maka air tanah akan sangat dibutuhkan. Selain itu, harus terpikirkan bagaimana untuk mengatur penyaluran demi kelancaran pembuangan air kotor.
 
6. Keamanan dan kenyamanan
Keamanan dan kenyaman yang diharapkan baik dari tingkat kriminalitas maupun dari bahaya alam. Perhatikan lokasi tanah tersebut apakah berada didaerah berbahaya seperti daerah lereng atau dekat dengan jurang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar