--> Skip to main content

Download Gambar Desain Bandara Format Autocad (DWG)



Hallo Sahabat, Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja.
Pada kesempatan kali ini kembali saya akan berbagi sebuah file yaitu gambar desain bandara format Autocad (DWG). File tersebut bisa bermanfaat untuk menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi kalian yang membutuhkannya. File tersebut bisa kalian dapatkan secara gratis dengan mendownloadnya pada link yang ada dibawah postingan ini. 

Pengertian Bandar Udara (Bandara)

Bandar Udara adalah kawasan di daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas, naik turun penumpang, bongkar muat barang, dan tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi, yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas pokok dan  fasilitas penunjang lainnya (Direktorat Jendral Perhubungan Udara)

Fungsi Bandar Udara

1. Mempercepat arus lalu lintas penumpang, kargo dan servis melalui transportasi udara di setiap pelosok Indonesia.
2. Mempercepat wahana ekonomi, memperkuat persatuan nasional dalam rangka menetapkan wawasan nusantara.
3. Mengembangakan transportasi yang terintegrasi dengan sector lainnya serta memperhatikan kesinambungan secara ekonomis. 

Bagian-bagian Bandar Udara

Bagian-bagian bandara dapat dibedakan menjadi Air Side dan Land Side.

1. Air Side (Sisi Udara), merupakan bagian dari bandara yang didalamnya terdapat aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan take off (lepas landas) maupun landing (pendaratan) pesawat. Bagian dari Air Side adalah sebagai berikut :

a. Runway
Runway atau landasan pacu adalah area lintasan dengan struktur perkerasan aspal yang digunakan pesawat untuk melakukan lepas landas dan pendaratan.
b. Apron
adalah area yang digunakan untuk memuat dan menurunkan penumpang maupun barang. Selain itu apron digunakan sebagai tempat parkir pesawat, kegiatan pemeliharaan pesawat dan mengisi bahan bakar.
c. Taxywa
adalah area yang menghubungkan apron dan runway, berfungsi sebagai area tempat berpindahnya pesawat dari runway ke apron atau sebaliknya.

2. Land Side (Sisi Darat), adalah suatu wilayah di sebuah bandara yang merupakan sisi luar bangunan terminal yang terbatas untuk umum (Restricted Publik Area). Bagian-bagian dari Land Side adalah sebagai berikut :
a. Terminal
Terminal bandara adalah tempat bagi penumpang melakukan segala pengurusan administrasi, pemeriksaan, menunggu jadwal keberangkatan. Selain itu, terminal bandara terdapat fasilitas publik seperti ruang tunggu, retoran serta berbagai toko.
b. Crub
Adalah area untuk penumpang saat naik turun kendaraan untuk menuju atau meninggalkan bandara.
c. Tempat Parkir Kendaraan
Tempat untuk parkir kendaraan penumpang bandara.

Downoad Gambar Desain Bandara Format Autocad (DWG)
Gambar ini terdiri dari tampilan tampak atas bandara, gambar runway dan pesawat. Untuk mendownloadnya silahkan klik link yang ada dibawah.

Bandara 1
Size : 501 kb

Bandara 2
Size : 45 kb

Bandara 3
Size : 47 kb

Bandara 4
Size : 39 kb

Bandara 5
Size : 50 kb

Runway dan taxiway
Size : 62 kb

Tampak samping pesawat
Size : 31 kb

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar