--> Skip to main content

Download Gambar Detail Struktur Penulangan Tempat Tinggal




Hallo Sobat teknik, apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja yaa...
Pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagi sebuah file yaitu gambar detail penulangan struktur pada rumah tinggal. Seperti biasa, file tersebut berformat Autocad (dwg) yang bisa kalian jadikan sebagai bahan pembelajaran maupun referensi. Selain itu file gambar tersebut bisa kalian edit. File tersebut bisa kalian dapatkan secara gratis dengan menekan tombol download dibawah postingan. Namun sebelumnya alangkah baiknya kita menyimak terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penulangan.

Pengertian Beton

Beton merupakan salah satu elemen struktur yang paling banyak digunakan dalam berbagai pembangunan konstruksi seperti gedung, jalan, jembatan dan sebagainya karena memiliki sifat kuat tekan sehingga mampu menahan beban yang sifatnya menekan.

Pada dasarnya kuat tekan beton tergantung pada 3 hal, yaitu :

1. Kekuatan pasta (semen dan air)
2. Daya rekat antara pasta dengan butir agregat
3. Kuat tekan agregat

Akan tetapi, meskipun beton memiliki kelebihan dalam menahan gaya tekan, beton memiliki kelemahan yaitu lemah terhadap gaya tarik. 
Beton akan mengalami retak pada daerah tarik karena hak demikian merupakan kelemahan dari beton. Maka diperlukan perkuatan pada daerah tarik berupa baja yang dikenal memiliki kemampuan tahan terhadap gaya tarik. 
Karena beton sangat lemah dalam menerima gaya tarik, maka beton tersebut tidak mampu menerima gaya tarik sehingga mengakibatkan terjadinya retak-retak yang lama-lama bisa mengakibatkan elemen beton akan pecah.

Fungsi Penulangan Pada Beton

Untuk menjaga retak lebih lanjut serta pecahnya balok tersebut, diperlukan pemasangan tulangan-tulangan baja pada daerah yang tertarik dan daerah dimana beton akan mengalami retak-retak. Alasan menggunakan tulangan baja ialah karena baja sangat baik dan mampu menerima gaya tarik.

Download Gambar Detail Struktur Penulangan Tempat Tinggal
Gambar yang saya bagikan merupakan gambar kerja detail struktur penulangan untuk komponen tempat tinggal, yaitu :

1. Penulangan plat lantai
2. Penulangan Sloof
3. Penulangan ring balok, atap dan tangga
4. Penulangan balok baja
5. Penulangan poer beton, kolom scedule, sloof pagar dinding beton.

Struktur penulangan tempat tinggal
Size : 1 mb
password : www.taktiktekno.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar