--> Skip to main content

Download Excel Perhitungan Struktur Tangga




Hallo Sahabat, apa kabar? semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. 

Pada postingan kali ini seperti biasa saya akan share sebuah file dengan harapan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. File tersebut yaitu perhitungan struktur tangga dalam bentuk Excel. semoga file tersebut bisa menjadi referensi atau contoh serta menjadi bahan pembelajaran bagi pelajar atau mahasiswa teknik sipil atau arsitek yang sedang belajar mendalami perhitungan struktur khusunya dalam struktur tangga.

Di dalam suatu bangunan, tangga merupakan struktur yang merupakan komponen terpenting dalam penggunaannya. Suatu gedung bertingkat tidak akan dapat digunakan secara optimal, apabila tidak ada struktur tangga didalamnya. Tangga adalah sebuah konstruksi yang dirancang untuk menghubungi dua tingkat vertikal yang memiliki jarak satu sama lain.

Dengan kemajuan teknologi yang pesat melahirkan kemudahan dalam memecahkan suatu masalah, salah satunya adalah perhitungan struktur bangunan yang awalnya dilakukan secara manual kini tersedia dalam bentuk aplikasi Excel yang mempermudah perencana dalam menghitung berbagai aspek yang berhubungan dengan kosntruksi baik kebutuhan bahan, perhitungan struktur, perhitungan volume dan lain sebagainya. Tidak terkecuali dalam peencanaan struktur tangga.

Dengan adanya analisis terhadap struktur tangga diharapkan bisa menciptakan sebuah struktur tangga yang kokoh dan aman saat digunakan. Selain dari segi keamanan juga tetap memperhatikan dari segi ekonomis tanpa melupakan mutu.

Persyaratan Tangga 

Pada dasarnya suatu tangga harus memenuhi dua syarat yaitu :

1. Mudah dipergunakan
Salah satu faktor utama dalam perencanaan tangga adalah sudut kemiringan dari tangga agar tidak perlu banyak tenaga untuk melalui tangga tersebut. Semakin datar suatu tangga akan semakin mudah untuk dipergunakan karena tenaga yang diperlukan hanya sedikit (tidak melelahkan).Sebaliknya, semakin curam suatu tangga akan semakin sulit untuk dipergunakan karena tenaga yang diperlukan lebih banyak. 

2. Mudah dilihat
Tangga sebaiknya mudah dilihat dengan memperhatikan letak tangga dalam bangunan agar mudah diketahui orang. Syarat ini penting sekali terutama untuk bangunan umum, sedangkan untuk bangunan perumahan tidak begitu perlu karena yang menggunakan tangga hanyalah orang-orang tertentu yaitu kalangan keluarga sendiri

Apa saja yang diperhitungkan dalam merencanakan struktur tangga?

1. Tanjakan dan Injakan
Ini sangat penting diperhatikan karena akan mempengaruhi lebar dan tinggi ketinggian anak tangga.

2. Pembebanan
Perhitungkan juga beban yang sekiranya akan ditahan oleh tangga. Baik itu beban mati, beban hidup dan beban tambahan.

3. Penulangan Lapangan
4. Penulangan Tumpuan


Download Excel Perhitungan Struktur Tangga 

Untuk mendapatkan filenya silahkan klik tombol download yang ada dibawah.

Struktur Tangga
Size : 71.51 kb
password : www.taktiktekno.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar