--> Skip to main content

Gambar Kerja Autocad Jalan Beserta RAB


Hallo Sahabat, apa kabar? semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. 

Pada postingan kali ini seperti biasa saya akan share file gambar Autocad (DWG) yaitu gambar kerja jalan. File tersebut bisa menjadi referensi atau contoh serta menjadi bahan pembelajaran bagi pelajar atau mahasiswa teknik sipil atau arsitek yang sedang belajar mendalami menggambar menggunakan Autocad. Selain itu bisa menjadi bahan contoh pula bagi kalian yang bingung untuk membuat desain gambar gorong-gorong/got.

Selain gambar file Autocad, gambar kerja jalan ini di sertai dengan RAB pembangunannya dalam bentuk file Excel. jadi kalian punya pilihan untuk mendownload satu file atau keduanya. File gambar Autocad ini bisa dilihat atau di buka (run) mulai dari Autocad versi 2010 keatas. Selain itu bisa juga di edit sesuai selera masing-masing. File tersebut bisa didapatkan secara gratis tanpa biaya apapun. caranya klik link download yang ada dibawah postingan ini.

Pengetian Jalan 

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian area darat, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel.

Menurut Soedarsono (1979) konstruksi jalan raya merupakan suatu konstruksi plat elastis yang berlapis – lapis dan terletak di atas tanah dasar. Konstruksi jalan raya bertujuan untuk membangun sarana dan prasarana sebagai salah satu penyedia akses transportasi berupa barang maupun jasa yang menghubungkan antar wilayah dimana masyarakat mempunyai hak untuk menggunakannya serta dalam penggunaannya diatur oleh hukum yang berlaku. 

Gambar Autocad jalan yang di share merupakan gambar dari jalan jenis perkerasan lentur (Flexible Pavement). Perkerasan lentur adalah jenis perkerasan yang terdiri dari beberapa lapisan dengan bahan pengikat aspal dan dibangun diatas lapisan tanah dasar yang sudah dilakukan pemadatan terlebih dahulu (Sukirman, 1999). Memiliki lapisan – lapisan yang bekerja sama untuk menahan dan mendistribusikan beban lalu lintas secara vertikal menuju tanah dasar.


1. Lapisan Permukaan (Surface Course)
Bagian teratas perkerasan yaitu lapisan permukaan dengan fungsi sebagai :
- Sebagai lapisan aus, karena sangat dibutuhkan dalam lapis permukaan memiliki sifat kedap air dan memberikan efek gesekan bagi kendaraan. Pada 14 umumnya bahan yang digunakan sama dengan lapis pondasi tetapi memiliki persyaratan yang lebih tinggi. Dalam hal ini faktor kegunaan, umur rencana jalan serta langkah – langkah pelaksanann kontruksi harus diperhatikan agar dicapai manfaat yang semaksimal mungkin.
- Penahan beban roda selama pengoperasiannya, maka dari itu lapisan permukaan harus mempunyai stabilitas yang tinggi.
- Lapisan perkerasan mampu menyebarkan beban ke lapisan bawah dengan
baik.

2. Lapisan Pondasi Atas (Base Course)
Bagian ini terletak setelah lapisan permukaan yang memiliki beberapa fungsi, di antaranya :
- Penahan gaya geser dari roda kendaraan.
- Bantalan bagi lapisan permukaan.
- Lapisan yang mendistribusikan beban dinamis ke lapisan di bawahnya.

3. Lapisan Pondasi Bawah (Subbase Course)
Bagian yang terletak di bawah lapisan pondasi atas yang memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
- Lapisan yang mendistibusikan beban di atasnya menuju lapisan tanah dasar.
- Penyerap air berfungsi untuk mengurangi kadar air di lapisan pondasi.
- Lapisan pertama yang selanjutnya akan dilapisi lapisan – lapisan di atasnya.
- Pencegah tanah dasar supaya tidak bercampur dengan lapisan podasi.

4. Lapisan Tanah Dasar (Subgrade)
Merupakan bagian paling bawah sebagai tempat konstruksi lapisan diletakkan. Pada bagian ini, lapisan berupa tanah asli yang langsung dilakukan proses pemadatan. Jika memiliki tanah asli yang cenderung jelek harus dilakukan stabilisasi dengan bahan tertentu atau penambahan tanah dari tempat lain. 


DOWNLOAD GAMBAR AUTOCAD DAN RAB JALAN 

Untuk mendapatkan filenya silahkan klik tombol download dibawah

Gambar Jalan 1.dwg
Size : 240 kb

Gambar Jalan 2.dwg
Size : 2 mb

RAB Jalan 1
Size : 63 kb

RAB Jalan 2
Size : 97 kb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar