--> Skip to main content

Perhitungan Excel Dinding Penahan Tanah Tipe Kantilever



Hallo Sahabat, apa kabar? semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. 

Pada postingan kali ini seperti biasa saya akan share sebuah file dengan harapan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. File tersebut yaitu perhitungan struktur dinding penahan tanah tipe kantilever dalam bentuk Excel. semoga file tersebut bisa menjadi referensi atau contoh serta menjadi bahan pembelajaran bagi pelajar atau mahasiswa teknik sipil yang sedang belajar mendalami perhitungan struktur khusunya dalam struktur dinding penahan tanah.

Pengertian Dinding Penahan Tanah

Dinding-dinding penahan adalah konstruksi yang digunakan untuk memberikan stabilitas tanah atau bahan lain yang kondisi massa bahannya tidak memiliki kemiringan alami, dan juga digunakan untuk menahan atau menopang timbunan tanah atau onggokan material lainnya (Bowles, 1999: 49) 

Dinding Penahan Tanah Tipe Kantilever (Cantilever retaining wall)

Dinding penahan tanah ini terdiri dari kombinasi antara dinding dengan beton bertulang yang berbentuk huruf T. Ketebalan dari kedua bagian relatif tipis dan secara penuh diberi tulangan untuk menahan momen dan gaya lintang yang bekerja pada dinding tersebut. Stabilitas konstruksinya didapat dari berat sendiri dinding penahan dan berat tanah diatas tumit tapak (hell). Ada 3 bagian struktur yang berfungsi sebagai kantiliver, yaitu bagian dinding vertical (steem), tumit tapak dan ujung kaki tapak (toe). Biasanya ketinggian dinding ini tidak lebih dari 6–7 meter.



Dalam perencanaan sebuah dinding penahan tanah, perlu diambil dimensi tertentu sehingga dinding yang direncanakan mungkin untuk dikerjakan, cukup stabil dan kuat. Pengambilan dimensi awal dinding penahan tanah juga sangat ditentukan dengan bentuk lereng dan tanah yang kan ditahannya. Selain itu pengambilan dimensi dari segi keterbatasan ruang pekerjaan, kepatutan bentuk dan juga keindahan harus diperhatikan dalam perencanaan dinding kantilever ini. 


Perhitungan Dinding Penahan Tanah Tipe Kantilever 

Dalam perencanaan struktur dinding penahan tanah tipe kantilever harus melalui perhitungan yang teliti untuk mencapai stabilitas sehingga diharapkan dapat dikatakan aman untuk menahan gaya dari tanah. Selain itu faktor ekonomis juga tidak boleh dikesampingkan.

Dibawah ini merupakan beberapa perhitungan baik dalam bentuk dokumen atau file excel yang dapat digunakan dalam perencanaan dinding penahan tanah. Baik itu stabilitas dan kebutuhan tulangan. Untuk mendownloadnya silahkan tekan tombol download yang ada dibawah.

Menghitung Stabilitas
Size : 288.22 kb

Menghitung Kebutuhan Tulangan
Size : 275.22 kb

Perhitungan Excel
Size : 60.47 kb

password : www.taktiktekno.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar