--> Skip to main content

Perhitungan Excel Struktur Dinding Penahan Tanah Pasangan Batu Kali



Hallo Sahabat, apa kabar? semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. 

Pada postingan kali ini seperti biasa saya akan share sebuah file dengan harapan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. File tersebut yaitu perhitungan struktur dinding penahan tanah dalam bentuk Excel. semoga file tersebut bisa menjadi referensi atau contoh serta menjadi bahan pembelajaran bagi pelajar atau mahasiswa teknik sipil yang sedang belajar mendalami perhitungan struktur khusunya dalam struktur dinding penahan tanah.

Pengertian Dinding Penahan Tanah

Dinding penahan tanah adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk menahan tanah lepas atau alami dan mencegah keruntuhan tanah yang miring atau lereng yang kemantapannya tidak dapat dijamin oleh lereng tanah itu sendiri. Tanah yang tertahan memberikan dorongan secara aktif pada struktur dinding sehingga struktur cenderung akan terguling atau akan tergeser (Tanjung, 2016).

Dinding penahan tanah berfungsi untuk menyokong tanah serta mencegahnya dari bahaya kelongsoran. Baik akibat beban air hujan, berat tanah itu sendiri maupun akibat beban yang bekerja di atasnya (Tanjung, 2016). 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendesain Dinding Penahan Tanah

a. Perhitungan tegangan tanah tidak dapat diharapkan menjadi lebih akurat daripada nilai parameter tanah (g,j, dan c) yang telah diasumsikan untuk mendesain, sehingga dalam pengambilan nilai parameter perlu pertimbangan yang baik dari nilai yang tersedia dari laporan penyelidikan tanah.

b. Kondisi tanah saat mendesain dapat berubah secara nyata dan nilai parameter tanah yang telah diasumsikan dalam desain juga dapat berubah seiring dengan waktu.

c . Dalam praktek hampir semua bahan urugan berupa material kasar sehingga diasumsikan parameter kohesi tanah urugan (c) = 0.

d. Untuk menjaga kondisi tanah urugan cukup kering (menjaga nilai g, j yang digunakan dalam desain) dengan memaksa tekanan hidrosatis tidak melewati garis bidang longsor Rankine, maka diperlukan adanya sistem drainase pada dinding penahan tanah. Sistem drainase yang biasa digunakan adalah pipa drain diameter 1¼ inci dengan jarak pemasangan arah horisontal dan vertikal 90-120 cm.

e. Tanah urugan lebih baik jika berupa tanah pasir/pasir berkrikil yang bersifat mudah menyerap air untuk dibuang melalui pipa drain dengan maksimum butir halus 5%. Jika digunakan tanah urug yang berasal dari tanah asli lempug kepasiran/silt maka perlu pemasangan filter pada sisi dalam dinding penahan
tanah.

Jenis-jenis Dinding Penahan Tanah

Terdapat beberapa jenis dinding penahan tanah yang ada. Terciptanya jenis-jenis dinding penahan tanah ialah karena tidak semua kasus atau masalah yang ditemui dalam hal untuk mencapai kestabilan tanah itu sama. Saat ini terdapat beberapa jenis Dinding penahan tanah yaitu Dinding Gravitasi, Dinding Penahan Kantiliver, Dinding Kontravort, Dinding Butters.

Dalam artikel ini tidak akan dijelaskan secara lengkap mengenai semua jenis dinding penahan tanah karena fokus dari artikel ini hanya pada dinding penahan tipe gravitasi saja. Untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis dinding penahan tanah silahkan download materinya akhir akhir artikel ini.

Dinding Penahan Tanah Tipe Gravitasi

Dinding ini dibuat dari beton tidak bertulang atau pasangan batu, terkadang pada dinding jenis ini dipasang tulangan pada permukaan dinding untuk mencegah retakan permukaan akibat perubahan temperatur. 

Data Kebutuhan Desain

Pembuatan desain penahan tanah bisanya membutuhkan data-data :

Potensi sarana dan prasarana yang sudah ada dan potensi sumber daya alamnya.
Tanah letak rencana /bentuk lokasi,
  • Jenis tanah
  • Kedalaman tanah keras
  • Lapisan air tanah
Data kondisi lokasi, lingkungan, dan peruntukan konstruksi
  • Sungai  → sebagai saluran irigasi
  • Jalan → sebagai pengaman tepi jalan
  • Perlindungan tebing → keamanan sarana dan prasarana (jalan, pemukiman, dll) yang ada diatas atau di bawahnya, pencegah gerusan.
  • Tanggul → pencegah banjir, luapan air.
Perhitungan Excel Dinding Penahan Tanah

File Excel dibawah ini merupakan perhitungan desain dinding penahan tanah jenis gravitasi menggunakan pasangan batu kali. File tersebut bisa diapatkna secara gratis dengan menekan tombol download dibawah.

DInding Penahan Tanah.pdf
Size : 1 mb

Perhitungan Excel Dinding Penahan Tanah
Size : 1.03 mb

password : www.taktitekno.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar