--> Skip to main content

File Excel Perhitungan Dasar Mekanika Teknik (Mektek)



Hallo Sahabat, apa kabar? semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. 

Pada postingan kali ini seperti biasa saya akan share sebuah file dengan harapan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. File tersebut yaitu perhitungan dasara mekanika teknik (mektek) dalam bentuk Excel. semoga file tersebut bisa menjadi referensi atau contoh serta menjadi bahan pembelajaran bagi pelajar atau mahasiswa teknik sipil yang sedang belajar mendalami perhitungan struktur.

Pengertian Mekanika Teknik

Secara umum Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa merupakan bidang ilmu utama untuk perilaku struktur, atau mesin terhadap beban yang bekerja padanya. Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal).

Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi, maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman (lendutannya tidak berlebihan) dalam menerima beban tersebut. (wikipedia)

Gaya dan sifat-sifatnya perlu difahami dalam ilmu Mekanika Teknik karena dalam ilmu tersebut, kebanyakan membicarakan mengenai gaya, sedangkan Mekanika Teknik merupakan mata kuliah dasar keahlian yang perlu dimengerti dan difahami oleh semua sarjana Teknik Sipil. Jadi, dengan memahami sifat-sifat gaya, mahasiswa akan lebih mudah memahami permasalahan yang terjadi dipelajaran Mekanika Teknik.

Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa atau analisis struktur merupakan bidang ilmu utama yang dipelajari di ilmu teknik sipil. Pokok utama dari ilmu tersebut adalah mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya.

Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal).

Dalam mempelajari perilaku struktur maka hal-hal yang banyak dibicarakan adalah
  • stabilitas
  • keseimbangan gaya 
  • kompatibilitas antara deformasi dan jenis perletakannya
  • elastisitas
Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman (lendutannya tidak berlebihan) dalam menerima beban tersebut.

Berdasarkan potongan 2 dimensinya, mekanika teknik memiliki 3 jenis potongan, yaitu
  • Balok biasa 
  • Balok Portal
  • Rangka Batang
Berdasarkan variabelnya, mekanika teknik dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  • Statis Tertentu
  • Statis Tak Tentu
Momen dan Gaya Dalam Mekanika Teknik

Momen 
Momen merupakan gaya dikali jarak. Momen terjadi akibat bekerjanya gaya-gaya pada suatu balok yang mengakibatkan balok tersebut akan melentur dengan demikian serat bagian terluar akan mengalami tarikan dan serat bagian dalam akan mengalami perpendekan (tekanan).

Gaya Lintang
Gaya Lintang (D) merupakan gaya-gaya yang menahan Geser pada Balok. Penentuannya juga ditinjau pada setiap titik dimana gaya bekerja. Dalam proses penggambarannya gaya lintang ini perlu diperhatikan persyaratannya, dimana gaya lintang tersebut  bernilai positif untuk gaya-gaya yang bekerja ke arah atas dan sebaliknya bernilai positif apabila bekerja kearah bawah. Gaya-gaya tersebut hanya bekerja pada satu arah yaitu (vertikal). 

Gaya Normal
Gaya Normal merupakan gaya-gaya yang bekerja searah sumbu balok  atau sejajar sumbu balok. Untuk menentukan apakah suatu gaya normal positif atau negatif dapat diambil patokan : bila gaya normal meninggalkan titik yang ditinjau maka gaya normal adalah positif dan sebaliknya bila menuju titik yang ditinjau maka akan bernilai negatif

Download File Excel Perhtiungan Dasar Mekanika Teknik\

Dibawah ini merupakan sebagian kecil dari perhitungan dasar mekanika teknik. File excel ini bisa kalian jadikan bahan pembelajaran dan referensi untuk membantu dalam memahami perhitungan mekanika teknik. Untuk mendapatkannya silahkan download dibawah.

Perhitungan dasar mekanika teknik.xls
Size : 32.36 kb

Buku Mekanika Teknik.pdf
Size : 2 mb

password : www.taktiktekno.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar