--> Skip to main content

2 Cara Mudah Mencari Luas Bidang Pada Autocad


Assalamu’alaikum wr.wb

Apa kabar teman-teman? Saya do’akan smeoga kalian baik-baik saja. Dipostingan kali ini saya akan share tentang bagaimana cara mencari luas suatu bidang menggunakan aplikasi Autocad. AutoCAD adalah suatu Aplikasi Desain yang digunakan untuk mendesain  atau penyusunan model dalam bentuk 2D dan 3D

Program AutoCAD ini memiliki banyak perintah yang dapat digunakan untuk membuat perancangan dan juga memiliki banyak fasilitas dan fitur untuk pemodelan objek-objek desain sehingga banyak digunakan diberbagai bidang spesialis perancangan seperti arsitek, sipil, mesin dan lain sebagainya. Selain digunakan untuk perancangan software ini juga bermanfaat untuk mencari luas suatu bidang misalnya mencari luas bidang tanah. Dan langsung saja kita ke pembahasan.


Untuk mencari luas suatu bidang pada Autocad sebenarnya ada beberapa cara. Namun, kali ini saya akan membagikan 2 cara untuk mencari luasan pada  suatu bidang.


Cara yang pertama yaitu emnggunakan perintah Area

Sebagai contoh dibawah ini saya akan membuat sebuah bidang persegi yang dibuat dengan perintah rectangle dengan ukuran 5x5. 

1. Pertama-tama Ketik AA kemudian enter.

2. Pilih semua titik point pada bidang yg akan kit acari tahu luasnya

3. lalu tekan enter. Maka hasilnya akan terlihat. 



Cara yang kedua yaitu menggunakan perintah LS

1. pilih bidangnya lalu ketik ls, maka seacra otomatis akan muncul tampilan informasi yang salah satunya adalah luas dari bidang ini. 



Sekarang yang harus kita ingat adalah bentuk dari sebuah bidang tanah tidak semua memiliki bentuk yang simetris, misalnya dengan bentuk seperti dibawah ini. 



Tentu saja akan sulit untuk mengetahui luasnya jika dihitung secara manual. Untuk mencari luasan bidang yang bentuknya tidak simetris seperti ini kita bisa menggunakan cara yg pertama yaitu. 

Ketik AA, enter dan pilih setiap titik point pada bidangnya lalu tekan enter, dan hasilnya akan muncul.


Jika menggunakan cara yang kedua, maka setiap garis pada bidang ini harus disatukan serta menjadikan bidangnya menjadi solid dengan perintah region, caranya :

1. ketik Reg tekan enter dan pilih semua garis yg membentuk bidangnya dengan cara diblock, lalu tekan enter. Sekarang bidang ini menjadi solid dan semua garisnya menjadi Bersatu. 

2. Selanjutnya lakukan cara tadi yaitu klik bidangnya dan ketik LS dan kita sudah bisa mengetahui luas bidangnya.


Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat. Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan share di media sosial kalian. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penyampaian. Sampai jumpa. Wassalamu’alaikum wr.wb



Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar