--> Skip to main content

Download Gambar Autocad (DWG) Desain Gapura Desa dan Batas Kota


PENGERTIAN GAPURA

Menurut Wikipedia Gapura adalah suatu struktur yang merupakan pintu masuk atau gerbang ke suatu kawasan atau kawasan. Gapura sering dijumpai di pura dan tempat suci Hindu, karena gapura merupakan unsur penting dalam arsitektur Hindu.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) gapura merupakan pintu besar untuk masuk pekarangan rumah (jalan, taman, dan sebagainya). Atau bisa diartikan sebagai pintu gerbang  yang dibuat sebagai tanda atau pernyataan hormat (untuk menghormati tamu, peristiwa penting, dan sebagainya).
 
Pada hakekatnya gapura/gerbang merupakan pintu. Pintu-pintu tersebut tidak sekadar bidang kosong untuk keluar-masuk tetapi diberi pelengkap. Bingkai pintunya dibuat dengan ukuran besar sehingga pintu ini merupakan bangunan tersendiri. Sehingga bentuk disekitar pintu ini nampak lebih menonjol daripada pagar keliling. Keseluruhan bangunan yang melingkupi pintu inilah yang dimaksud gapura.
 
Di Indonesia, selain gapura ada beberapa istilah lain yang digunakan antara lain : regol, kori agung, paduraksa, candi bentar, pintu sibak, pintu gibah dan pamedal agung. Selama ini untuk menentukan jeniss gapura ialah berdasarkan bagian atasnya. Terdapat gapura yang bagian atasnya terbelah dua dan ada gapura yang bagian atasnya menyatu. Gapura yang bagian atasnya terbelah disebut candi bentar, candi gibah atau pintu sibak, sementara gapura yang bagian atasnya menyatu disebut paduraksa, kori agung atau pamedal agung. 
 
Pada dasarnya bentuk gapura adalah suatu bangunan simetri, jadi terbentuk dua bagian nyang sama bentuk dan ukurannya. Secara keseluruhan, gapura terbentuk dari komponenkomponen utama berupa bagian-bagian kaki, badan dan atap. Namun ada pula bentuk gapura yang merupakan satu kesatuan bentuk. Selain komponen utama tersebut, gapura memiliki komponen pelengkap yang meliputi sayap, daun-pintu, pipitangga, menara sudut, pipi-tangga dan kemuncak.

Elemen gerbang/gapura kemudian menjadi bagian dari wujud estetika bangunan. Menurut Vitruvius, estetika menjadi aspek penting dalam arsitektur selain aspek fungsi dan struktur. Estetika menjadi aspek yang muncul sebagai upaya untuk pemenuhan syarat psikis seperti penciptaan suasana ruang tertentu dengan ketentraman, ketenangan, kenyamanan, kemanan dalam berkegiatan sebagai tujuannya.

FUNGSI GAPURA

Sebagai pintu masuk–keluar kampung atau lingkungan perumahan, gapura adalah hal pertama yang menyapa mata orang. Dengan gapura, citra muka suatu area dirancang. Sebagai garis batas wilayah, gapura sekaligus menjadi penanda hidupnya sebuah komunitas. Bentuk, warna, dan aksesori gapura adalah penanda identitas kultural bagi komunitas di dalamnya. Status sosial ekonomi suatu komunitas juga bisa ditangkap lewat gapura.

Dengan bermacam desain arsitekturalnya, Gapura dibangun untuk menandai suatu batas wilayah seperti kampung, pintu gerbang kerajaan atau tempat ibadah. Selain itu gapura digunakan pada pintu pertama saat akan memasuki rumah. Tiap-tiap daerah punya corak gapura yang khas dan berbeda-beda. Gapura di Jawa lain dengan di Bali. Gerbang masjid berbeda dengan gapura kelenteng atau pura.

Semakin berkembangnya jaman, kini bentuk dan corak gapura kian variatif. Gapura bisa dibuat dengan mewah dan memiliki tekstur dan bahan bangunan yang bagus. . Bisa pula sesederhana portal besi atau beton. Fungsi gapura juga semakin beragam. Pada waktu yang sama, satu gapura bisa berfungsi sebagai batas atau tanda nama wilayah, pos keamanan, monumen, dan tempat iklan.
DOWNLOAD GAMBAR AUTOCAD (DWG) DESAIN GAPURA GERBANG DESA DAN KOTA
 
Berikut ini merupakan contoh atau gambar beragam desain gapura atau gerbang yang terdiri dari gapura batas desa dan batas kota. File gambar tersebut bisa sobat jadikan sebagai contoh, referensi atau bahan pembelajaran. Sobat bisa mendapatkna fil tersebut secara gratis dengan menekan tombol download yang ada dibawah.

Gapura Desa.rar
Size : 794 kb

Gapura Kota.rar
Size :3.67 mb
 
Password : www.taktiktekno.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar