--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Pesantren (Asrma) 6 Lantai Format Autocad (dwg)

 

 

Pondok  pesantren  yang  melembaga  di  masyarakat,  terutama  di  pedesaan  merupakan salah  satu  lembaga  pendidikan  Islam  tertua  di  Indonesia.  Awal  kehadiran  pondok  pesantren bersifat   tradisional   untuk   mendalami   ilmu-ilmu   agama   Islam   sebagai   pedoman   hidup (tafaqquh  fi  al-din)  dengan  menekankan  pentingnya  moral  dalam  bermasyarakat.  (mastuhu, 1994).  Munculnya  pesantren  di  Indonesia  diperkirakan  sejak  300-400  tahun  yang  lalu  dan menjangkau  hampir  di  seluruh  lapisan  masyarakat  muslim  (Agama,  1984/1985).

Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana terbuat dari bambu. Di samping itu, kata pondok mungkin berasal dari Bahasa Arab Funduq yang berarti asrama atau hotel. Di Jawa termasuk Sunda dan Madura umumnya digunakan istilah pondok dan pesantren, sedang di Aceh dikenal dengan Istilah dayah atau rangkang atau menuasa, sedangkan di Minangkabau disebut surau (Madjid, 1997). 

Unsur Dalam Pondok Pesantren

1. Guru/Ustdz/kyai

Yaitu orang yang berpendidikan yang mengajarkan ilmu pengetahuan Agama atau pengetahuan umum kepada santri/murid

2. Santri/murid

Ialah orang yang biasanya terdiri dari anak usia dini sampai remaja bahkan dewasa yang sedang menuntut ilmu dipondok pesantren

3. Masjid

Ialah tempat melaksanakan ibadah bagi seleuruh penghuni pondok. Selain itu beberapa kegiatan penting keagamaan dilaksanakan di masjid.

4. Madrasah

Merupakan tempat khusus bagi pelajar dan pengajar melakukan kegiatan belajar mengajar.

5. Asrama

Merupakan tempat peristirahatan bagi seluruh santri. Biasanya dibedakan dengan asrama santri laki-laki dan perempuan

Seiring perkembangan jaman tata letak pondok pesantren terdiri dari berbagai macam. Ada yang memiliki bangunan terpisah antara satu sama lain sesuai fungsinya ada juga yang beridiri seperti layaknya rumah susun namun memiliki ruang yang berbeda-beda.

Pada artikel ini gambar yang dishare merupakan gambar kerja pondok pesantren modern yang memiliki bangunan 6 lantai yang terdiri dari lantai 1 dan lantai 2 adalah masjid sedangkan lantai yang lain antara lain tempat belajar, dapur, tempat cuci, kamar mandi toilet dan sebagainya.

Sobat bisa mendapatkan file tersebut secara gratis dengan menekan tombol download dibawah ini 

Gambar Arsitektur.rar 
Size : 6.4 mb
 
Gambar Struktur.rar 
Size :  326.61 kb
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar