--> Skip to main content

Download Gambar Detail Pondasi Sumuran File Autocad (DWG)

 

Pondasi merupakan suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan serta meneruskan beban yang disalurkan dari struktur atas ke tanah dasar pondasi yang cukup kuat menahannya tanpa terjadinya differential settlement pada sistem strukturnya.

Pondasi sumuran ialah suatu bentuk peralihan antara pondasi dangkal dan pondasi tiang. Pondasi ini digunakan apabila tanah dasar terletak pada kedalaman yang relatif dalam. Jenis pondasi dalam yang dicor ditempat dengan menggunakan komponen beton dan batu belah sebagai pengisinya.

Pada umumnya pondasi sumuran ini terbuat dari beton bertulang atau beton pracetak, yang umum digunakan pada pekerjaan jembatan di Indonesia adalah dari silinder beton bertulang dengan diameter 250 cm, 300 cm, 350 cm, dan 400 cm.

Persyaratan Penggunaan Pondasi Sumuran

  • Daya dukung pondasi harus lebih besar daripada beban yang dipikul oleh pondasi tersebut.
  • Penurunan yang terjadi harus sesuai dengan batas yang diijinkan (toleransi) yaitu 1″ (2,54cm).

Alasan Menggunakan Pondasi Sumuran 

Pondasi sumuran adalah pondasi yang khusus, dalam perakteknya terdapat beberapa kondisi yang dapat dijadikan alasan untuk penggunaannya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bila tanah keras terletak lebih dari 3 m, pondasi plat kaki atau jenis pondasi langsung lainnya akan menjadi tidak hemat (galian tanahnya terlalu dalam & lebar).
  • Bila air permukaan tanah terletak agak tinggi, konstruksi plat beton akan sulit dilaksanakan karena air harus dipompa dan dibuang ke luar lubang galian. Dalam kondisi ini, pondasi sumuran menjadi pilihan tepat untuk konstruksi yang tanah kerasnya terletak 3-5 m

 Macam - macam Bentuk Pondasi Sumuran

Bentuk tampang pondasi sumuran terdapat beberapa macam tergantung dengan beban yang akan bekerja (dipikul) dan kuatnya daya dukung tanah dasar pondasi. Berikut ini bentuk-bentuk tampang pondasi sumuran yang biasanya digunakan:

  • Lingkaran tunggal,
  • Segi empat,
  • Lngkaran/hexagonal/octagonal ganda,
  • Sumuran ganda,
  • Bentuk D ganda.

Kelebihan pondasi sumuran 

1. Alternatif untuk pondasi dalam

dapat digunakan sebagai alternatif pondasi dalam jenis tiang dan dangkal yang lebih efektif untuk kontur tanah yang punya permukaan kasar. Terlebih jika tersedia material pengisi sumur berupa batu belah yang akan mempermudah proses pembangunan rumah.  

2. Bisa dikerjakan Tanpa Alat Berat

Pondasi dalam biasanya memerlukan alat berat saat pemasangannya seperti tiang pancang yang akan menimbulkan bising serta getaran sehungga tidak cocok untuk dibuat dikawasan padat penduduk. Dengan pondasi sumuran pelaksanaan bisa dilakukan secara manual yakni memasukkan adukkan beton kedalam lubang pondasi yang sebelumnya sudah diberi tulangan.

3. Ekonomis

Pondasi sumuran bisa dikatakan ekonomis karena dalam pelaksanaannya tidak begitu memerlukan alat berat. Selain itu tidak seperti pondasi tiang pancang yang dalam pelaksannya harus membeli tiang pancang tersebut dan juga mengeluarkan biaya sewa alat berat selama pemasangan.

Kekurangan Pondasi Sumuran

1. Dapat terpengaruh oleh perubahan struktur tanah seperti saat tanah mengalami pergeseran

2. Tanah yang mengandung air akan mengurangi mutu beton saat pelaksanaan pengecoran 

3. Memerlukan beton yang banyak tergantung bentuk dan kedalaman pondasi sumuran

Baca Juga :

DOWNLOAD GAMBAR DETAIL (DWG) PONDASI SUMURAN  

Dibawah ini merupakan gambar detail dari pondasi sumuran dengan format file Autocad (dwg). Semoga fil tersebut bisa bermanfaat untuk dijadikan sebagai referensi atau bahan pembelajaran bagi sobat semua. Untuk mendapatkannya silahkan klik tombol download yang ada dibawah

 
Detail Pondasi Sumuran.rar
Size : 128.87 kb
Password : www.taktiktekno.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar