--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Toko Format Autocad (dwg) Beserta Hasil Analisis Strukturnya

Pengertian Toko

Definisi toko adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat berusaha, tempat menjual barang dan jasa yang menghasilkan pendapatan bagi pemiliknya. Pengertian toko itu sendiri adalah salah satu public space yang dipergunakan sebagai tempat berbisnis yang sifatnya sendiri adalah sebagai aktifitas memajang, menyimpan dan menjual, juga sebagai area pertemuan antara pengusaha dengan konsumen yang mampu membuat keuntungan bagi pengelola maupun pemiliknya. 

Fungsi Toko

Secara umum toko berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk memasarkan produk dan dengan memperkenalkan harga yang bersahabat serta kualitas yang bersaing. Fungsi toko antara lain :
1. Sebagai lahan menawarkan produk dan jasa,
2. Sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli,
3. Sebagai tempat penyedia kebutuhan,
4. Sebagai tempat untuk memperkenalkan produk,
5. Sebagai tempat bertukar informasi,
6. Sebagai lahan investas,
7. Sebagai tempat belajar secara langsung.

Bahan Bangunan Toko

Bahan bangunan adalah suatu bahan yang digunakan untuk tujuan konstruksi. Banyak bahan alami, seperti tanah liat, pasir, kayu dan batu, bahkan ranting dan daun telah digunakan untuk membangun bangunan. 

Selain dari bahan alami, produk buatan banyak digunakan, dan beberapa lagi kurang sintetik. Industri pembuatan bahan bangunan didirikan di banyak negara dan penggunaan bahan - bahan tersebut biasanya dibagi ke dalam perdagangan khusus tertentu, seperti pertukangan, pipa, atap dan pekerjaan isolasi. Acuan ini berhubungan dengan tempat tinggal manusia dan struktur termasuk rumah.

Menurut  Sutisna  (2001:164) store  atmosphereadalah“penataan ruang   dalam   (instore)   dan   ruang   luar   (outstore)   yang   dapat menciptakan kenyamanan bagi pelanggan.

Menurut  Berman  dan  Evans  (2001) store  atmosphere terdiri  dari empat elemen yaitu :

1) General Interior 

General  Interior toko  menjadi  salah  satu kunci  keberhasilan  dari keseluruhan  strategi store  atmosphere.  Oleh  karena  itu,  interior  toko harus  dirancang sedemikian  rupa  sehingga dapat  memaksimalkan  visual merchandising. Hal ini dimaksudkan agar ketika konsumen sudah berada di    dalam    toko    dapat    terdorong keinginan    membelinya    dengan memengaruhi emosinya  melalui  suasana dan display  yang  baik. Display yang baik yaitu yang dapat menarik perhatian pengunjung dan membantu mereka  agar  mudah  mengamati,  memeriksa dan memilih barang  itu dan akhirnya melakukan pembelian.Elemen-elemen general interiorterdiri dari :

a) Flooring (pemilihan lantai) Penentuan  jenis  lantai  (kayu,  keramik),  desain,  dan  warna  lantai sangatlah penting, karena konsumen dapat mengembangkanpersepsi mereka berdasarkan apa yang mereka lihat. 

b) Colors and Lighting(pewarnaan dan pencahayaan)Setiap   toko   harus   mempunyai   pencahayaan   yang   cukup   untuk mengarahkan  atau  menarik perhatian  pengunjung  ke daerah tertentu dari  toko.  Tata  cahaya  yang  baikmempunyai  kualitas  dan  warna yang  dapat  membuat  produk-produk  yang  ditawarkan  terlihat  lebih menarik dan kadang berbeda dengan keadaan aslinya. 

c) Fixtures (Perabot Toko) Pemilihan  dan  cara  penyusunan  peralatan  penunjang  membutuhkan perhatian  lebih, ketelitian  dan  harus  dilakukan  dengan  cara  yang benar  agar  didapat  hasil  sesuai  dengan  yang  diinginkan.  Hal  ini dikarenakan    barang-barang    tersebut    berbeda    bentuk,    karakter maupun harganya sehingga penyusunannya juga berbeda.

d) Temperature(suhu udara)Pengelola  toko harus selalu  memperhatikan  suhu ruangan  toko  agar selalu   dalam   kondisi   yang   nyaman   bagi   pengunjung,   sehingga mereka   betah   berlama-lama.   Hal   ini   dapat   dilakukan   dengan menyesuaikan  jumlah  AC  yang  dipasang  dengan  luas  toko  dan dimana saja AC dipasang.

e) Width Of Alsles (jarak antar rak) Jarak  antar  rak  barang  diatur  dengan  maksud  agar  terdapat spaceyang  cukup  sehingga  lalulintas  didalam  toko  lancar  serta  tercipta kenyamanan bagi pengunjung.

f) Dead Areas (Area khusus/area mati) Adalah ruangan didalam toko dimana display yang normal tidak bisa diterapkan karena  akan  terasa  janggal,  misalnya  pintu  masuk,  toilet dan  sudut  ruangan.  Pada  umumnya  ruangan  ini  dipercantik  dengan aksesoris seperti cermin, tanaman maupun lampu-lampu.

g) Personel (karyawan) Karyawan    yang    sopan,    ramah,    berpenampilan    menarik    dan mempunyai  pengetahuan  yang  cukup  mengenai  produk  yang  dijual akan  meningkatkan  citra  perusahaan  dan  loyalitas  konsumen  dalam memilih toko untuk berbelanja.

h) Merchandise (variasi produk) Pengelola toko harus memutuskan mengenai variasi, warna, ukuran, kualitas,  lebar  dan  kedalaman  produk  yang  akan  dijual.  Mereka harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.i)Price(harga)Label    harga    merupakan    salah    satu    informasi    penting    yang menentukan  membeli  atau  tidaknya  konsumen.  Untuk  memudahkan konsumen,  maka   label  harga  pada  umumnya   ditempatkan  pada kemasan produk tersebut dipajang atau kombinasi keduanya.

j) Cleanliness (kebersihan) Kebersihan   menjadi   salah   satu   faktor   utama   pemilihan   lokasi berbelanja  dan  loyalitas  dari  konsumen.  Oleh  karena  itu  pengelola toko   harus   mempunyai   rencana   yang   baik   dalam   pemeliharaan kebersihan toko baik interior maupun eksterior.

2) Exterior

Karakteristik eksterior mempunyai pengaruh yang kuat pada citra toko  tersebut.  Apalagi eksterior memberikan  kesan  pertama  terhadap toko,  karena  bagian  ini  adalah  yang  pertama dilihat  oleh  pengunjung. Kombinasi eksteriordapat  membuat  bagian  luar  toko  menjadi  terlihat unik,  menarik  dan  menonjol  serta  mengundang  orang  untuk  masuk  ke dalam  toko. Elemen-elemen eksteriorini  terdiri dari  sub elemen-elemen sebagai berikut:

a) Storefront (bagian depan toko) 

Bagian  depan  toko  meliputi  kombinasi  dari marquee,  pintu  masuk dan  konstruksi  gedung. Storefrontharus  mencerminkan  keunikan, kemantapan,  kekokohan  atau  hal-hal  lain  sesuai  dengan  citra  toko tersebut.   Konsumen   baru   sering   menilai   toko   dari   penampilan luarnya  terlebih dahulu  sehingga exteriormerupakan  faktor  penting untuk menarik konsumen agar mengunjungi toko.Ada beberapa alternatif bagi retaileruntuk mempertimbangkan perencanaan dasar storefront, yaitu:

(1) Modular Structure (modular struktur) Berbentuk persegi atau lingkaran yang terdiri dari beberapa toko di tempat tersebut.

(2) Prefabricated Stucture(prefabrikasi struktur bangunan)Toko terletak dalam lokasi yang bersebelahan dengan pabrik.

(3) Prototype Store (prototipe toko) Pada  umumnya  digunakan  oleh franchisor. Storefrontseragam dengan  cabang  toko  lain  dan  merupakan  bagian  dari store atmosphereyang sudah ditentukan dalam perjanjian franchisornya. 

(4) Uniqe Building Design (keunikan desain bangunan)Storefront mempunyai  desain  gedung  yang  unik  dan  lain  dari yang    lain.    Pada    umumnya    desain    disesuaikan    dengan kekhususan produk yang dijual di toko tersebut. Contoh: gedung rumah   masakan   padang   yang   dibentuk   seperti   rumah   adat Padang.

b) Marquee (papan nama dan logo) Adalah  suatu  tanda  yang  digunakan  untuk  memajang  nama  atau logo   suatu   toko. Marqueedapat   dibuat   dengan   teknik   pewarnaan, penulisan hurufatau penggunaan lampu. Marqueedapat terdiri dari nama saja,   logo   saja,   atau   dikombinasikandengan   slogan   dan   informasi mengenai  toko.  Supaya  efektif marqueeharus  diletakkan  diluar,  terlihat berbeda  dan  lebih  menarik  atau  mencolok jika  dibanding  dengan  yang lain.

(1) Entrances (Pintu Masuk) Pintu  masuk  harus  dirancang  dan  disesuaikan  dengan  karakteristik toko.  Hal  ini dimaksudkan  agar  berawal  dari  pintu  masuk  sudah mampu  menarik  minat  konsumen.  Selain  itu  pintu  masuk  perlu diperhatikan untuk menjaga kelancaran lalulintas pengunjung keluar masuk toko. Pintu masuk mempunyai tiga masalah utama yang harus diperhatikan, yaitu:

(a) Jumlah Pintu Masuk Pada  umumnya  jumlah  pintu  masuk  disesuaikan  dengan  besar kecil  bangunan.  Hal  ini  yang  mempengaruhi  yaitu  tingkatkan keamanan yang ingin dicapai dari bangunan tersebut.

(b) Jenis Pintu Masuk yang Digunakan Apakah akan menggunakan pintu otomatis atau pintu dorong.

(c) Lebar Pintu Masuk Pintu  masuk  yang  lebar  akan  menciptakan  suasana  dan  kesan yang  berbeda  dibandingkan pintu  masuk  yang  kecil dan  sempit yang berisiko membuat pengunjung berdesak-desakan.

(2) Height and Size of Building (tinggi dan luastoko) Mempengaruhi kesan terhadap toko tersebut, misalnya tinggi langit-langit toko dapat membuat ruangan seolah-olah terlihat lebih luas.

(3) Uniqueness (ciri khas) Dapat dicapai melalui desain toko yang lain daripada yang lain.

(4) Surronding Store ( keadaan masyarakat sekitar) Citra  toko  dapat  dipengaruhi  oleh  keadaan  lingkungan  masyarakat dimana toko itu berada.

(5) Parking (fasilitas parkir) Tempat  parkir  merupakan  hal  yang  juga  menjadi  pertimbangan penting   bagi   konsumen.   Tempat   parkir   yang   luas, aman,   dan mempunyai   jarak   yang   dekat   dengan   toko   akan   menciptakan atmosfir yang positif bagi toko.

3) Store Layout Store  layout yang  baik  akan  mampu  mengundang  konsumen untuk    lebih    betah 

Download Gambar Lengkap Toko Format Autocad (dwg)

Berikut ini merupakan gambar toko dalam bentuk format Autocad beserta hasil analisis struktur dan pemodelan SAP2000. Gambar toko tersebut terdiri dari toko alat tulis disertai dengan kantornya. Gambar kerjanya terdiri dari denah, potongan, detail pondasi, detail tulangan, saluran sanitasi dan lain sebagainya. Sobat bisa mendapatkan file tersebut secara gratis dengan menekan tombol download dibawah ini.

Gambar Toko DWG.rar
Size : 1.53 mb
 

Hasil Analisis Struktur.rar
Size : 4.36 mb

Laporan Struktur.rar
Size : 9.87 mb

Pemodelan SAP2000
Size : 42.16 kb
 
Password : www.taktiktekno.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar