--> Skip to main content

Download Excel Perhitungan Mix Design Beton Dengan Bahan Substitusi Material Lain


Beton adalah campuran antara semen portland, agregat, air, dan terkadang ditambahi dengan menggunakan bahan tambah yang bervariasi mulai dari bahan tambah kimia, serta sampai dengan bahan bangunan non-kimia pada perbandingan tertentu (Tjokrodimuljo, 2007). Beton digunakan sebagai bahan baku konstruksi dalam proyek bangunan, gedung, rumah tinggal, apartemen, jalan raya, jembatan, fly over, bendungan, tiang pancang, trotoar dan berbagai proyek pembangunan infrastruktur lainnya. 

Bahan tambah merupakan bahan selain unsur pokok dalam beton (air, semen dan agregat), yang ditambahkan pada adukan beton, baik sebelum, segera atau selama pengadukan beton dengan tujuan mengubah satu atau lebih dari sifat-sifat beton, sewaktu masih dalam keadaaan segar atau setelah mengeras. Penambahan bahan tambah dalam sebuah campuran beton tidak mengubah komposisi yang besar dari bahan lainnya, karena penggunaan bahan tambah ini cenderung merupakan pengganti atau susbtitusi dari dalam campuran beton itu sendiri.

Mix Design campuran beton kali ini akan menggunakan bahan lain yaitu berupa agregat halus yang berasal dari bongkahan paving block yang sudah tidak terpakai. Dan seperti biasa sebelumnya material ini harus sudah diuji terlebih dahulu sesuai dengan standar yang ada.
 
Pada dasarnya pencampuran bahan substitusi terhadap campuran beton sering dilakukan dalam rangka penelitian atau studi eksperimen dalam hal memanfaatkan sesuatu yang dianggap tidak terpakai. Dengan bahan tersebut diharapkan terciptanya beton yang efektif dan hemat dalam segi jumlah material tanpa menghilangkan sifat workability dan mutu beton itu sendiri.
 
Baca juga :
 
Bahan Tambah Pencampur Beton
 
Bahan substitusi untuk campuran beton bisa juga menggunakan bahan lain seperti fly ash untuk menggantikan sebagian semen serta serbuk kayu untuk agregat halus. Dalam menentukan proporsinya tentu saja harus melalui proses perhitungan yang panjang tidak cukup hanya menggantikan sebagian bahan beton normal. Faktor seperti berat jenis bahan substitusi menjadi hal yang harus dilibatkan dalam perhitungan karena akan mempengaruhi terhadap proporsi material lain pada campuran.

DOWNLOAD EXCEL PERHITUNGAN MIX DESIGN BETON DENGAN BAHAN SUBSTITUSI MATERIAL LAIN
 
Berikut ini merupakan file excel perhitungan mix design yang sudah dilengkapi dengan perhitungan bahan substitusi material lain dengan metode SNI 7656:2012. Sobat bisa mendapatkannya dengan menekan tombol download dibawah ini. Semoga file tersebut bisa bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran atau referensi.

Mix Design Bahan Substitusi.rar
Size : 178,23 kb
Password : www.taktiktekno.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar