--> Skip to main content

Gambar Kerja (dwg) Konstruksi Billboard Beserta RAB

 

 

Apa itu Billboard?

Secara umum, definisi dari billboard ialah suatu bentuk promosi iklan atau poster di luar ruangan (outdoor advertising) berukuran cukup besar serta diletakkan pada posisi yang tinggi dan strategis.

Merupakan sebuah media iklan luar ruang yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar plat aluminium atau plateser. Billboard biasanya dipasang di pinggir – pinggir jalan yang strategis atau mudah dilihat maupun dibaca oleh khalayak luas. Billboard dipasang dengan ketinggian antara 4 – 6 meter di atas permukaan tanah dengan jangka waktu pemasangan sekitar satu tahun, tetapi tergantung dari keinginan klien.

Pendapat lain mengatakan pengertian billboard adalah papan reklame yang memiiliki ukuran besar serta diberi tulisan atau gambar yang berisi informasi, baik itu pengumuman, iklan, kampanye atau promosi suatu produk tertentu. Pada umumnya billboard ditempatkan di area yang ramai dilewati banyak orang seperti persimpangan, alun-alun, pusat kota dan sebagainya. Selain itu Billboard dibuat dengan ukuran yang cukup tinggi dan besar agar mudah dilihat.

Sumber : enigmaglobal.com

Billboard biasanya berbentuk persegi dan dibuat dengan berbagai jenis bahan seperti kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, atau bahan lainnya. Pemasangan billboard biasanya berdiri sendiri, yaitu dengan konstruktsi tetap. Namun, ada juga billboard yang dipasang pada bangunan lain, misalnya di atas toko.

http://d33advertising.com

Fungsi Billboard

Secara umum fungsi billboard ialah sebagai media informasi untuk menyampaikan ragam pesan tertentu kepada khalayak ramai. Adapun beberapa fungsi billboard adalah sebagai berikut:

  • Sebagai media promosi yang dipasang di luar ruangan sehingga dapat dilihat oleh khalayak.
  • Sebagai media iklan untuk meningkatkan penjualan suatu produk.
  • Sebagai cara untuk melakukan branding suatu merek atau produk.
  • Sebagai media penyampai informasi singkat kepada masyarakat umum.
  • Sebagai media kampanye
  • Sebagai media memperkenalkan sesuatu

Konstruksi Billboard

Peraturan    daerah (Yogyakarta)  menyatakan    papan reklame untuk jenis billboard dengan ketinggian  ruang  bebas  minimal  5,50  m  dan kedalaman  pondasi  minimal  1,50  m,  ukuran media reklame maksimal 50 m2 bentuk vertikal dengan  jarak  150  m  antara  titik  reklame  yang satu dengan yang lain. 

Struktur  papan  reklame  yang  terdiri  dari tiang  penyangga  utama  memiliki  diameter  dan ketebalan   yang   perlu   diperhitungkan   untuk memaksimalkan    keamanan    papan    reklame. Untuk    mengetahui    apakah    struktur    papan reklame  yang  sudah  terpasang  atau  yang  akan di    produksi    oleh    biro    advertising,    sudah memenuhi   kriteria   aman   atau   tidak   aman diperlukan  perhitungan  dan  pengawasan  yang baik. 

Download Gambar Billboard Autocad (dwg) dan RAB 

Berikut ini merupakan gambar kerja desain adri konstruksi billboard yang terbuat dari logam format Autocad (dwg). Selain itu dilengkapi dengan RAB dan hasil analisis strukturnya. File tersebut berguna sebagai bahan pembelajaran atau referensi serta menambah wawasan mengenai konstruksi billboard. Sobat bisa mendapatkan file tersebut secara gratis dengan menekan tombol download dibawah.

 
Gambar Billboard.rar
Size : 1 mb

 
Struktur Billboard.rar
Size :2.91 mb
 
 
RAB Billboard.rar
Size : 116.58 kb
 
password : www.taktiktekno.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar