--> Skip to main content

Download Gambar Kerja Desain Kantor Dinas File Autocad (DWG)

 

Secara etimologis kantor berasal dari Belanda: “kantoor”, yang maknanya: ruang tempat bekerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris “office” memiliki makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang tempat kerja.

Pengertian kantor dapat dibedakan menjadi 2, yaitu kantor dalam arti dinamis dan kantor dalam arti statis. Kantor dalam arti dinamis merupakan proses penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian/ pendistribusian data/informasi. 

kantor dalam arti dinamis merupakan kegiatan ketatausahaan atau kegiatan administrasi dalam arti sempit Sedangkan kantor dalam arti statis bisa berarti Ruang kerja, kamar kerja, markas, biro, instansi, lembaga, jawatan, badan, perusahaan, serta tempat atau ruangan penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan penyampaian/pendistribusian data/informasi. 

Selain pengertian-pengertian tersebut, ada beberapa pengertian kantor secara statis menurut beberapa ahli diantaranya yaitu :Menurut Moekijat(1997:3), kantor adalah setiap tempat yang biasanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha, dengan nama apapun juga tempat tersebut mungkin diberikan. 

Prajudi Atmosudirjo (1982:25),kantor adalah unit organisasi terdiri atas tempat, staf personel dan operasi ketatausahaan guna membantu pimpinan.Kallaus dan Keeling, office is a function where interdependent system of technology, procedures, and people are at work to manage one of the firm’s most vital resources-information.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kantor adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan atau juga disebut tempat bekerja. Dari definisi-definisi diatas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa kantor dalam arti dinamis adalah tempat diselenggarakannya kegiatan tata usaha di mana terdapat ketergantungan system antara orang, teknologi, dan prosedur untuk menangani data dan informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, sampai menyalurkannya.

Menurut KBBI Dinas merupakan sebuah kegiatan yang bersangkutan dengan pemerintahan dan bukan swasta. Kegiatan dalam ruang lingkup dinas memiliki kategori atau bidang yang bermacam-macam seperti dinas perhubungan, dinas kehutanan, dinas pertanian dan lain sebagainya.

Kantor dinas adalah sebuah fasikitas atau tempat untuk melakukan sebuah kegiatan atau aktivitas menjalani tugas yang berhubungan atau bersangkutan dengan pemerintahan. Sebaiknya kantor dinas dibangun ditempat yang strategis dengan tujuan agar mudah diakses oleh semua orang yang bersangkutan atau memiliki urusan tertentu.

berbeda dengan kantor organisasi swasta yang biasanya menetapkan kantornya dengan sebuah bangunan biasa yang didapatkan dengan membuat sendiri, atau mengontrak sebuah bangunan untuk dijadikannya kantor. 

Baca juga :

DOWNLOAD GAMBAR KERJA DESAIN KANTOR DINAS FILE AUTOCAD (DWG)

Dibawah ini merupakan  gambar kerja rumah dinas 2 lantai dengan format file Autocad (dwg). Gambar tersebut meliputi denah, tampak, potongan, detail pondasi, detail rangka atap dan sebagainya. File gambar tersebut bisa sobat jadikan sebagai bahan pembelajaran atau referensi jika sobat membutuhkannya khususnya dalam hal mendesain sebuah kantor atau perkantoran kedinasan.

Gambar kerja kantor dinas.rar
Size : 1.59 mb
Password : www.taktitekno.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar