--> Skip to main content

Download Gambar Tiang Rambu Lalu Lintas Format Autocad (dwg) Lengkap Dengan RAB

Sepertinya kita sudah tidak asing lagi dengan keberadaan tiang rambu lalu lintas saat bepergian dijalan. Tentu saja hal demikian memiliki tujuan tersendiri yakni sebagai pesan atau informasi yang harus di sampaikan kepada pengendara. Rambu lalu lintas dipasang pada tiang itu tidak sembarangan. Agar bertahan dan lama berdiri maka tiang harus dibuat dengan kuat dan ditempatkan di daerah yang strategis mudah dilihat oleh pengendara.

Sebelum itu sebagai wawasan tambahan apakah kita sendiri tau apa yang di maksud dengan Rambu? Oh iya, Rambu dan Marka jalan itu bisa dikatakan berbeda. Rambu Lalu Lintas adalah bagian perlengkapan Jalan yang berupa lambang, huruf, angka, kalimat, dan/atau perpaduan yang  berfungsi   sebagai peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi Pengguna Jalan.

brilio.com

Adapun Jenis - jenis dan Fungsi Rambu sebagai berikut :

  1. Rambu Peringatan, digunakan untuk memperingati pengendara kemungkinan ada bahaya / tempat berbahaya di bagian jalan yang akan di lalui.
  2. Rambu Larangan, digunakan untuk menyatakan hal yang tak boleh dilakukan oleh pengendara atau pengguna jalan lain.
  3. Rambu Perintah, digunakan untuk menyatakan perintah yang wajib dilakukan oleh pengendara atau pengguna jalan.
  4. Rambu Petunjuk, digunakan untuk menyampaikan petunjuk jurusan, jalan, situasi kota, tempat, pengaturan, fasilitas umum dan lain-lain bagi pemakai jalan.
  5. Rambu Tambahan, digunakan untuk memuat keterangan yang diperlukan untuk menyatakan hanya berlaku untuk waktu - waktu tertentu jarak dan jenis kendaraan tertentu ataupun perihal lainnya.
  6. Rambu Sementara tidak dipasang secara tetap dan digunakan dalam keadaan dan kegiatan tertentu seperti rambu perbaikan jalan, keluar masuk kendaraan proyek dan lain sebagainya.

Sedangkan Marka Jalan adalah  suatu tanda yang berada nampak di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong serta lambang lainnya yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

theconstructor.org
 
Rambu biasanya dilekatkan pada pelat aluminium atau bahan sejenisnya yang memenuhi persyaratan teknis yang selanjutnya disebut dengan Daun Rambu. Kemudian ditempelkan pada Tiang berupa batangan logam atau bahan lainnya yang sesuai dengan persyaratan teknis.

Setiap  daun  rambu  wajib  dipasang  logo  perhubungan  berupa  stiker  di  bagiandepan  sebelah  bawah. Stiker  logo  perhubungan  diterbitkan  oleh  Direktur Jenderal, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangan.

Tiang rambu dapat berupa : 

  1. tiang tunggal
  2. tiang huruf F
  3. tiang kupu-kupu dengan tiang tunggal; atau
  4. tiang gawang (gantry)dengan tiang ganda atau lebih.

Kemudian untuk pondasi yang digunakan untuk mendirikan tiang rambu terdiri dari 2 macam yakni :

  1. bangunan konstruksi pondasi cor di tempat (cast in situ); dan/atau
  2. bangunan konstruksi pondasi cor di luar (back casting). 

Download Gambar Kerja Tiang Rambu Lalu Lintas Format Autocad Beserta RAB

Berikut ini adalah gambar dari desain tiang rambu lalu lintas yang teridiri dari daun rambu, tiang dan pondasi. Selain itu gambar tiang rambu juga terdiri dari beberapa jenis. Tidak hanya itu, Perhitungan Rencana Anggaran Biaya dengan format excel dalam pembuatan tiang rambu ini juga disertakan.

Kedua file tersebut bertujuan sebagai contoh, referensi atau bahan pembelajaran bagi sobta semua yang dalam hal ini mungkin saja membutuhkannya. Sobat bisa mendapatkan file tersebut secara gratis dengan menekan tombol download dibawah.

Rambu Lalu Lintas.rar
Size : 1 mb

RAB Lalu Lintas.rar
Size : 60 kb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar