--> Skip to main content

Download Gambar Desain Ground Tank Format Autocad (dwg)

 

 

Pengertian Ground Tank

Ground tank atau dalam bahasa Indonesia lebih sering disebut Tangki bawah tanah, merupakan salah satu bentuk bak penampungan air yang dibangun atau diletakkan di bawah permukaan tanah. Ground tank biasanya menggunakan material pelat beton bertulang yang dilapisi waterproofing non-toxic (tidak
beracun) yang pada umumnya kemudian dilapisi dengan pasangan keramik berwarna putih pada lantai maupun dindingnya sehingga tangki terlihat bersih. 

Berdasarkan SNI-03-7065-2005 Tentang Tata cara perencanaan sistem plambing, Ground tank / Tangki bawah harus direncanakan sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Tangki air tidak merupakan bagian dari bangunan tersebut. Dan bila diletakkan diiluar bangunan, tangki harus kedap dan tahan terhadap beban yang mempengaruhinya.
  • Tangki yang terletak pada lantai terbawah harus diletakkan berjauhan dengan tangki pembuangan agar tidak terjadi peresapan air kotor.
  • Ruang bebas disekeliling tangki untuk lalu lintas pekerja melakukan pemeriksaan dan perawatan, sisi sebelah atas dan bawah minimal 60 cm.
  • Lubang perawatan berdiameter minimal 60 cm, dengan tutup lubang harus berada kira-kira 10 cm lebih tinggi dari permukaan pelat tutup tangki dan mempunyai kemiringan yang cukup.
  • Pipa keluar dari tangki dipasang minimal 20 cm diatas dasar tangki.
  • Konstruksi tangki dan penempatan lubang pengisian dan pengeluaran air harus dapat mencegah timbulnya bagian air yang terlalu lama diam dalam tangki.

Ground water tank memiliki beban yang harus disalurkan  ke  tanah. Beban  yang bekerja pada ground  water tank ialah bebannya sendiri serta beban air yang nanti terdapat pada ground water tank. Untuk dapat  memikul itu semua, diperlukan pondasi yang dapat menopang  beban  tersebut.  

ITEM PEKERJAAN GROUND TANK

Pekerjaan Tanah

Hal pertama yang pasti dilakukan adalah tentu saja menggali tanah karena Ground Tank berada didalam tanah. Selanjutnya dilakukan urugan pasir urug dan lantai kerja untuk alasnya. Umumnya urugan pasir urug dilakukan setebal 10 cm sedangkan lantai kerja setebal 5 cm.

Pekerjaan Tanah dilakukan diawal pembuatan ground tank dan setelah pekerjaan beton ground tank. Artinya setelah ground tank telah dibuat dengan tuntas kemudian di urug kembali dengan tanah

Untuk sisa tanah yang tidak terpakai dilakukan pekerjaan buangan tanah. Buangan tanah ini bisa dibuang ke lokasi lain dalam lingkungan proyek atau dibuang ke luar dari lokasi proyek.

Pekerjaan Pelat Beton Betulang

Beikutnya adalah merencanakan pekerjaan pelat beton bertulang yang pada umumnya terdiri dari pemasangan bekisting, pembesian dan pengecoran. Pekerjaan tersebut tentu saja menggunakan perhitungan yang ada.

Pada perbatasan antara pelat lantai dan dinding beton atau pada area stop cor (jika pengecoran tidak dilakukan sekaligus) harus dipasang waterstop untuk mencegah kebocoran.

Pekerjaan Waterproofing

Waterproofing adalah suatu pekerjaan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat sebuah objek menjadi lebih tahan atau kedap terhadap air. Konstruksi bangunan memanfaatkan bahan waterproof ini untuk melindungi dan menjaga struktur bangunan tersebut dengan meningkatkan daya tahannya.

Pekerjaan Pasangan Keramik

Setelah melakukan pekerjaan waterproofing selanjutnya adalah pemasangan keramik. Pemasangan dilakukan sebaiknya oleh pekerja yang berpengalaman.

Pekerjaan Penutup

Penutup Ground Tank ada yang terbuat dari bahan beton bertulang, tetapi agak jarang digunakan karena terlalu berat sehingga agak sulit untuk buka tutupnya. Umumnya bahan yang digunakan adalah terbuat dari pelat besi dengan rangka besi siku yang dicat dengan cat anti karat. 

Pekerjaan Tangga

Ground Tank memiliki ukuran yang cukup besar sehingga biasanya tangga diperlukan untuk menunjang operasional penggunaan atau perawatan ground tank.

Download Gambar Desain Ground Tank Format Autocad (dwg)

Berikut ini merupakan gambar desain dari ground water tank berformat autocad (dwg). Gambar terdiri dari potongan dan detail. Selainh itu terdapat beberapa desain ukuran dari ground tank. Untuk mendapatkan file tersebut silahkan klik tombol download dibawah. Semoga bermanfaat bagi sobat sebagai contoh dan referensi serta untuk bahan pembelajaran mengenai desain ground tank.

Detail Ground Tank
Size : 148 kb

Ground Tank 5x6 m
Size : 70 kb
 
Ground Tank 6 m3
Size : 293 kb
 
Ground Tank 8x2 m
Size : 70 kb

password : taktiktekno.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar