--> Skip to main content

Download Gambar Detail Talang Air Format Autocad (dwg)

 

Talang merupakan salah satu elemen penting dalam konstruksi rumah yang memiliki fungsi sebagai penampung sekaligus mengalirkan air hujan di tepi atap rumah ke tempat yang ditentukan.

Selain memiliki fungsi yang cukup penting talang memiliki beberapa jenis. Berikut ini merupakan beberapa jenis talang air yang banyak digunakan.

1. Talang logam

Talang logam yang banyak digunakan di Indonesia biasanya terbuat dari bahan seng atau aluminium. Banyak yang menggunakan talang air dengan jenis ini lantaran harganya yang murah dibandingkan dengan bahan lainnya.

Selain itu, bahannya cukup fleksibel untuk dibentuk sesuai bentuk atap, sehingga mampu mengalirkan air dengan lebih efektif. Proses pemasangannya pun lebih mudah karena talang logam terbilang enteng.

Namun kelemahan dari talang logam ini cepat menyerap panas saat cuaca panas. Namun efeknya tidak terlalu berpengaruh bagi aktifitas sehari hari karena letaknya memang diatas dan di pinggir atap.

Selain itu Talang logam juga cukup mudah berkarat dan menghasilkan suara yang berisik jika terkan benturan dari atas.

2. Talang PVC

Talang PVC juga cukup populer di Indonesia. Harganya tak kalah murah dengan talang logam. Pemasangannya pun cukup mudah karena bobotnya yang ringan. Berbeda dengan talang logam, talang PVC tidak berkarat dan tidak berisik lantaran terbuat dari bahan plastik.

Namun karena bahan plastik itu pula, talang PVC cukup rentan terhadap perubahan cuaca. Perubahan cuaca ekstrem seperti yang terjadi beberapa tahun belakangan bisa membuat talang PVC cepat rusak dan patah.

Oleh karena itu penggunaan talang berbahan PVC biasanya memiliki jangka sampai waktu tertentu dan jika sudah tidak layak harus diganti dengan yang baru.

3. Talang beton

Sebelum muncul talang logam dan talang PVC, talang beton sudah lebih dulu digunakan di rumah rumah konvensional. Jika dilihat dari kekuatan dan daya tahannya, talang beton jauh lebih unggul ketimbang dua jenis talang air di atas.

Talang beton sangat awet dan tahan lama. Perawatannya mudah, kapasitas tampungan airnya besar, suaranya pun tidak berisik.

Namun, talang jenis ini memerlukan perencanaan pemasangan yang sangat lama. Desainnya harus dibuat sesuai dengan bentuk atap. Bobotnya sangat berat ,sehingga proses pengerjaannya lama dan biaya pasangnya juga lebih mahal.

Download Gambar Detail Talang Air Baja Ringan Format Autocad 

Seperti biasa kali ini admin berbagi sebuah file gambar yaitu gambar detail talang air dengan format dwg, Gambar tersebut memperlihatkan sebuah rancangan talang air dengan konstruksi gedung utamanya adalah baja wf sedangkan talang airnya menggunakan baja ringan jenis C. Filenya cukup ringan dan bisa dibuka dengan Software Autocad dengan versi 2010 keatas.

Sobat bisa mendapatkan file tersebut secara gratis dengan menekan tombol download dibawah. Semoaga file tersebut bisa bermanfaat sebagai gambar contoh, referensi dan bahan pembelajaran bagi sobat dalam hal mendesain talang air. 

Talang Air.rar
Size : 93 kb
 
password : taktiktekno.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar