--> Skip to main content

Perhitungan (Excel) Analisis Struktur Perencanaan Jembatan Komposit

 

Jembatan komposit merupakan perpaduan antara dua atau lebih material konstruksi seperti antara konstruksi beton pada lantai kendaraan dan konstruksi baja pada gelagar induk dan diafragma  yang disebut dengan komposit baja- beton. Beton pada lantai jembatan ditumpu oleh  gelagar  induk  dengan  sayapnya. Untuk membuat baja dan beton ini menjadi satu kesatuan yang homogen, makadiberi satu penghubung geser (shear connector) sehingga baja  dan beton tersebutdapat bersama-sama menahan gaya-gaya yang timbul. Kontruksi jembatandibagi menjadi dua bagian pokok yaitu :

Kontruksi jembatan dibagi menjadi dua bagian pokok yaitu :

A. Bangunan Atas (Upper Structure)Lantai kendaraan.
  • Trotoir.
  • Gelagar Diafragma.
  • Gelagar Induk.

B. Bangunan Bawah ( Sub Structure )

  • Andas Roll dan Sendi.
  • Abutment ( Kepala Jembatan ).
  • Pondasi.
  • Pilar.
1. Lantai Kendaraan.
Lantai kendaraan untuk jembatan komposit ditopang oleh gelagar memanjang dan diperkuat oleh diafragma.

2. Trotoar.
Trotoar merupakan bagian dari konstruksi jembatan yang  ada  pada  ke dua samping  lajur  lalu  lintas.  Trotoar  ini  berfungsi  sebagai  lajur  pejalan   kaki  dan terbuat  dari  beton  tumbuk,  yang  menyatu  dan  homogen  dengan  plat lantai kendaraan dan sekaligus berfungsi sebagai balok pengeras plat lantai kendaraan.

3. Gelagar Memanjang.
Gelagar memanjang ini  merupakan  tumpuan  plat  lantai  kendaraan dalam arah memanjang. Gelagar ini biasanya dipakai profil IWF.

4. Gelagar Diafragma.
Gelagar diafragma merupakan gelagar dengan arah melintang yang mempunyai fungsi untuk mengikat atau perkakuan antara gelagar-gelagar memanjang.Gelagar diafragma ini biasanya dipikul oleh profil I, L, C, double L, dan double C.

5. Perletakan ( Andas).
Perletakan (andas) merupakan tumpuan  perletakan  atau  landasan  gelagar pada abutment.Fungsi utama dari perletakan ini adalah menerima beban sendiri bangunan atas jembatan dan beban lalu lintas melalui balok pemikulnya.

6. Abutment.
Abutment merupakan tumpuan  dari  gelagar  jembatan  pada  bagian  ujung beton atau muatan yang diberikan  pada  abutment  dari  bagian  atas.  Beban jembatan dilimpahkan kepondasi  di  bawahnya  yang  kemudian diteruskan ke tanah.

7. Pilar.
Pilar merupakan tumpuan gelagar yang terletak di antara ke dua abutment, yang bertujuan untuk membagi kedua bentang  jembatan  agar  didapatkan bentang jembatan yang kecil atau tidak terlalu panjang untuk menghindari adanya penurunan yang besar pada bangunan atas

8. Pondasi.
Fungsi utama dari pondasi adalah menerima beban dari semua bagian yang ada di atasnya serta meneruskannya ke tanah.Tipe pondasi ditentukan setelah mengetahui keadaan  tanah  dasarnya  melalui  data-data  hasil  sondir  atau  boring yang dipakai

Struktur Jembatan Komposit

Aksi komposit atau konstruksi komposit dalam struktur adalah interaksi dari elemen struktur yang berbeda dan dapat terjadi dengan menggunakan  material yang sama atau berlainan, yang disatukan dengan menggunakan shear connector sehingga bekerja sama dalam memikul beban.

Konstruksi komposit bisa merupakan perpaduan antara baja dan beton, kayu dengan beton, dan lain-lain. Kontruksi komposit dibuat sedemikian rupa dengan  memanfaatkan  keunggulan  dari  masing-masing bahan,  dari  kedua jenis bahan yang berbeda tadi, terutama dalam kemampuannya memikul gaya tarik dan gaya tekan.

Aksi komposit terjadi apabila dua bagian struktur pemikul beban, dihubungkan secara komposit menjadi satu, sehingga dapat melentur secara bersamaan dan menyatu, dengan kata lain tidak terjadi gelincir diantara permukaan beton dan baja. Aksi komposit hanya dapat terjadi apabila :

  1. Lantai beton dan balok profil baja dihubungkan dengan penghubung geser secara tepat pada seluruh bentangnya. 
  2. Distribusi tegangan adalah linier disetiap penampang 
  3. Lantai beton dan balok baja tidak akan terpisah secara vertical bagian manapun sepanjang bentang
 Perhitungan Perencanaan Jembatan Komposit

Perencanaan dalam pembangunan jembatan bisa dikatakan sangat kompleks karena melibatkan aspek-aspek yang sangat perlu diperhatikan khususnya dalam pembebanan. Perhitungan pembebanan yang tepat akan menentukan penggunaan jenis baja dan mutu beton sehingga bisa berefek pada kualitas, keamanan serta nilai ekonomis terhadap semua material yang akan digunakan dalam pembuatan jembatan.
 
Dengan demikian diperlukannya ketelitian dalam perhitungan mengenai analisis struktur terhadap sebuah jembatan. Berikut ini merupakan contoh perhitungan analisis struktur terhadap perencanaan jembatan tipe komposit dalam bentuk format excel. Sebagai gambaran, komponen atau elemen yang diperhitungkan dalam perencanaan jembatan komposit ini antara lain :
 
1. Data teknis, meliputi dimensi jembatan, dimensi trotoar, jumlah gelagar, tebal beton, tebal aspal, tinggi air hujan (asumsi) dan lain lain
2. Jenis material, meliputi mutu beton dan jenis baja yang digunakan
3. Selanjutnya adalah perhitungan terhadap tiang sandaran meliputi pembebanan sehingga akan mendapatkan nilai beban dan tulangan yang digunakan
4. Perhitungan plat lantai trotoar, perhitungan dilakukan terhadap beban dan momen sehingga akan didapat hasil yaitu penulangan terhadap momen dan geser.
5. Berikutnya adalah perhitungan terhadap plat lantai kendaraan, ini merupakan hal yang kompleks dimana yang menjadi point perhitungan cukup banyak yakni pembebanan yang meliputi beban mati, beban hidup, beban sendiri, beban gempa, beban angin, berat air hujan, berat aspal, berat beton, berat gelagar. Sehingga nantinya akan didapat dimensi penulangan terhadap arah kedua sumbu melintang atau memanjang.
6. Perhitungan Gelagar Memanjang
7. Perhitungan Gelagar Melintang

Untuk mendapatkn file excel perhitungan perencanaan jembatan komposit silahkan klik tombol dibawah ini. File tersebut berguna sebagai contoh, referensi atau bahan pembelajaran mengenai perencanaan terhadap jembatan komposit. 
 
Selain itu, dalam perencanaan jembatan ini diperlukan juga tabel daftar penulangan dan tabel daftar baja untuk mempermudah dalam melakukan percobaan perhitungan menggunaan tulangan atau profil baja tertentu dengan melihat kepada deskripsinya. 

Perencanaan Jembatan Komposit.rar
Size : 928 kb

Tabel Daftar Penulangan.rar
Size : 1.4 mb
 
Tabel Daftar Profil Baja.rar
Size : 2.24 mb

password : taktiktekno.com
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar