Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Gambar DWG Detail Fasade Konstruksi Apartemen Format Autocad

 

 

PENGERTIAN FASADE

Fasad Bangunan, Mengenal Fasad Bangunan dalam Kajian Arsitektur. Fasade (facade ) secara etimologis mempunyai akar kata yang panjang. Facade berasal dari bahasa Perancis, yaitu façade yang diambil dari bahasa Italia facciata atau faccia. Faccia diambil dari bahasa Latin, yaitu facies. Dalam perkembangannya berubah menjadi face (bahasa Inggris ) yang berarti wajah.

Berdasarkan pernyataan diatas maka fasade adalah tampilan muka pada eksterior sebuah bangunan dari sudut tertentu baik itu tampak depan, belakang dan samping. 

Fasad merupakan elemen pertama yang dapat dilihat dan dinilai oleh orang lain dari luar bangunan yang dapat menunjukkan karakter, kesan, keunikan, serta keindahan bangunan.

Karena merupakan tampilan pertama yang dilihat public maka fasade bangunan akan menjadi sebuah factor pengaruh bagi public dalam memutuskan untuk menjadikannya sebagai tempat tinggal.

FUNGSI FASADE BANGUNAN

1.    Elemen Visual yang Pertama Diamati
Dikarenakan Fasade merupakan tampilan pertama yang terliha publik maka akan bermunculan berbagai persepsi terhadap bangunan tersebut.
Sebagai elemen pertama bangunan yang dapat ditangkap secara visual, maka fasade juga bisa digunakan sebagai patokan untuk memberi gambaran pada orang lain ketika memberikan gambaran mengenai letak suatu bangunan tertentu.

2.    Menunjukkan Gaya Arsitektur
Tak jarang, fasad bisa menunjukkan identitas arsiteknya. Sebagai elemen estetis dari sebuah bangunan, maka facade seringkali menggambarkan identitas karya arsitektur yang dijadikan sebagai point of interest.  Facade juga dapat merepresentasikan karakteristik dan keunikan gaya arsitektur tersebut.

3.    Cerminan Tata Ruang 
Fungsi facade selanjutnya yaitu untuk menunjukkan karakter, kesan, keunikan, serta keindahan bangunan secara keseluruhan. Oleh karenanya, desain fasad sebaiknya merupakan satu kesatuan antara konsep desain dan organisasi ruang yang ada didalamnya.

Ketika merancang sebuah fasad bangunan standarisasi yang berhubungan dengan kesehatan, keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengguna tetap diperhatikan. 

4.    Memiliki Nilai Komersial
Tak hanya sebatas penilaian tentang wajah atau tampak luar bangunan yang mencerminkan ciri khas bangunan tersebut, facade juga memiliki nilai komersial. Ketika hendak menjual rumah, maka calon pembeli memperhatikan bagian fasadnya terlebih dahulu.

Jadi sangat beralasan jika bangunan seperti hotel, gedung perkantoran, apartemen, dan fasilitas-fasilitas publik lainnya menganggap fasad membawa pengaruh signifikan pada bangunan. Artinya, pemilik bangunan ingin menunjukkan ciri khas sekaligus nilai unik yang tidak dimiliki bangunan lain sejenisnya.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENDESAIN ELEMEN FASADE

Untuk desain fasade tentunya jangan sampai mengorbankan kenyamanan para penghuni rumah tersebut. Keamanan dan kenyaman dalam desain bangunan juga harus diperihatikan baik dalam kegiatan beraktivitas atau saat beristirahat.

Hal tersebut tentu mengandung konotasi bahwa meskipun nilai fasade harus dikedepankan, tetapi perancangannya harus memperhatikan kebutuhan dan kualitas ruang. Dalam proses perancangan, desain fasade harus menduduki posisi utama.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam mendesain elemen fasade, gunakan standarisasi yang berhubungan dengan kesehatan, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna. Agar fungsi bangunan juga dapat berjalan optimal, sesuaikan masing-masing elemen fasade terhadap standar yang ada.

CONTOH GAMBAR FASADE APARTEMENT FORMAT AUTOCAD (DWG)

Setelah menyimak penjelasan diatas kini anda bisa mendapatkan contoh gambar Fasade Apartemen 2D format Autocad (dwg). File gambar tersebut bisa anda jadikan sebagai referensi dan bahan pembelajaran saat mendesain sebuah gambar. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan menekan tombol download dibawah.



Selain daftar katalog gambar, untuk konstruksi apartemen ini terdapat gambar penunjang lainnya seperti potongan, denah dan lain-lain. Anda bisa mendapatkannya secar a gratis dan bisa anda jadikan sebagai koleksi lengkap gambar apartemen untuk bahan referensi dan pembelajaran. Untuk mendapatkannya ikuti tautan yang ada dibawah ini :

1. Gambar dwg denah apartemen, Klik disini
2. Gambar dwg potongan apartemen, Klik disini 
3. Gambar dwg detail unit apartemen, Klik disini
4. Gambar standar untuk konstruksi apartemen, Klik disini
5. Katalog gambar perencanaan apartemen, Klik disini

Posting Komentar untuk "Download Gambar DWG Detail Fasade Konstruksi Apartemen Format Autocad"