Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhitungan Excel (xls) Analisis Spun Pile Untuk Pondasi

 

  

Pengertian Spun Pile

Spun pile adalah salah satu jenis tiang pancang beton prestressed (beton prategang) yang berbentuk bulat dengan rongga pada bagian dalamnya. Tiang pancang jenis ini banyak digunakan untuk pondasi bangunan bertingkat tinggi dan pada pekerjaan pembangunan jembatan.

Ukuran spun pile sangat beragam tergantung dari produsennya. mulai dari diameter 300, 350, 400, 450, 500, 600, 800, 1000, hingga yang terbesar adalah 1200 mm. sedangkan panjang spun pile mulai dari 6 meter hingga 24 meter

Spun pile merupakan Salah satu konstruksi overpass/pondasi dengan posisi berada di bawah sehingga berhubungan langsung dengan tanah. Hal ini dilakukan agar beban yang ditanggung overpass secara menyeluruh dapat didistribusikan melewati pondasi sebelum mencapai tanah.

Hal di atas dapat menyebabkan bangunan yang terbebani dapat mengalami penurunan. Meskipun demikian, tidak diperbolehkan mengalami penurunan hingga melebihi batas yang sudah ditetapkan. Penurunan diharuskan merata atau tidak terjadi penurunan sama sekali.

Hal ini dilakukan agar tidak merubah bentuk maupun struktur bangunan yang sudah ada. Pada umumnya, pondasi spun pile/spun pile adalah bangunan jembatan dengan posisinya berada di bagian bawah dan memiliki fungsi untuk menerima beban serta mendisitribusikannya menuju lapisan tanah keras. Tentunya, lapisan tanah cukup kuat menahannya berdasarkan perhitungan.

Penggunaan Spun Pile

Pondasi ini merupakan salah satu tiang pancang yang dibuat dari beton bertulangan dengan pencetakan serta pengecoran dalam bekisting. Apabila sudah cukup kuat dilakukan pengangkatan dan pemancangan. Kekuatan pondasi ini dapat mencapai beban besar hingga lebih dari 50 ton untuk tiap tiang.

Hal tersebut bergantung atas dimensinya. Proses perencanaan tiang jenis ini, panjang tiang perlu dilakukan penghitungan secara teliti. Apabila panjang berkurang maka perlu dilakukan penyambungan. Hal ini akan menambah biaya dan waktu menjadi lebih lama.
Pemasangan Spun Pile

Spun pile biasa dijadikan sebagai soldier pile yang dikenal sebagai dinding penahan tanah. Bangunan ini terdiri atas serangkaian maupun barisan bored pile yang dibuat dari beton dan dicor pada tempat tersebut (cast in situ).

Contoh analisa perhitungan spun pile untuk pondasi

Berikut ini merupakan contoh perhitungan pada analisa perencaan pondasi spun pile lengkap dengan pile cap. Anda bisa mendapatkan file tersebut secara gratis dengan menekan tombol download dibawah. 

Sebelum mendownload filenya akan dijabarkan terlebih dahulu gambaran isi dari perhitungan analisa file excel ini yaitu :

Standar perhitungan mengacu pada :

  • Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Gedung, 1987
  • Peraturan Perencanaan Tahan Gempa Indonesia untuk Gedung, 2002
  • Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Bertulang, 2002
  • Peraturan Perencanaan Bangunan Baja Indonesia, 2000
  • American Concrete Institute (ACI) 318-83
  • AISC - LRFD, 1993
  • Konstruksi Beton I, Delta Teknik Group, 2007
  • Code / Standard Nasional dan Internasional lain yang relevan

Menghitung reaksi perletakan

Reaksi perletakan dihitung menggunakan aplikasi SAP2000. Hasil dari perhitungan reaksi perletakan ini adalah jumlah dari spun pile yang digunakan

Perhitungan tiang pancang/spun pile

perhitungan ini merupakan contoh dari analisa tiang pancang dalam suatu proyek. variabel dalam perhitungan ini antara lain menghitung berat sendiri pilecap dan spun pile, menghitung gaya akibat p dan momen.

Perhitungan tulangan pile cap

Selain analisa terhadap beban dan gaya yang bekerja pada pilecap dan spun pile, juga disertai dengan perhitungan tulangannya.

Doenload Analisis Perhitungan Spun Pile dan Pile Cap

Isi dari perhitungan analisis tersebut adalah sebagai contoh untuk pembelajaran dan referensi bagi anda yang membutuhkannya. untuk mendapatkannya silahkan download dibawah.

 
Analisa perhitungan spun pile
Baca juga :

password : taktiktekno.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat mendownload file nya silahlahkan simak caranya disini

Posting Komentar untuk "Perhitungan Excel (xls) Analisis Spun Pile Untuk Pondasi"