Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Solusi Permasalahan Setrika Listrik


Setrika Listrik merupakan peralatan listrik rumah tangga yang mempunyai daya yang cukup besar. hampir semua rumah pasti memiliki strika listrik utk merapikan pakaian. Peralatan listrik juga tak terlepas dari permasalahan yang memerlukan maintenance. berikut beberapa permasalahan yang sering terjadi pada setrika listrik

1. Setrika Kurang Panas

Setrika kurang panas bisa jadi karena ada masalah pada tegangan listrik yang masuk ke dalam setrika. Coba pindahkan setrika ke stop kontak yang lain, bisa jadi setelah dipindahkan, setrika listrik dapt kembali normal.

Tingkat hasil panas setrika listrik bisa berbeda-beda tergantung jenis watt dan jenis pakaian yang disetrika. Cara paling mudah jika menemukan tingkat panas yang tidak normal atau terasa kurang panas terhadap pakaian adalah dengan memperbaiki di tempat ahli atau service center.

2. Setrika Nyetrum

Jika Setrika nyetrum, ini terjadi karena ada hubungan singkat antara sumber tegangan ke badan logam setrika. biasanya, ini disebabkan oleh terkelupasnya kabel tegangan atau karena peredam panas (isolasi) bocor. sebaiknya jika problem seperti ini setrika dibawa ke service center atau tukang reparasi alat listrik

3. Setrika Lengket

Setrika akan lengket jika lapisan sudah tergores atau suhu setrika terlalu panas. pada kondisi ini sterika tidak dapat menyetrika dengan baik. masalah tersebut dapt diatasi dengan pemilihan setrika yang menggunakan lapisan keramik sehingga lebih tahan gores, licin dan mudah dibersihkan.Jika ada sisa bahan yang menempel lakukan proses pemebrsihan saat setrika dingin. caranya bersihkan dengan kain lap yang ditambahkan sedikit air. ingat, jangan lakukan pembersihan dengan benda tajam.

4. Setrika Mati Total

Banyak penyebab mengapa setrika mati total jika pernah terjatuh, bisa jadi karena ada komponen yang terlepas. sebaiknya dikonsultasikan ke service center atau tukang repasrasi alat listrik terdekat.

5. Lampu Tidak Menyala

Bisa jadi lampu setrika terputus atau sambungan lampu setrika yang ada didalam setrika putus. sebaiknya dikonsultasikan ke service center atau tukang repasrasi alat listrik terdekat.

6. Kabel Menggulung

Jika Kondisi kabel setrika menggulung karena terkelupas sebaiknya segera ditangani untuk menghindari terkena strum dan terjadi korsleting. Untuk menjaga agar kabel setrika tetap awet sebaiknya saat tidak digunakan, gulung kabel setrika dengan bentuk bulat. akan lebih bagus lagi jika setrikaan tersebut memilik tempat penggulung kabel di badannya sehingga setrika mudah disimpan dan kabel tidak mudah terlipat atau bengkok.

Posting Komentar untuk "6 Tips Solusi Permasalahan Setrika Listrik"