Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renovasi dan Maintenance Dapur Agar Lebih Menarik


Dapur merupakan bagian dari rumah yang cepat kotor dan terlihat sumpek. Karena segala aktivitas mengolah dan mempersiapkan makanan di lakukan di dapur. Bahkan dapur seringkali menjadi tempat berkumpul dengan keluarga karena biasanya dapur menjadi satu dengan meja makan atau paling tidak berdekatan dengan meja makan

Hal ini membuat renovasi dapur merupakan hal yang penting dan perlu. misalnya dengan mengganti meja beton yang disediakan pihak pengembang dengan bahan multipleks. Sehingga dapur akan terlihat lebih bersih dan leluasa

Ada beberapa tahap maintenance atau renovasi dapur yaitu tahap persiapan dan tahap pengerjaan.


Tahap Persiapan

1. Agar Pengerjaan tidak melebar kemana-mana dan membuat bujet membengkak maka hal-hal yang perlu diperhatikan

2. Tuliskan daftar kebutuhan, sehingga kebutuhan biaya dapat diprediksikan dan terukur

3. Tentukan perlengkapan dapur yang akan dipasang misalna antara lain, sink, kompr, kulkas dll. langkah ini untuk menentukan seberapa besar ukuran dapur yang dibutuhkan.

4. Buatlah skema awal terkait letak saluran air bersih / kotor dan saluran pengisap udara,instalasi kabel dan lampu penerangan. skema ini digunakan untuk merancang desain dapur yang akan dilakukan renovasi

5. Buatlah desain dapur yang lengkap dengan jenis perlengkapan yang digunakan. disertai ukuran dan merk produk perabot. Gunakan jasa desain interior jika anda tidak yakin dengan desain anda sendiri.

6. Buatlah RAB (Rencana Anggaran Biaya) dibantu dengan arsitek atau pemborong bangunan


Tahap Pengerjaan

1. Apabila desain sudah ada maka pembuatan kitchen set sudah dapat dilakukan. sambil menunggu kitchen set jadi, maka bisa langsung dilakukan renovasi fisik seperti membongkar meja beton standar yang disediakan pihak pengembang.

2. Meja beton dibongkar lebih dahulu karena member kesan dapur sempit padahal anda bisa membuat banyak area penyimpanan di dapur.

Penyesuaian tata letak pipa dan instalasi listrik dengan desain yang baru.

Untuk menekan bujet dan menghemat waktu sebaiknya disarankan tidak mengubah tata letak pipa dan listrik yang telah terpasang di denah awal


Material Yang Dibutuhkan

Adalah material yang sering digunakan untuk membentuk kitchen set. ketebalannya minimal 1,8 cm. 

Selain Mozaik, bahan yang lain adalah keramik yang digunakan sebagai back panel. kelebihannya keramik mudah dibersihkan.

 

Mozaik

Pilihlah material mozaik sebagai pengisi area back panel. tempelkan pada papan GRC yang sudah dipotong sesuai ukuran dinding. lembaran GRC disekrup dan di semen dengan semen instan (khusu nat) 


Granit

Untuk member kesan mewah lapisi area table top dapur anda dengan granite. Granite juga kuat dan tahan terhadap goresan. tapi mudah kotor.


Finishing HPL

Untuk Finishing bisa menggunakan HPL sebagai pelapisnya. harganya terjangkau juga banyak varian warna dan motif.

Posting Komentar untuk "Renovasi dan Maintenance Dapur Agar Lebih Menarik"