Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Dinding Berjamur Dan Retak Rambut


Dinding bisa dibilang sebagai area yang paling menentukan keindahan rumah. Karena dengan mengecat dinding anda dan pastinya jadi lebih indah. Tapi dinding juga menjadi area yang paling sering mengalami masalah. Berikut permasalahan yang sering terjadi pada dinding rumah dan solusi pemecahannya :

1.   Cat Mengelembung

Cat menggelembung dan mengelupas sering terjadi pada dinding yang baru selesai dilakukan pengecatan.

Solusi : Ketika ingin mengecat dinding selalu pastikan untuk mengelupas cat dinding lama terlebih dahulu. Proses cat dinding menggelembung biasanya terjadi karena dinding baru langsung ditimpa dngan dinding lama sehingga terjadi reaksi kimia yang menyebabkan cat tidak merekat sempurna dan menggelembung akibat gas hasil reaksi kimia. antisipasinya lakukanlah pengelupasan lapisan cat yang menggelembung tersebut sampai bersih dan tunggu sampai kering. apabila pengelupasan menggunakan air maka tunggu sampai benar-benr kering baru dilakukan pengecatan yang baru

2.   Dinding Rembes dan Mengompol

Kadang-kadang kita musim penghujan datang dinding rumah mengalami perembesan air hujan sehingga ketika kering akan menimbulkan bekas atau bercak seperti bekas ompol.

Solusi : Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari sumber perembesan. lakukan perbaikan kemudian kerok cat lama terus lapisi dinding dengan bahaqn waterproofing. Idealnya lapisi dinding luar dengan plester dan aci. lalu lapisi dengan lapisan waterproofing dan cat. namun cara ini hanya sementara dan harus diulangi secara berkala.

Hal sama bisa dilakukan pada dinding mengompol karena secara umum penyebab dinding mengompol karena rembesan.

3.   Dinding Berjamur

Karena keseringan terpapar air, dinding juga bisa menjadi kusam dan berjamur. biasanya hal ini terjadi pada dinding yang menempel dengan dinding kamar mandi

Solusi : Masalah ini terjadi ada rembesan dari celah-celah dinding keramik akibat perekat keramik yang tidak penuh. sehingga hal yang perlu dilakukan apabila dinding kamar mandi sudah terpasang ubin keramik maka kupas kembali ubin seluas dinding yang lembab serta berjamur tersebut, kemudian aplikasikan perekat ubin keramik dengan penuh agar tidak terjadi lubang yang akan menjadi celah air untuk masuk.

Solusi lainnya adalah membersihkan jamur yang menempel pada dinding terlebih dahulu, kemudian basmi jamur sengan larutan fungisida lalu sikat dinding sampai bersih. lakukan pembilasan dinding dengan air. setelah dinding kering maka lapisi dinding dengan waterproofing sehingga dinding siap untuk dilakukan pengecatan kembali

4.   Dinding Mengalami Retak Rambut

Ada kalanya dinding mengalami keretakan sebesar rambut. retak rambut ini diakibatkan oleh komposisi adukan untuk rabat yang tidak pas. standar perbandingan semen dan pasir pada rabat ruangan biasa adalah 1 : 4 sedangkan untuk kamar mandi perbandingannya 1 : 3.

Solusinya : Beri semen pada setiap jalur retakan rambut kemudian lakukan pengecatan kembali

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Dinding Berjamur Dan Retak Rambut"