--> Skip to main content

INI ALASAN ORANG PERCAYA HOAX



Kenapa orang gampang percaya hoax?

Kenapa bisa cepat tersebar?

Kenapa harus dihentikan?


Oke, jadi gampangnya, kita seringkali menerima atau melihat sesuatu tanpa dipertanyakan dulu karena informasinya yang membuat kita setuju. Ya, itu karena hoax berisi info yang bombastis, sensasional, dan membuat orang terkejut Serta membuat pembacanya merasa harus cepat-cepat menyebarkan informasi yang ada, tanpa bertanya-tanya terlebih dahulu. Akhirnya, kabar palsu yang menipu pun bisa menyebar dengan cepat


Tapiii, kenapa hoax itu harus dicegah?


bagaimana mencegahnya?


Hoax adalah suatu tindakan kejahatan. Saking jahatnya, hoax ini sering dipake sama politikus untuk menjatuhkan lawan, teroris menggunakan hoax untuk menyebar ancaman dan ketakutan, sampai orang-orang kurang kerjaan yang hobinya niupin rasa kebencian. Intinya, jika dibiarkan, kebohongan yang diulang-ulang akan dipercaya sebagai kenyataan dan jika itu terjadi, dunia akan penuh manipulasi dan tipuan,sampai akhirnya kita tidak tahu, mana yang jujur dan mana yang ingin membuat hancur.


Lantas, bagaimana cara mencegahnya?


kita harus punya kemampuan literasi digital. Lewat cara ini, semua orang bisa mencari, menilai, menggunakan, sampai nyebarin bahkan bikin konten yang positif dan buang yang negatif

ketika pake teknologi digital dan internet. Jadi, setiap ada berita yang mengagetkan kita bisa buru-buru cek ke mesin pencari dan tanya kebenarannya sebelum percaya dan bahkan, nyebarin ke mana-mana.

Jadi, jika kita menemukan informasi yang tidak terdapat penulis serta sumbernya yang hanya didapat dari grup sebelah saja yamg isinya bombastis dan penuh sensasi sampai asumsi-asumsi yang tidak terbukti informasi itu harus dicurigai, karena bisa jadi, kabar itu adalah kabar palsu dan cuma bikin kita ketipu.

Selalu bertabayunlah jika ada informasi yang mengagetkan serta bersifat bombastis dan sensational, periksa dulu penulis serta carilah kebenaran info tersebut dengan mencari tahu pada sumber yang terpercaya.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar