--> Skip to main content

Tips Agar Lulus Test Wawancara Saat Melamar Kerja




Wawancara merupakan salah satu tes dalam penerimaan kerja yang dilaksanakan semua perusahaan. Tak jarang ada saja orang yang tidak diterima menjadi karyawan karena tidak lulus dalam tes wawancara. Meskipun mempunyai otak pintar dan fisik bagus namun tak kalah pentingnya dalam melamar suatu pekerjaan perusahaan membutuhkan orang yang selalu disiplin dan berperilaku baik. Untuk mengetahui hal itu maka perusahaan mengadakan tes wawancara. Dengan begitu orang perusahaan akan mengetahui kepribadian pelamar. Nah berikut ini adalah beberapa tips saat menjalani tes wawancara :


1. Attitude (Sikap)

Ini hal yang sangat penting, saat kita wawancara kerja pasti yang akan dilihat attitude kita, bagaimana kita bersikap, berbicara dan menanggapi pembicaraan. Mungkin Guru BK kita pernah berkata "attitude dan memperhatikan keadaan sekitar itu penting banget", contohnya saat kita belum dipersilahkan untuk duduk jangan duduk dulu dan bila sudah dipersilahkan jangan lupa kita bilang terimakasih. Satu lagi perhatikan keadaan sekitar, kalau ada sampah cobalah untuk mengambilnya lalu buang ketempat sampah atau jika ada gelas minuman kemasan di pinggir meja ambilah lalu letakkan agak ketengah meja agar tidak jatuh. melalui tindakan itu kamu bisa dinilai disiplin.

2. Jangan Gugup

Ini merupakan hal yang sangat penting dan hal ini menjadi bagian yang sangat di nilai. Jangan menjadi orang yang gugup saat berinteraksi pada wawancara. Karena saat kerja nanti kita mungkin saja bakal jadi pembicara di depan orang banyak

3. Tegas

Jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan setegas mungkin. karena ini bisa menjadi penilaian mereka tentang seberapa rasa optimis kita.

4. Jadilah Dirimu Sendiri

Jadi dirimu sendiri sebagaimana adanya. Tidak perlu berbohong karena takut tidak diterima, dari cara jawab kita mereka bisa mengetahui kita berbohong atau tidak.

5. Jujur

Jawab apa adanya dan sejujur-jujurnya, misalnya: apakah anda bisa mengoperasikan mesin bubut? kalo bisa ya jawab bisa kalo tidak bisa ya bilang tidak bisa tapi inget, jawaban tidak bias harus di selipi dengan sedikit kata "tapi saya mau belajar kok" dengan jawaban seperti itu pasti kamu dinilai bagus sekali karena kamu tidak bisa tapi ada kemauan untuk bisa.

6. Jangan Sok Pintar

Tindakan ini yang bikin kamu malah jadi tidak diterima, tindakan sok pintar yang padahal kamu tidak tau apa-apa. mendingan kamu bilang saya tidak bisa daripada bilang bisa dan saat di tes ternyata kamu tidak bisa, itu akan mempermalukan dirimu sendiri.

7. Gaji

Di stiap wawancara kerja biasanya ditanyain masalah gaji. Untuk urusan ini tergantung masing-masing mau jawabnya seperti apa. tapi alangkah baiknya saat ditanya jawablah dengan jujur dan tidak muluk-muluk dan katakanlah sesuai umr dan kebijakan

8. Senyum dan Ucapkan Terima Kasih

Yang terakhir senyum dan bilang terima kasih saat selesai diwawancarai.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar