--> Skip to main content

Mengatasi Masalah Modem VIVO WM31 ZTE Tidak Terbaca Di Laptop



Mengatasi Masalah Modem - Modulator Demolator (MODEM) merupakan sebuah bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Ada beberapa jenis modem yaitu modem internal dan modem eksternal. kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang modem Eksternal dengan merk Vivo. Pada awalnya saya masih belum mengetahui dan kurang pengetahuan tentang pengetahuan modem eksternal ini. Saya fikir dalam menggunakan modem eksternal ini tinggal colok ke laptop dan siap digunakan. Namun, setelah di colokkan ternyata modem tidak terdeteksi. 

Dalam benak saya pasti ada yang kurang dalam hal penggunaan modem vivo ini. Setelah saya teliti dan saya kira mungkin saja driver modem vivo ini ada yang belum terinstal. Karena didalam modem hanya ada software modemnya saja tanpa ada driver bawaan jadi saya putuskan untuk mencarinya dan mengunduhnya di internet. Berikut adalah cara menginstal driver Modem Vivo

1. Ketik pada pencarian google dengan kata kunci Driver Modem Vivo WM31 (Karena modem saya modelnya WM31) atau jika teman-teman tidak ingin ribet saya sudah sediakan DISINI. selanjutnya silahkan Anda menuju langkah no. 4

2. Setelah itu pilih alamat web yang tempat download yang paling atas

3. Selanjutnya pilih Download Driver Modem VIVO WM31 Data Connection Driver seperti pada gambar dibawah


4. Setelah di klik maka akan download otomatis, selanjutnya adalah tinggal install seperti biasa


Penggunaan modem ini telah saya uji coba dengan kartu SIM Card Telkomsel dan SIM Card Tri, untuk masalah jaringan dan kecepatan download untuk di tempat saya keduanya cukup baik dan normal tidak ada lemot sama sekali, baik dipakai untuk browsing, download, social media dan bahkan nonton streaming video di Youtube tidak ada lemot sama sekali. Namun sangat disayangkan, dalam penggunaan modem ini dalam durasi yang lama yang saya alami modem ini mengalami error tidak terkoneksi ke internet meskipun dalam software modemnya menunjukkan terkoneksi. Solusinya adalah modem tersebut harus di putus terlebih dahulu koneksi modemnya dengan internet kemudian sambungkan kembali dan koneksipun akan kembali normal. Sangat disayangkan jika hal demikian terjadi secara terus menerus. Namun untuk penggunaan yang tidak berlebihan dan tidak terlalu lama modem cukup membantu. 

Dalam penggunaan pada windows 10 modem ini juga berfungsi dengan baik serta memiliki koneksi dengan kecepatan normal saat mobile hotspot dinyalakan untuk berbagi koneksi dengan perangkat lain melalui hotspot laptop. Mungkin itu saja pengalaman yang saya alami dalam menggunakan modem vivo model WM31. Kekurangan dan kelebihannya itu adalah hal yang normal dalam barang hasil ciptaan manusia tapi yang jelas barang itu bisa bermanfaat untuk membantu dalam kehidupan manusia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar