--> Skip to main content

Cara Merekam Layar Pada Windows 10 Tanpa Aplikasi



Cara Merekam Layar Tanpa Aplikasi - Merekam aktifitas layar computer biasanya dilakukan saat momen tertentu,misalnya untuk membuat video tutorial, presentasi, merekam game dan keperluan lainnya. Untuk melakukannya biasanya kita harus menginstal aplikasi perekam layar. Dengan menginstal aplikasi tersebut kita bisa menyetting kualitas dari hasil rekam layar yang dilakukan. Akan tetapi, menginstal aplikasi tambahan tentu saja akan memakan ruang memori yang cukup besar, sehingga jika aktivitas rekam layar dilakukan pada computer yang memiliki spek yang rendah bisa saja menimbulkan gangguan seperti lag saat merekam layar.


Sekarang untuk merekam berbagai aktifitas layar kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun hal tersebut hanya bisa dilakukan pada computer yang terinstal Windows 10. Jarang orang mengetahui bahwa Windows 10 sejatinya dilengkapi dengan berbagai fitur yang kekinian untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Fitur untuk merekam layar pada Windows 10 adalah terletak pada XBOX Game Bar. Sepertinya Microsoft faham betul dengan hal yang ramai di dunia yang serba canggih ini salah satunya adalah kemajuan dan banyak penghobi game, sehingga dengan begitu mungkin saja Microsoft menambahkan fitur ini agar mempermudah bagi para pecinta Gaming, makannya fiturnya terletak pada menu XBOX Game Bar. Karena kita tahu XBOX merupakan sebuah perangkat untuk bermain berbagai macam game. Tak kalah dengan aplikasi luar, kualitas video dan audio hasil rekaman bisa kita tentukan yaitu Low sampai dengan High mulai dari 30 fps – 60 fps untuk video dan 96 kbps – 192 kbps untuk kualitas audio.



Untuk melakukan perekaman layar cukup mudah sekali karena fitur tersebut bisa langsung muncul dan berfungsi tanpa menuju ke menu Xbox Game Bar dulu karena sudah dilengkapi dengan tombol Shortcut, jadi kita bisa melakukan perekaman layar dimanapun posisi layar kita atau sedang apa yang tampil pada layar. 

Selain untuk merekam layar fitur ini juga dilengkapi dengan fasilitas screenshot. Dan yang tak kalah keren fitur ini juga menampilkan status performa dari CPU, GPU dan RAM Sehingga kita bisa memantau kinerja dari computer kita. Berikut adalah beberapa tombol shortcut yang bisa digunakan untuk mempermudah menggunakan fitur Xbox Game Bar :

1. Win + G, untuk memunculkan tampilan Xbox Game Bar
2. Win + Alt + PrtScrn, untuk mengambil gambar tampilan layar (Screenshoot)
3. Win + Alt + G, Untuk merekam layar secara langsung
4. Win + Alt + R, Untuk menghentikan aktifitas merekam layar
5. Win + Alt + M, Untuk menghidupkan dan mematikan mic
6. Win + Alt + B,  Untuk melakukan start/pause  saat melakukan aktifitas merekam layar
7. Win + Alt + W Show Camera in broadcast

Keterangan : Win adalah tombol Windows yang terletak di bawah sebelah kiri dengan tombol bergambar jendela windows

Sederhananya untuk melakukan berbagai tindakan yang terdapat pada fitur ini silahkan tekan Win + G. Nanti kita bakal melihat berbagai menu lainnya sehingga kita bebas mau melakukan apa saat tampilan fitur ini muncul.  Sekian tutorial cara merekam layar tanpa aplikasi pada Windows 10. Semoga bermanfaat.


Artikel Lainnya : Download Whatsapp Mod Terbaru 2019

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar