--> Skip to main content

16 Cara Mengatasi Laptop Lemot 100% Dijamin Ampuh



Sangat menjengkelkan jika kita sedang mengerjakan sesuatu menggunakan laptop tetapi malah kinerja laptop itu terasa lemot. Pekerjaan menjadi terasa terganggu dan saat menggunakan laptopnya pun menjadi tidak nyaman. Laptop lemot disebabkan beberapa hal yaitu :

Penyebab laptop lemot :
1. Banyaknya aplikasi yang terinstal
2. Terkena virus
3. Software tidak di Update
4. Usia laptop yang sudah tua
5. Terlalu banyak membuka aplikasi
6. Error tidak di ketahui

Untuk mengatasi alptop lemot ada dua kategori yang harus diperhatikan yaitu Hardware dan Software. Langsung saja untuk mengatasi laptop lemot adalah sebagai berikut :

Cara mengatasi laptop lemot :

1. Ganti hardisk dengan SSD
Meskipun harganya mahal SSD lebih worthit dan memiliki kemampuan jauh lebih baik daripada hardisk. Jika kamu menggunakan SSD maka proses booting laptop akan sangat cepat serta pengaruh dari SSD ini adalah bisa mempercepat proses saat membuka sebuah aplikasi. Laptop jadi terasa bertenaga dan resfonsif. Jika dirasa SSD terlalu mahal kamu bisa mengganti hardisk biasa dengan rpm standar ke hardisk yang lebih bagus dengan rpm yang tinggi. Tetapi tentu saja hal tersebut tidak sebaik menggunakan SSD.

2. Tambah RAM
Jika dilaptop kamu tersedia slot tambahan untuk ram alangkah baiknya kamu memanfaatkan slot tersebut untuk menambahkan ram baru. Perlu diingat bahwa ram harus tersupport motherboard bawaan laptop. Sebelum memasang ram silahkan cari tahu terlebih dahulu spesifikasi dari ram yang akan dipasang. Ada beberapa jenis ram yang tersebar saat ini yaitu DDR3, DDR3L, DDR4.

3. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Dipakai
Semakin banyak aplikasi yang terinstal maka akan membuat laptop semakin lambat karena beban dalam memori yang semakin bertambah. Hapuslah aplikasi yang memang sekiranya tidak digunakan dan pasang aplikasi yang memang benar-benar diperlukan saja.

Baca Juga :

4. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi bersamaan
Terlalu banyak membuka aplikasi tentu saja akan membuat laptop semakin lemot. Contohnya membuka aplikasi game sambal membuka pemutar music. Itu membuat kinerja ram semakin harus kerja keras sehingga bisa membuat laptop menjadi lambat

5. Melakukan perawatan secara rutin
Laptop yang terawat dengan baik akan senantiasa tetap bertenaga saat digunakan. Rawatlah laptop terutama pada bagian hardware secara rutin seperti membersihkan bagian dalam laptop yaitu kipas, motherboard dan penggantian thermal paste pada processor.

6. Menggunakan aplikasi peningkat kinerja (Booster)
Gunakanlah aplikasi yang memang khusus untuk meningkatkan kinerja laptop. Di mana software booster akan melakukan optimalisasi, misal menghapus history browser, menghapus cookies dan cache, menghapus recycle bin, dan lainnya yang memengaruhi kinerja laptop. Ada beberapa software untuk meningkatkan kinerja laptop  seperti CCleaner, Advance System Care, dan lainnya.

7. Menggunakan Sistem Operasi Ringan
Windows adalah OS yang banyak digunakan diberbagai laptop karena kinerjanya yang produktif. Akan tetapi meskipun begitu Windows ternyata tergolong berat. Gunakanlah OS ringan seperti Linux OS seandainya laptop kamu mempunyai spesifikasi yang pas-pasan.

8. Melakukan Full Scan Menggunakan Antivirus
Layaknya manusia laptop juga bisa terkena virus yang dapat mengganggu kinerja laptop sehingga menjadikannya lambat. Lakukanlah scanning menggunakan antivirus bawaan atau yang terinstal untuk membersihkan virus malware dan sampah-sampah di memori laptop yang dapat mengganggu kinerja laptop.

9. Mengunakan Aksesoris Pendukung
Salah satu upaya agar laptop agar optimal dalam melakukan pekerjaannya gunakanlah aksesoris pendukung saat menggunakan laptop seperti menggunakan Cooling Pad dan vacuum penyedot panas untuk laptop tertentu.

10. Jangan Sembarangan Download Aplikasi Di Internet
Kenapa saya masukkan poin ini karena begini, saat kita membutuhkan suatu aplikasi kemudian mengunduhnya di internet secara sembarangan misalnya di sembarang situs serta mencurigakan saat diinstal biasanya aplikasi tersebut membawa semacam aplikasi lain yang mengganggu. Akibatnya saat kita menghidupkan laptop terkadang suka ada muncul aplikasi yang kita sendiri tidak pernah mengunduhnya. Jadi saran saya untuk mengunduh aplikasi yang kita butuhkan sebaiknya di situs resminya.

11. Lakukanlah kebiasaan baik terhadap laptop
Maksudnya adalah saat menggunakan laptop lakukanlah secara baik seperti membersihkan body laptop kemudian lakukan kebiasaan mematikan laptop saat ditinggal tidur. Layaknya masnusia mesin juga ada batas waktu kinerjanya jadi memerlukan istirahat sejenak. Paling penting untuk dilakukan adalah jangan terlalu sering menggunakan mode sleep untuk mematikan laptop karena lama kelamaan bisa menimbulkan masalah. Jika ingin mematikan laptop pilihlah selalu shutdown.

12. Ganti Pengaturan Baterai
Menghemat baterai tentu saja baik untuk menambah durasi pakai. Tapi kinerja laptop akan tergolong standar. Jika ingin mempercepat kinerja laptop lakukan pengaturan Baterai dengan cara Control Panel > System and Security > Power Options.

Setelah itu klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan "additional plans" dan pilih opsi High Performance. Resikonya adalah akan membuat baterai cepat berkurang.

13. Atur Garfis dan Animasi
Pada windows terbaru memiliki banyak animasi dan effect untuk membuat tampilan menjadi lebih mulus dan smooth. Tapi hal itu bisa membuat laptop menjadi lemot. Untuk melakukan pengaturannya silahkan menuju ke Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings. Setelah itu masuk ke tab Performance dan kalian bisa memilih opsi mana yang ingin dinonaktifkan

14. Disable Aplikasi Pada Startup
Saat pertama menghidupkan laptop biasanya ada beberapa aplikasi yang berjalan secara tiba-tiba. Hal demikian akan membuat laptop menjadi lemot. Matikan pengaturan aplikasi saat startup dari enable menjadi disable.

15. Gunakan Laptop Sesuai Kapasitasnya
Maksunya adalah saat menggunakan laptop gunakanlah sesuai kapasitasnya jangan membuka aplikasi berat pada laptop yang memilkiki spesifikasi rendah seperti bermain game berat. Dan jangan pula terlalu banyak membuka aplikasi pada laptop yang spesifikasinya rendah

16. Instal Ulang Laptop
Salah satu cara ampuh untuk mengembalikan kinerja laptop adalah dengan menginstal ulang karena semua file system dan sampah tak berguna pada disk akan di bersihkan. Laptop yang diinstal ulang akan mempunyai kinerja yang baik layaknya baru keluaran pabrikan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar